Skip to main content

Komponen Komputer dan Bagian Bagian Komputer

Komponen komponen komputer
 
Apa yang kalian bayangkan saat mendengar sebuah kata komputer ? Menurut kalian komputer itu yang mana ? Pernah gak kalian melihat bagian dalam komputer a.k.a cpu?

Di era kehidupan modern komputer telah menjadi bagian dari kehidupan manusia, apalagi di masa pandemi covid 19 yang sudah setahun lebih melanda negara kita. Segala pekerjaan-pekerjaan kita kebanyakan membutuhkan komputer, bahkan kegiatan pembelajaranpun membutuhkan teknologi komputer.

Walaupun sudah ada smartphone yang bisa kita gunakan, namun tetap saja smartphone memiliki keterbatasan-keterbatasan yang tidak bisa dilakukan dibandingkan komputer. Coba saja kalian bedakan mengetik sebuah dokumen menggunakan smartphone dan dengan menggunakan komputer atau laptop, pasti akan berbeda.

Daftar Isi

Apa itu komputer

Komputer sendiri berasal dari kata compute yang artinya perhitungan. Maklum saja waktu itu komputer digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika. 

Kalian tahu kapan komputer pertama kali ditemukan dan siapa penemunya ?

Dilansir dari tekno kompas, Charles Babbage lah salah seorang yang sangat  berpengaruh atas kehadiran komputer ini sobat. Pada tahun 1822 Charles Babbage menciptakan sebuah alat perhitungan atau komputasi aritmatika yang menjadi dasar perkembangan teknologi komputer saat ini.

komputer tersebut diberi nama ''Diference Engine 0''. Bentuknya memang masih sederhana, efek warna RGB pun belum ditemukan saat itu.

Komputer adalah sebuah alat yang dipakai untuk mengolah data-data sesuai prosedur-prosedur yang telah ditulis sebelumnya, sehingga bisa menampilkan informasi yang kita butuhkan.

Komputer modern dipakai untuk melakukan pengolahan data sesuai prosedur yang telah ditentukan. Untuk mengolah data dan menampilkan informasi, komputer terdiri dari beberapa komponen.

Komponen komputer

Komputer sendiri terdiri atas 3 bagian utama ya sobat, yaitu : hardware, software, dan brainware. Jadi komputer itu bukan di monitornya, komputer itu tidak hanya cpu, namun komputer itu gabungan dari 3 bagian utama komputer tersebut.

  • Hardware

Hardware atau perangkat keras adalah perangkat yang kita kenal seperti : prosesor, ram, motherboard, vga, dan lain lain.

  • Software

Software atau perangkat lunak adalah sebuah sistem operasi layaknya Windows, Linux, dan Mac. Software juga bisa diartikan sebuah aplikasi perangkat lunak, seperti : Microsoft Office, Adobe, Corel, dan lain sebagainya.

  • Brainware

Brainware sendiri adalah kita sebagai pengguna, tanpa pengguna mana mungkin perangkat-perangkat tersebut bisa berjalan sendiri.

Bagian Bagian Komputer dan Gambarnya

Nah setelah kita tahu apa itu hardware, software, dan brainware, saatnya kita kenalan dengan hardware-hardware yang ada di dalam unit CPU atau Central Processing Unit kalian.

Kalian boleh buka casing pc kalian untuk kenalan dengan hardware hardware tersebut, eits tapi hati-hati ya.

Prosesor

gambar prosesor

Prosesor dapat kita analogikan sebagai otak, karena memang prosesor adalah otak sebuah komputer karena ia bertugas melakukan perhitungan dan pengolahan. 

Di dalam prosesor sendiri terdapat inti atau core yang tugasnya untuk membaca instruksi dan juga thread atau untaian atau apalah yang tugasnya sebagai penghubung. 

Merk prosesor komputer ternama yang merajai pasar pasti yang sering kita dengar adalah Intel dan juga AMD. Keduanya memiliki varian tersendiri, Intel dengan seri Core I nya, dan AMD dengan seri Ryzen nya?

Kalau kalian pengguna yang mana?

Cooler Prosesor

Gambar cooler prosesor

Kalau tadi adalah prosesor adalah otak yang tugasnya berfikir, seperti manusia yang diajak berfikir terus pasti akan 'panas' pikirannya alias pusing. Nah maka prosesor pun juga semua, prosesor akan mengeluarkan panas, bahkan jika overheat bisa buat masak telor. Maka dari itu dibutuhkan cooler atau pendingin untuk mendinginkan si prosesor tadi.

Kalian pernah lihat di dalam cpu kalian ada kipas yang menempel di motherboard, nah itu adalah si cooler tersebut.

Coolerpun juga beragam, ada yang air cooler atau pendingin dengan udara, ada juga yang pakai water cooling atau pendingin dengan cairan, ada juga varian AIO watercooling.

Kalau hanya sebatas penggunaan ngetik, browsing, sama nonton video, game ringan, pakai cooler bawaan atau stock cooler sudah cukup. Namun kalau untuk gaming kelas AAA, edit video, rendering 3D, lebih baik pakai cooler yang top.

