Skip to main content

SSD Tidak Boleh Di Defrag, Benarkah ?

Dulu saat SSD itu masih mahal, kebanyakan para pengguna hardisk dan mungkin kita diantaranya udah tahu bahwa salah satu cara mengoptimalkan kinerja hardisk biar gak lelet adalah denga cara defrag hardisk secara berkala.

Namun kini saat ssd sudah mulai terjangkau harganya dan mulai dikenal dengan price to perfomance nya yang baik, mungkin timbul pertanyaan dari kebiasaan kita memakai hardisk "Apakah ssd boleh di defrag?", "Aman gak mendefrag ssd?", "Apakah ssd juga harus di defrag"

Daftar Isi :

 Bolehkah ssd di defrag ?

Jika kalian bertanya apakah ssd boleh di defrag, mungkin banyak yang bilang kalau SSD tidak boleh di defrag karena bisa memperpendek usia SSD.

Menurut admin, pendapat tersebut ada benarnya namun kurang tepat pertanyaannya. Disini bukan boleh dan tidak bolehnya, namun bisa atau tidak ssd di defrag.

Yaelah boleh ama bisa apa bedanya? Menurut KBBI 'boleh' mempunyai arti : diizinkan atau tidak dilarang. Sedangkan 'bisa' mempunyai arti : mampu atau dapat.

Mengapa ? Karena tidak ada opsi atau perintah untuk mendefrag SSD di menu defragmentasi. Jadi kita tidak bisa defrag ssd. Ysng ada hanya opsi optimalize. Dan optimalisasi ini bukan untuk defragmentasi ssd.

Cara mengoptimalkan storage atau penyimpanan ini untuk hardisk disebut defragmentasi dan untuk ssd disebut trim ssd. Sebelum membahas lebih lanjut, kita cari tahu dulu apa itu defrag.

Apa itu defrag ?

Defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani fragmentasi pada berkas berkas yang saling berjauhan yang menyebabkan berkas sulit atau lama dicari. 

Defrag ini berhubungan dengan cara kerja hardisk. 

Bila kesulitan kalian bisa lihat gambar ilustrasi dibawah.

Defrag hdd

Saat kita menyimpan data di hardisk, maka data tersebut akan disimpan di blok-blok yang berdekatan (kiri).

Waktu berlalu dan kini hardisk kalian telah menyimpan banyak data sehingga data tadinya yang berurutan kini menjadi terpecah belah tidak berurutan atau disebut fragmentasi (kanan) karena hardisk menyimpan terus file baru secara berdekatan.

Karena masih menggunakan jarum untuk mencari data, jika datanya tercecer kemana mana kan susah dan lama nyarinya.

Defrag hdd

Nah defragmentasi tadi akan memindahkan, menata dan merapikan ulang data-data tadi secara berurutan dan berdekatan lagi sehingga mencari dan penyimpanan jadi bisa lebih luas.

Trim SSD

Apa itu ssd trim ? 

Berbeda dengan hardisk yang masih menggunakan jarum, ssd sudah menggunakan sistem elektronik. Cara menyimpan data berbeda dengan hardisk dimana SSD menggunakan flash memory chip.

Penyimpanan ssd akan membagi data kesemua sel untuk mencegah sel yang depan mati karena sering keisi data daripada yang lain. Ini yang disebut Wear levelling.

Cara kerja SSD dalam menyimpan data ada 2 proses, yaitu : pengkosongan dan penulisan (write). 

Sebelum menulis atau write data di tiap selnya, maka ssd akan mengosongkan tiap selnya agar siap ditimpa data yang lain. 

Jadi sel tidak akan dikosongkan jika sedang tidak akan digunakan untuk menulis data.

Nah disinilah letak fungsi trim ssd, dimana kita memerintahkan SSD untuk hapus aja sekarang ! gak usah nunggu nanti. Hal ini menyebabkan proses penulisan data hanyak tinggal proses menulis saja, gak perlu mengkosongkan lagi.

Perlukah Trim SSD ?

Jika kita lihat maka trim membantu mempercepat proses write atau menulis data. Namun perlukah kita mengetrim SSD? Menurut mimin, kalian gak perlu lagi melakukan trim pada ssd kalian. Sebab windows secara berkala, otomatis akan melakukan trim pada SSD.

Bahkan fitur trim otomatis ini juga sudah ada di windows 7 sekalipun, kalian udah bisa defrag SSD di Windows 7. Windows akan melakukan trim secara terjadwal, baik itu seminggu sekali / sebulan sekali / setahun sekali.

Apa yang terjadi jika ssd di defrag ?

sSetelah baca semua paragraf diatas, maka ssd tidak perlu di defrag, lebih tepatnya tidak bisa di defrag lewat pengaturan Windows. Namun apa yang terjadi jika kalian nekat mencari software yang mungkin bisa digunakan untuk mendefrag SSD.

Menurut admin tindakan mendefrag SSD bukanlah tindakan positif yang memiliki efek baik terhadap SSD. Sebab tindakan defrag akan memindahkan data yang tercecer untuk ditata lagi, itu artinya data akan di hapus dan di write atau tulis ulang sehingga memperpendek usia TBW SSD.

Ingat ya, SSD itu udah menggunakan sistem elektronik, data akan lebih cepat dicari tanpa defrag SSD. SSD ibaratin aja sudah memasang GPS di tiap file atau data jadi gak usah pusing dimana nyarinya.

Kesimpulan

Pernyataan SSD tidak boleh di defrag itu benar, sebab mendefrag SSD berarti menulis ulang data di SSD yang mengakibatkan berkurangnya usia TBW SSD. SSD punya fitur sendiri untuk mengoptimalkan sistemnya, yaitu trim. Trim SSD ini sudah otomatis dan terjadwal untuk melakukan trim di windows 7 sekalipun.

Jika kalian punya pendapat lain, monggo didiskusikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar