Rekomendasi dan Spesifikasi PC Gaming Terbaik 2021

spesifikasi pc gaming

Apakah temen-temen seorang gamer sejati ? Seorang gamer sejati tentu harus punya alat tempur gaming yang ok punya.

Di tahun 2021 ini game PC masih sangat populer, katakanlah game-game seperti :Valorant, Gensin Impact, PUBG, Cyberpunk 2077, CS:GO, GTA V, Assasin’s Creed Valhala, Dota 2, masih banyak peminatnya atau mungkin temen-temen juga ?

Mungkin di pertengahan tahun 2021 ini saat bitcoin udah tumbang dan harga VGA berangsur-angsur normal, temen-temen ada yang mau rakit PC atau upgrade pc untuk gaming. 

Kalau iya maka temen-temen harus baca artikel kali ini kalau kalian mau nyaman bermain game-game favorit kalian dan bisa di buat live streaming di FB atau Youtube, siapa tahu ada nyawer, mayan kan dapat cuan dari ngegame

Baca Juga : Rekomendasi PC untuk Live Streaming Gaming di YouTube atau Facebook

Spesifikasi Minimal Game dan Spesifikasi Rekomendasi Game

Sebelum kalian main game komputer kalian harus tahu dulu spesifikasi minimal setiap Game yang akan kalian mainkan.

Setiap Game PC baik yang modern ataupun game lawas pasti memiliki spesifikasi minimal atau minimum system requirement yang harus di patuhi, sebab jika tidak sesuai sistem spesifikasi minimalnya ya gamenya gak akan bisa dijalankan di PC kalian.

Lalu bagaimana caranya ngecek spesifikasi minimum game ?

Gampang kok…

Kalian bisa menemui spesfikasi minimal game pada box atau kotak game jika kalian beli dalam bentuk DVD, atau di situs web resmi game kalian.

Spesifikasi Minimal Game Valorant
Spesifikasi Minimal Game Valorant

Atau kalian bisa ngecek di situs-situs seperti :

Tinggal masukin aja nama game kalian di kolom search.

Spesifikasi minimum dan recomended

Nah gambar diatas adalah gambar screenshoot dari situs System Requirements Lab. Diatas akan adsa 2 opsi yaitu spesifikasi minimum atau minimum system requirement dan recomended system requirement.

Untuk dapat memainkan game tersebut minimal kalian harus menggunakan prosesor Core i3 generasi ketiga dengan combo ram 4GB. Dengan spesifikasi tersebut kalian udah bisa main game tersebut dengan tampilan yang apa adanya, resolusinya masih rendah, dan hampir rata kiri.

Sementara untuk kalian bisa memainkan game tersebut dengan semua fitur tampilan dinyalakan, dengan resolusi tinggi atau settingan high rata kanan maka kalian harus memiliki PC dengan spesifikasi yang tertera di recomended system requirement yaitu menggunakan Core i5 generasi ke-4 dengan ram 4GB dan VGA Card GTX 1050 Ti.

Nah secara tidak langsung minimum system requirement dan recomended system requirement bisa dijadikan acuan untuk kalian membangun PC gaming untuk memainkan sebuah game kesayangan kalian.

Jadi kalian bisa merakit PC sesuai kebutuhan game kalian.

Spesifikasi PC Gaming

Komponen Spesifikasi Minimal Spesifikasi Recomended
CPU 4 core 6 core keatas
Ram 8 GB 16 GB keatas
VGA iGPU atau VGA low-end VGA mid-end to high-end
Penyimpanan 500 GB – 1 TB Hardisk Hardisk 1 TB atau SSD

 Dalam membangun sebuah PC gaming, bagian-bagian yang utama adalah :

CPU

Prosesor yang kalian gunakan untuk minimum PC gaming sekarang adalah prosesor 4 core 4 thread, kalau bisa dan ada uang pakai yang 6 core 12 thread keatas.

Kalau masih dual core gimana ? saya punyanya Core 2 duo dan pentium gold.

Iya jawabannya masih bisa aja, yang penting masih sesuai budget PC kalian, tapi akan lebih baik kalau kalian punya yang 4 core agar performanya bisa lebih baik dan nyaman dipakai.

Selain core banyak kecepatan prosesor juga harus tinggi agar bisa menambah fps pada beberapa game.

Ram

Untuk standart PC gaming sekarang, minimal ramnya adalah 8 GB kalau bisa dual channel (2x4GB) agar performanya bisa lebih mantap. Untuk recomendednya bisa pakai ram 16GB keatas, sama kalau bisa dual channel (2x8GB).

Kalau budgetnya minim gimana ?

Pakai 4GB ram dual channel (2x2GB) juga masih bisa sebenarnya, namun untuk standart sekarang 8GB. Ingat sebaiknya pakai dual channel atau 2 keping ram karena bisa meningkatkan performa PC.

Kecepatan ram juga sebaiknya tinggi untuk menambah fps pada beberapa game. Kalian juga bisa manfaatkan fitur XMP kalau memori dan motherboard kalian support.

VGA

Untuk VGA sebaiknya gunakan VGA minimal 2Gb GDDR5. Untuk seri VGA low-end bisa gunakan GT1030 2GB GDDR5 64 bit, atau GTX 1050 atau GTX 1050 Ti, atau kalau budget punya lebih sedikit bisa pakai GTX 1650 atau GTX 1660, kalau budget lebih lagi gunakan GTX 1080 Ti.

Usahakan sudah mendukung DirectX 12.

Kalau kalian mau menggunakan fitur DLSS maka gunakan VGA RTX.

Kalau masih VGA onboard atau IGP gimana ?

Sebenarnya masih bisa kalian gunakan untuk main game modern, namun dengan resolusi rendah mungkin mentok di 720p atau 1080p lah. Usahakan minimal sudah Intel HD/UHD, kalau AMD ya Vega 3.

Penyimpanan

Minimal penyimpanan untuk menyimpan banyak game adalah hardisk 1 TB, kalau gak punya ya bisa pakai 500GB atau 256GB cukup untuk menyimpan beberapa game.

Kalau ada dana usahakan juga memakai SSD, walaupun gak menambah fps namun bisa mempercepat loading game dan juga mencegah game mengalami stutter. Kalau bisa malah pakai NVME lebih bagus, namun lebih mahal.

Baca juga : Upgrade Ram atau SSD ? Biar Gak Salah Pilih

Komponen Pendukung

Monitor

Setidaknya pilih monitor dengan resolusi full HD (1920 x 1080) dengan refresh rate minimal 60 Hz.

Kalau punya budget lebih bisa gunakan monitor dengan resolusi 2K atau 4K dengan refresh rate 144 Hz.

Pilih juga monitor yang sudah mendukung port HDMI untuk memaksimalkan gambar tampilan.

Mouse dan Keyboard gaming

Bisa aja sih kalian pake mouse dan keyboard standar, tapi kalau mau lebih nyaman lagi bisa pakai mouse gaming yang punya kecepatan sensor tinggi dan juga keyboard mekanik gaming.

Masa komputer udah gaming, mouse ama keyboardnya masih biasa.

Headset Gaming

Perangkat audio seperti speaker dan headset bakal membuat pengalaman bermain kalian jadi beda, ada jedag jedugnya gitu.

Spesifikasi PC Gaming Murah 

Berikut admin sajikan racikan PC gaming murah budget 6 Jutaan Update Juli 2021 yang bisa kalian tiru.

Komponen Harga
Intel Core i3 9100f Rp. 1.499.000
MSI H310M Pro-VH plus Rp. 899.000
Ram Adata DDR4 Value Series 2x4GB Rp. 1.050.000
Galax GeForce GT 1030 2GB GDDR5 EXOC Rp. 1.250.000
SSD Adata SU650 120 GB Rp. 315.000
WDC 1 TB Rp. 609.000
PSU 1st Player PSU Gaming DK4 400w Bronze Rp. 480.000
Casing Cube Gaming Blig +PSU 500W Rp. 330.000
Total Rp. 6.498.000

 Penutup

Tadi adalah pembahasan mengenai spesifikasi yang dibutuhkan dari sebuah PC gaming dari mulai spesifikasi dalam game, komponen utama PC gaming dan juga racikan PC gaming murah. Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply