Cara Instal Ulang Windows 10 Tanpa CD dan Flashdisk

Cara Instal Ulang Windows 10 Tanpa CD dan FlashdiskCara instal ulang windows 10 tanpa cd dan flashdisk

Cara instal ulang windows 10 tanpa cd dan flashdisk. Install ulang windows biasanya menjadi pilihan terakhir kita sebagai pengguna komputer jika sistem windows kita mengalami masalah. Biasanya jika kita akan melakukan install ulang kita butuh flashdisk ataupun DVD windows dong ya.

Namun akan jadi masalah jika kita mau install ulang windows tapi tidak punya flashdisk dan gak ada DVD windows. Mungkin temen-temen pernah beralasan gak punya DVD installer, atau CD Romnya rusak, mungkin juga USB port rusak, atau mungkin alesan paling jadul yaitu males bikin bootable flashdisk.

Nah di pembahasan kali ini kita akan belajar bagaimana cara install ulang tanpa flashdisk dan DVD sama sekali. Sebelumnya disclaimer dulu pembahasan ini mungkin hanya berguna di Windows 10.

Cara install ulang windows 10

Nah disini admin mau bagi 3 cara gimana kalian bisa install ulang windows tanpa menggunakan CD ataupun flashdisk. Ada 3 cara yang bisa digunakan, yaitu : install ulang melalui dekstop, install ulang melalui boot menu, dan install ulang menggunakanbantuan software pihak ketiga.

Install ulang melalui dekstop

Cara pertama yang akan kita gunakan kali ini melalui layar dekstop windows 10. Caranya pertama buka dulu start menu atau logo windows di pojok kiri bawah atau bisa juga tekan logo windows di keyboard. Setelah itu kalian klik settings.

Install ulang melalui dekstop
Klik setting

 

Di tab-tab sebelah kiri itu kalian pilih dan klik Update & Security, selanjutnya pilih Recovery dan setelah itu klik Get Started.

Install ulang melalui dekstop
Pilih get started

 

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

 

Perhatikan disana akan ada 2 pilihan yaitu Keep my files dan Remove everything. Jika kalian ingin file-file kalian tidak hilang saat instal ulang pilih Keep my files. Namuni jika ingin melakukan install ulang secara bersih klik Remove everything.

Setelah kalian sudah menentukan mau pilih opsi yang mana maka klik dan tunggu sampai proses install ulang selesai.

Install ulang melalui boot menu

Cara yang kedua ini kita akan menggunakan boot menu. Untuk masuk ke boot menu ada 2 cara, silahkan mau pilih yang mana.

Cara pertama restart windows kemudian langsung tekan tombol Shift di keyboard saat windows masih proses restart atau masih loading restart.

Cara kedua lewat CMD, caranya tekan tombol windows + r (tanpa tanda +) secara bersamaan. Setelah jendela CMD terbuka tinggal ketikan perintah shutdown.exe /r /o kemudian tekan enter. Setelah itu windows akan terestart dan masuk ke boot menu windows 10

Setelah kalian lakukan salah satu dari 2 cara diatas maka akan muncul tampilan boot menu pilih windows setelah itu pilih Troubleshoot. Perhatikan disana akan ada 3 opsi yaitu : Refresh your PC, Reset your PC dan Uninstall Preview Updates.

Install ulang melalui boot menu
Pilih diantara Refresh your PC dan Reset your PC

 

Pilih diantara Refresh your PC dan Reset your PC. Opsi Refresh your PC akan menginstall ulang windows kalian tanpa kalian kehilangan file-file kalian. Namun untuk melakukan install ulang bersih maka pilih Reset your PC.

Lebih jelasnya fitur Refresh your PC tidak akan menghapus file-file pribadi kalian, pengaturan personal, dan juga software modern yang diunduh dari web store microsoft. Yang akan di rubah menjadi default kembali adalah sistem windows dan semua program di dekstop juga akan dihapus.

Sedangkan opsi Reset your PC akan menghapus semua, baik file-file pribadi kalian, pengaturan personal, software modern, dan semua program di dekstop.

Tentukan mana opsi yang kalian inginkan, setelah itu klik dan tunggu sampai proses install ulang berjalan sampai selesai.

Kelebihan install ulang windows tanpa cd dan flashdisk

Cara install ulang tanpa CD dan flasdisk ini punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihanya tentu kalian gak perlu pakai CD dan flashdisk, kalian bisa melakukan install ulang lebih cepat.

Gak perlu khawatir bila saat melakukan cara-cara diatas dan setelah itu komputer menjadi error, secara otomatis windows akan masuk ke boot options lagi jika terjadi masalah atau fitur automatic restart after failure

Kekurangan install ulang windows tanpa cd dan flashdisk

Jika komputer kalian sebelumnya terindikasi terdapat virus dan malware mungkin cara ini kurang begitu efektif karena mungkin masih ada sisa-sisa malware yang menyusup.

Install ulang menggunakan WinToHDD

Cara ketiga yang bisa kalian gunakan adlah menggunakian aplikasi pihak ketiga misal WinToHDD. Satu hal yang perlu kalian siapkan jika ingin menggunakan aplikasi ini adalah kalian punya fle windows 10 iso.

Cara kerja aplikasi ini adalah meng install windows atau juga install ulang dari file iso windows 10 langsung ke hardisk kalian tanpa CD maupun flashdisk.

Pertama unduh dahulu software WinToHDD dari https://www.easyuefi.com/wintohdd/index.html gratis, setelah itu install dan buka software tersebut.

 

Install ulang menggunakan WinToHDD
Pilih reinstall windows

 

Setelah itu klik reinstall windows kemudian pilih iso file windows 10 yang sudah kalian punya. setelah itu tinggal klik next dan ikuti instruksi selanjutnya.

Install ulang menggunakan WinToHDD
Pilih file iso windows 10

 

Nah itu langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk cara instal ulang windows 10 tanpa cd dan flashdisk yang bisa temen-temen coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang mau install ulang tanpa cd dan flasdisk. Selamat mencoba.

Baca juga :

Cara Instal Ulang Windows 10 Tanpa CD dan Flashdisk

Cara Instal Windows di SSD Baru dan Kloning Windows

Cara Instal Laptop Asus X441N dengan Flashdisk

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Cara instal windows 10 di pc dengan flashdisk

Leave a Reply