Ram

gambar ram komputer

Ram atau Random Acces Memory, atau juga memori penyimpanan sementara. Apa yang disimpan? Ya apa aja, ketika kalian mengetik di Microsoft Word, ketika kalian browsing menggunakan Chrome, maka data tersebut akan tersimpan di ram, sebelum akhirnya kalian memutuskan untuk save atau menyimpannya ke dalam storage atau penyimpanan kalian.

Namun ram tidak bisa menyimpan data dalam jangka waktu panjang, karena kalau komputer dimatikan, maka aliran listrik akan terputus dan otomatis data di memori juga hilang, namanya aja sementara.

Nah si ram ini juga merupakan penguhubung atau jempatan antara storage atau penyimpanan dengan prosesor, karena hanya kecepatan ram lah yang bisa hampir mengimbangi prosesor, bahkan SSD tecepat pun setahu admin belum bisa melampaui ram.

Jenis jenis ram yang masih dipakai sampai sekarang ada ram DIMM untuk komputer desktop ataupun ram SODIMM untuk laptop dengan masing-masing tipe DDR2 dengan maksimal memori 2GB perkeping dengan kecepatan maksimal di 800 Mhz, DDR3 dengan maksimal 8GB perkeping dengan kecepatan 1333 Mhz, dan DDR4 dengan maksimal 32GB perkeping dengan kecepatan ada yang sampai 4000 Mhz. 

Artikel Terkait :

  1. Upgrade Ram atau SSD ? Biar Gak Salah Pilih

VGA Card

Gambar VGA card

Nah ini adalah perangkat kalian agar bisa main game. VGA card atau Visual Graphic Adapter atau kartu grafis atau GPU digunakan untuk menampilkan gambar ke layar monitor, tanpanya di monitor gak akan muncul tampilan gambar.

VGA card ada yang tipe onboard alias sudah ada di motherboard untuk komputer lawas, ada yang IGPU atau Integrated GPU yang sudah nempel di prosesor, dan ada juga VGA add on, seperti vga seri GTX, RTX, dan RX dan lain sebagainya.

Storage

Seperti namanya storage atau media penyimpanan ya digunakan untuk menyimpan data baik sistem operasi atau OS dan juga data data pribadi kalian. Saat ini ada 3 jenis penyimpanan yang bisa dipakai, yaitu :

  • HDD
Gambar Harddisk

Hardisk atau hdd adalah media penyimpanan yang menggunakan piringan seperti kaset dvd  untuk menyimpan data, dan menggunakan jarum untuk menulis dan mencari data. Harddisk memiliki ukuran beragam mulai 120GB sampai 3TB dengan kecepatan tertinggi harddisk yaitu 7200 rpm.

Artikel terkait

1. Ketipu ? Alasan Mengapa Kapasitas Harddisk Tidak Sesuai dengan yang Tertulis

  • SSD
    Gambar SSD Sata

Perkenalkan storage masa kini yang lagi booming dipakai, yaitu SSD atau Solid State Drive. SSD tidak lagi menggunakan piringan, melainkan menggunakan chip atau sel untuk menyimpan data sehingga memiliki bentuk lebih kecil namun performanya lebih kenceng dari hardisk. SSD sendiri sekarang bermacam-macam, ada yang bertipe sata, M.2, dan NVME. SSD memiliki kapasitas mulai dari 128GB sampai 2TB dengan kecepatan Write/read ada yang sampai 5000 Mbps.

Artikel Terkait :

  1. SSD Tidak Boleh Di Defrag, Benarkah ?

Flashdisk

Gambar flashdisk

Kalau flashdisk adalah media penyimpanan yang sama seperti ssd menggunakan chip, namun bisa di lepas pasang dan dibawa kemana-mana. Flashdisk memiliki kapasitas mulai dari 4GB sampai 256GB. Flashdisk sekarang juga banyak dipakai untuk instal OS, mengingat Flashdisk lebih cepat dari DVD.

Motherboard

Gambar motherboard

Semua komponen komponen tadi gak bisa saling komunikasi kalau gak ada tempatnya, sama kaya kita yang gak bisa komunikasi kalau tidak ada tempatnya. Motherboard atau mainboard adalah tempat semua komponen tadi menempel sehingga bisa saling komunikasi.

Motherboard sendiri terdiri atas berbagai form factor, yaitu ATX, Micro ATX dan Mini ATX. Dimana ukuran motherboard terbesar adalah ATX. Komputer desktop pribadi kebanyakan memakai form factor ATX dan Micro ATX, sedangkan Mini ATX biasanya dipakai untuk mini desktop.

Ada banyak vendor motherboard, mulai dari yang motherboard seri low end, mid end sampai dengan seri high end.

Artikel terkait :

Power suply

gambar power suply

Power suply atau catudaya atau psu ini kita analogikan sebagai jantug yang memompa dan mengalirkan darah aliran listrik ke semua komponen tadi, tanpa psu yang bagus, komputer bisa meledup, duarr.

