Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

instal ulang windows 10 dengan dvdInstal ulang windows 10 dengan dvd

Instal ulang windows 10 dengan dvd. Instal ulang windows biasanya akan menjadi solusi terakhir seseorang yang komputer atau laptopnya terinfeksi virus atau malware. Terkadang permasalahan pada sistem lainnya pun bisa terselesaikan dengan jalan instal ulang windows.

Cara install ulang windows 10 sebenarnya mudah, namun masih juga ada temen-temen kita yang mungkin masih belum tahu cara instal ulang windows. Semoga dengan adanya artikel ini kalian yang belum bisa melakukan instal ulang, dapat melakukan instal ulang sendiri di rumah. Lumayan kan lebih irit instal ulang windows sendiri daripada kalian instal ulang windows di teknisi.

Sebelum temen-temen melakukan instal ulang windows sendiri ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Kali ini kita akan menggunakan DVD installer atau juga windows 10 dvd untuk menginstal windows

Persiapan 

Ada beberapa hal uang harus kalian lakukan dulu agar proses install ulang windows 10 dapat berjalan lancar.

Backup data

Sebelum kalian melakukannya instal ulang pastikan kalian sudah membackup data-data penting kalian. Tentunya kalian gak mau kan data-data kalian hilang begitu aja.

Lakukan backup file-file kalian di kandar atau drive C. 

Semisal file dokumen kalian atau video atau foto atau file unduhan yang ada di drive C kalian pindahkan terlebih dahulu ke drive lain seperti drive D, ataupun juga drive E.

Ingat ya, yang kalian pindah hanya file-file kalian di drive C, sedangkan untuk file instalasi windows yang lama biarkan aja. Toh kita mau instal ulang.

jika temen-temen punya hardisk eksternal, bisa melakukan back up dengan cara memindahkan file kalian ke hardisk eksternal. Jika gak punya pindahkan saja ke drive lain yang ada.

Setelah temen-temen selesai memindahkan file-file kalian dari drive C, selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan media untuk instal ulang windows

Menyiapkan media install ulang windows 10

Seperti judul diatas kali ini kita akan melakukan instal ulang dengan DVD. Walaupun banyak yang sudah menggunakan flashdisk untuk instal ulang namun disini kita tetap menggunakan DVD karena lebih stabil kecepatannya.

Jika dulu kalian pernah punya atau beli DVD installer atau juga windows 10 dvd bisa dipakai lagi untuk melakukan instal ulang.

Membuat bootable windows 10

Temen-temen juga bisa membuat sendiri bootable windows dengan DVD dan juga memanfaatkan tools yang diberikan situs resmi Microsoft yang bernama Media Creation Tools. Cara membuat cukup mudah :

Pertama siapkan DVD kosong dengan besar  penyimpanan 8gb. Kalian bisa gunakan DVD R maupun DVD RW. Namun pakai DVD-R saja katena hanya untuk install windows ataujuga install ulang windows saja.

Kedua silahkan kalian kunjungi situs resmi Microsoft : https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10ISO untuk membuat bootable windows dengan DVD. 

Cara install ulang windows 10

Setelah DVD installer sudah disiapkan langkah selanjutnya untuk melakukan install ulang windows 10 adalah memasukkan DVD tersebut ke DVD Rom yang ada di komputer atau laptop. Setelah itu restart komputer bila komputer dalam kondisi menyala.

Selagi komputer melakukan restart cepat-cepat kalian masuk ke BIOS, caranya ada yang tekan Esc, F2, F10, F11, F12 tergantung komputer kalian.

 

Setelah kalian memasuki BIOS langkah selanjutnya ada masuk tab Boot. Disana atur priority boot atau first boot menjadi DVD Rom atau CD Rom. Kemudian menuju tab exit dan klik save & exit.

Komputer atau lapto akan restart lagi dan selanjutnya install ulang windows 10 akan berjalan.

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd
Mengatur first boot
Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

klik install now

 

Siap untuk meng install ulang windows 10 pilih bahasa penginstalan untuk bahasa inggris atau Indonesia terserah kalian. Setelah itu klik install now

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Klik I accept the license term

 

Di halaman selanjutnya pilih dulu I don’t have activation key lalu klik next. Setelah itu akan muncul halaman berikutnya dan Klik I accept the licence term kemudian klik next.

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

klik custom

 

Selanjutnya adalah kalian pilih Custom: Install Windows only (advanced). Setelah itu yang harus dilakukan adalah melakukan partisi hardisk kalian jika masih menggunakan satu buah hardisk.

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Buat partisi penyimpanan

 

Untuk mem partisi hardisk klik new, lalu atur sizenya minimal 50.000mb setelah itu klik apply dan klik ok. Setelah itu klik next.

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Instalasi berjalan

 

Proses install ulang windows 10 akan berjalan, tunggu sampai proses install ulang windows 10 selesai dan komputer akan merestart ulang. Di tahap ini jika DVD rom kalian membuka tidak berarti kalian bisa ambil DVD nya. Jika tidak maka dibiarkan tetap di DVD rom tidak apa.

Setelah restart selesai maka yang harus dilakukan selanjutnya untuk menyelesaikan proses install ulang windows 10 adalah menyiapkan settingan windows.

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Pilih region

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Pilih layout keyboard

 

Jika telah muncul tab region maka pilih region Indonesia lalu klik yes. Akan muncul lagi opsi Layout Keyboard kemudian pilih US.

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Isi nama pengguna

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Isi pasword bila perlu

 

Di bagian selanjutnya masukan nama kalian sebagai pengguna lalu klik yes. Selanjutnya akan muncul opsi untuk memasang password pada OS kalian, jika kalian hendak memberi password maka bisa diisi jika tidak maka kosongi saja. Setelah itu klik next.

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Klik accept

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Klik yes 

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Klik accept dan selesai

 

Dibagian selanjutnya kalian hanya tinggal mengklik tombol accept dan yes saja dan setelah itu proses install ulang windows 10 selesai.

Langkah selanjutnya adalah tinggal kalian menginstal kembali driver-driver seperti semula, baik driver VGA, audio, maupun wifi. Jika tidak punya installernya bisa cari website vendor VGA, atau juga Motherboard kalian.

Demikian materi tentang instal ulang windows 10 dengan dvd dari awal sampai akhir. Selanjutnya bisa kalian masukan lagi kode lisensi Windows yang sudah di beli. Untuk keamanan kalian bisa masuk ke settingan update & security untuk mengupdate sistem kalian.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat membantu temen-temen dalam menginstal ulang Windows 10 kalian.

 

Baca juga :

Cara Instal Ulang Windows 10 Tanpa CD dan Flashdisk

Cara Instal Windows di SSD Baru dan Kloning Windows

Cara Instal Laptop Asus X441N dengan Flashdisk

Panduan instal ulang windows 10 dengan dvd

Cara instal windows 10 di pc dengan flashdisk

Leave a Reply