Cara Instal Laptop Asus X441N dengan Flashdisk

Cara Instal Laptop Asus X441N dengan Flashdisk

Cara instal laptop Asus x441n dengan flashdisk. Jika sebelumnya kita sudah pernah belajar tentang cara instal ulang windows 10 dengan DVD. Kali ini kita akan belajar cara menginstal laptop asus atau cara menginstal ulang windows di laptop.

Kali ini kita memakai contoh laptop yang bisa dibilang masih keluaran baru untuk tahun 2021 ini. Yups seperti judul diatas kita akan meng instal ulang Windows di laptop Asus X441N dengan menggunakan flashdisk.

Laptop Asus X441N

Laptop Asus X441N
Laptop Asus X441N

Laptop Asus X441N adalah salah satu laptop keluaran terbaru tahun 2018 dari brand Asus yang merupakan salah satu brand produk teknologi baik smartphone, komputer, maupun laptop.

Harga yang ditawarkan juga lumayan terjangkau, temen-temen bisa membelinya dengan harga 4 juta-an.

Spesifikasi Laptop Asus X441N

Laptop ini dibekali dengan prosesor intel Celeron N3350 dengan kecepatan prosesor 2.4Ghz. Mengingat harganya yang hanya 4 jutaan untuk kelas laptop entry level memang sudah wajar.

Selain itu, laptop ini juga ada yang memiliki memori ram 2GB dan 4GB DDR3L. Serta dengan penyimpanan Hardisk atau HDD 500GB. 

Untuj grafis masih menggunakan Intel HD Graphics dan dengan kuran layar 14 inci 1366×768 piksel

Untuk masalah konektivitas laptop ini terdapat 1 port USB type C, 1 port USB 3.0, dan 1 port USB 2.0. Selain itu juga sudah dibekali perangkat bluetooth dan juga wifi 802. 

Untuk konektivitas lainnya terdapat 1 port HDMI, 1 port VGA atau D Sub, dan 1 port LAN.

Cara buat bootable flasdisk

Kembali lagi ke topik tentang bagaimana cara install ulang Windows 10 dengan flashdisk di laptop. Seperti kebanyakan cara sebelumnya kita siapkan dulu bootable flashdisk agar kita bisa melakukan instal ulang windows 10 di laptop.

Untuk membuat bootable windows kalian bisa menggunakan software Rufus dan juga menggunakan Media Creation Tools. Cara membuatnya bisa kalian lihat di sini

Setelah itu pasang flashdisk di port USB laptop, lebih baik colok ke port USB 3.0 agar bisa sedikit lebih cepat proses installnya.

Cara setting bios laptop asus x441n

Penyetingan BIOS disini dimaksudkan agar saat laptop boot pertama kali lewat flashdisk yang dijadikan bootable tadi.

 

Cara setting bios laptop asus x441n
Cara Instal Laptop Asus X441N dengan Flashdisk

Caranya yang pertama jika laptop dalam keadaan menyala kemudian dahulu restart laptop. Setelah itu kalian tekan tombol Esc untuk masuk ke BIOS di laptop Asus. Kemudian tekan lagi F10 untuk masuk ke pengaturan BIOS.

Cara setting bios laptop asus x441n
Pilih Advanced Mode

Saat sudah masuk ke pengaturan BIOS pilih advanced bios atau dengan menekan tombol F7. Setelah itu klik tab Boot.

Cara setting bios laptop asus x441n
Ubah boot options #1

 

Selanjutnya atur priority boot atau boot option #1 menjadi UEFI: Falshdisk Kalian setelah itu klik tab exit dan klik save & exit atau bisa langsung tekan F10. Setelah itu laptop akan terestart lagi.

Cara setting bios laptop asus x441n
Save & exit

 

Instal Ulang Laptop Asus

Setelah laptop kalian terestart maka akan langsung masuk ke proses install ulang Windows. Pilih install dengan bahasa Inggris atau Indonesia terserah temen-temen.

Setelah itu kalian klik Install now untuk meng instal ulang windows. Ringkasnya cara menginstal ulang Windows 10 setelah itu pilih I don’t have activation key. Setelah itu pilih Windows 10 pro dan ceklist I accept the licence term lalu klik next.

Pilih Custom: Install Windows only (advanced) kemudian buat partisi dengan mengklik new setelah itu apply. Langkah selanjutnya tekan next dan tunggu sampai instal ulang selesai.

Laptop akan merestart lalu cabut flashdisk kalian.

Selanjutnya pilih Use Express Settings dan atur region, pilih region atau negara pilih Indonesia dan klik yes. Format layout keyboard pilih US kemudian isi nama temen-temen sebagai pengguna.

Atur Pasword jika mau diberi, jika tidak langsung next. Langkah terakhir klik accept dan yes.

Proses instal ulang windows selesai.

Nah demikian artikel tutorial cara instal laptop asus x441n dengan flashdisk, semoga ini dapat membantu teman-teman yang lagi mau instal ulang di Laptop Asus. Untuk laptop lain tinggal sesuaikan tombol masuk BIOS nya aja. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Cara Instal Ulang Windows 10 Tanpa CD dan Flashdisk

Cara Instal Windows di SSD Baru dan Kloning Windows

Cara Instal Laptop Asus X441N dengan Flashdisk

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Cara instal windows 10 di pc dengan flashdisk

Leave a Reply