Powersuply pun ada banyak jenisnya, ada yang non modular atau kabel-kabelnya gak bisa di lepas pasang, semi modular atau bisa dilepas pasang kecuali kabel 24 pin, dan juga full modular yang semua kabelnya bisa dilepas pasang, jadi kabel yang tidak diperlukan bisa dicopot agar tampilan dalam CPU lebih rapi.

Powersuply yang baguspun harus ada sertifikasi efisiensi daya 80 Plus, mulai dari 80 Plus white sampai 80 Plus Titanium. Baca : Sertifikasi 80 Plus, Seberapa Pentingkah ?

Hardware pendukung

Monitor

Gambar monitor

Jangan bilang tv ya, tapi memang si bisa dibuat nonton tv. Monitor digunakan sebagai layar untuk menampilkan gambar dan informasi yang telah di poroses dari cpu, dikarenakan proses yang dikirim dari cpu adalah sinyal elektronik.

Monitor komputer memiliki berbagai ukuran seperti layaknya televisi, dan juga memiliki berbagai tipe seperti: LCD, LED, IPS, dan lain-lain. Monitor pun memiliki refresh rate atau kemampuan mengolah gambar yang beragam mulai 60Hz atau 60Fps sampai dengan 240Hz atau 240Fps.

Kabel yang menghubungkan CPU ke monitor pun beragam, mulai dari tipe kabel VGA yang mengirimkan sinyal analog, DVI yang bisa mengirim sinyal analog dan digital, dan HDMI yang bisa mengirim sinyal digital lebih baik.

Mouse

Mouse atau tetikus yang biasa ada di atas meja ini digunakan untuk menggerakkan cursor yang ada di tampilan layar monitor. Mouse ada yang tipe standart dan juga tipe gaming. Ada yang menggunakan interface usb dan ada juga yang wirelles atau nirkabel atau tanpa kabel.

Keyboard

Keyboard atau papan tombol, ini alat yang kalian gunakan untuk mengetik atah menginput data ke komputer. Data yang diinput bisa angka, huruf, ataupun simbol. Ukuran keyboard bermacam-macam, mulai full size dan juga mini size. Sama seperti Mouse, keyboard ada yang memakai interface Ps2, usb, dan juga nirkabel atau wirelles.

Casing

Gambar casing pc

Mengapa casing saya masukkan ke pendukung, karena komputer pun bisa nyala tanpa ada casing. Lhoh gimana nyalainnya? Ya pakai obeng. Tapi emang seperti itu kawan, casing ini digunakan untuk meletakkan komponen utama tadi biar aman, mengurangi debu yang masuk, dan mencegah tikus, cicak, atau kecoa masuk.

Seperti motherboard, casing juga memiliki ukuran tersendiri, ada yang full tower untuk ukuran ATX, mid tower untuk ukuran Micro ATX dan low tower untuk ukuran Mini ITX.

Fan Casing

Gambar fan casing

Penambahan fan casing ini optional sobat, namun lebih baik ditambah fan casing agar suhu dalam casing bisa terjaga dengan baik. Fan casing pun memiliki kecepatan beragam mulai 1000 rpm hingga 4000 rpm. 

Penempatan fan casing pun harus diperhatikan antara udara masuk (inhaust) dan udara keluar (exhaust). Penempatan yang salah malah dapat menyebabkan suhu dalam casing semakin tinggi.

Wi fi adapter

Ini optionalnya kawan, untuk menjelajahi internet kalian bisa pakai kabel lan dan tancapkan di port yang ada di motherboard atau juga pakai tethering usb. Wifi adapter ada yang pakai interface usb, dan ada juga yang pakai interface PCIE.

Pengelompokan Komponen Komputer

Semua komponen yang admin sebutkan diatas tadi dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok sobat, yaitu ada komponen input, proces, dan output.

  • Komponen input

Komponen ini digunakan untuk memasukkan atau menginput data, yang termasuk komponen ini adalah :

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Mikrofon eksternal
  4. Scanner
  • Komponen proces

Komponen ini proces bertugas untuk memproses data, yang termasuk komponen ini adalah:

  1. Prosesor
  2. Kartu grafis atau vga
  3. Ram
  4. Motherboard
  5. Storage atau penyimpanan
  • Komponen output

Komponen output digunakan untuk menampilkan data, dan informasi. Apa saja komponen output ?

  1. Monitor
  2. Printer
  3. Speaker
  4. Headset

Kesimpulan

Nah dengan semua alat-alat atau komponen komponen diatas itulah komputer yang kita gunakan sekarang ini bisa kita gunakan, mulai dari memasukkan data, memproses data, dan menampilkan data. 

Setelah ini kalau kalian ditanya komputer itu yang mana, ya komputer itu adalah semua bagian bagian tersebut, bukan hanya di cpu, bukan hanya di monitor. Komputer bisa digunakan untuk keperluan informasi kita dengan adanya komponen hardware, software, dan brainware.

Semoga bermanfaat

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar