Cara Belajar Komputer Biar Cepat Bisa Tanpa Kursus

Cara Belajar Komputer Biar Cepat Bisa Tanpa Kursus
Cara Belajar Komputer Biar Cepat Bisa Tanpa Kursus

Cara Belajar Komputer Biar Cepat Bisa Tanpa Kursus. Di zaman digital serba otomatis seperti sekarang ini komputer sudah menjadi barang wajib yang kalian semua harus bisa menguasainya. Karena sekarang ini hampir semua hal sudah di komputerisasi, bahkan teknologi yang satu ini tetap belum bisa di gantikan bahkan oleh smartphone sekalipun. 

Nah itulah mengapa kali ini kita kita akan belajar dan membahas mengenai cara belajar komputer biar cepat bisa. Bahkan tanpa kursus pun bila temen-temen semua serius tidak akan berbeda hasilnya dengan mereka yang kursus. Oleh sebab itu Kali ini kita mau membagikan materi cara belajar komputer biar cepat bisa.

Namun sebelum kita lanjut membahas lebih dalam tentang belajar komputer dari nol ini. Kita akan menjawab dahulu beberapa pertanyaan mengenai belajar pc atau belajar komputer ini. Selain menjawab pertanyaan juga bisa kita pakai buat pengenalan materi terlebih dahulu.

Daftar Isi

FAQ Cara Belajar Komputer Biar Cepet Bisa

Apa saja yang harus dipelajari dalam belajar komputer?

Ada banyak hal yang bisa temen-temen bisa pelajari jika kalian mau belajar komputer biar cepat bisa. Alangkah baiknya jika temen-temen memulainya dari tahap dasar sampai ke tahap tingkat lanjut, yaitu sebagai berikut :

Cara belajar komputer biar cepat bisa

  • Belajar komponen komputer (dasar)
  • Mempelajari cara merakit komputer (dasar)
  • Mengenal operasi sistem dan cara install OS (dasar)
  • Belajar software-software (dasar)
  • Mempelajari pemrograman (advanced)
  • Belajar overclock (advanced)
  • dan masih banyak lagi
Nah yang mau kita belajar bersama kali ini adalah pelajaran dasar, kita akan mulai belajar komputer dari nol biar cepat bisa.

Bagaimana cara mengoperasikan komputer yang benar?

Kita akan coba cara belajar membuka komputer biar cepat bisa terlebih dahulu. Untuk mengoperasikan komputer dengan benar caranya :

  • Pastikan semua kabel yang menghubungkan monitor dan cpu telah terpasang dengan baik. Jangan lupa juga menghubungkannya dengan stop kontak
  • Tekan tombol power pada CPU dan juga tombol power pada monitor. Tombol power pada CPU bisa berada di depan atau diatas casing, tergantung model casing. Kalau tombol power pada monitor ada dibagian bawah layar.
  • Menunggu prosesor booting selesai.
  • Mengoperasikan software-software komputer.
  • Mematikan komputer.

Langkah awal Belajar Laptop?

Demikian juga kalau kalian tidak punya komputer, namun punya laptop dan ingin belajar menggunakan laptop. Cara mengoperasikannya adalah :

  • Meletakkan laptop dengan cara yang benar. Jangan meletakkan laptop diatas permukaan yang empuk seperti kasur atau bantal. Lebih baik kalian melatakkan laptop di permukaan yang keras agar laptop bisa membuang panas dengan baik.
  • Membuka layar laptop dan menyalakan laptop dengan cara menekan tombol power on di Laptop. Biasanya tombolnya berada di pojok kanan atas keyboard laptop.
  • Menunggu proses booting Windows selesai
  • Belajar mengoperasikan software-software di laptop.
  • Mematikan laptop

Mengapa kita harus bisa belajar komputer?

Pertanyaan ini sering kali dilontarkan kepada orang-orang yang mau belajar komputer. Karena sekarang ini kemampuan untuk bisa mengoperasikan komputer dengan baik sangat banyak yang membutuhkan, bahkan untuk mencari pekerjaan ada yang membutuhkan kemampuan komputerisasi. Anak-anak sekolah pun juga harus bisa mengoperasikan komputer, karena kebanyakan ujian yang ada sekolah sudah mulai berbasis komputer.

Nah setelah pemikiran temen-temen sudah mulai terbuka untuk belajar komputer, mari langsung saja kita mulai seri pertama dari cara belajar komputer biar cepat bisa. Yang penting sebisa mungkin kita disini gimana cara mudah belajar komputer dan laptop buat temen-temen yang baru mau bergabung di dunia komputer.

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer
Mengenal Komponen Komputer

Buat kalian yang belum tahu ini adalah materi belajar komputer untuk pemula biar cepat bisa yang kalian harus tahu. Sinau PC juga sudah pernah membahas tentang bagian bagian komputer, kalau kalian penasaran bisa klik disini.

Nah komponen komputer itu sendiri dibagi menjadi 3 temen-temen, yaitu ada yang namanya hardware atau perangkat keras komputer, ada juga software atau perangkat lunak komputer, dan yang ketiga ada brainware atau kita sebagai pengguna.

Nah dari komponen pc pertama atau hardware atau juga perangkat keras komputer ini kita akan belajar mengenal bagian bagian komputer dan juga merakit komputer. Untuk komponen software atau perangkat lunak kita akan belajar mengenai OS atau sistem operasi dan juga software komputer yang umumnya banyak orang yang memakai.

Langsung saja ya, yang pertama kita mau membahas tentang perangkat keras komputer. Perangkat keras komputer ini ada komponen utama dan komponen pendukung. Maksud dari komponen utama yaitu kalau komponen tersebut tidak ada maka kita tidak bisa mengoperasikan komputer. Sedangkan kalau komponen pendukung walaupun kita tidak memilikinya, kita masih bisa mengoperasikan komputer kita namun ada keterbatasan.

Komponen Komponen Komputer 

Komponen komputer itu dibagi lagi menjadi 3, yaitu komponen input untuk memasukan data seperti keyboard, mouse, dll. Nomor 2 ada komponen proseces untuk memproses data seperti prosesor, ram, GPU, dll. Dan terakhir yaitu komponen output untuk menampilkan data, seperti monitor.

1. Prosesor

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer

Materi belajar komputer biar cepat bisa pertama kita yakni mengenal apa itu prosesor. Sebelumnya apakah temen-temen pernah mendengar kata prosesor ini atau justru kalian pernah mendengar merk prosesor seperti Intell processor atau processor AMD ? 

Nah prosesor atau ada yang menyebutnya sebagai CPU ini adalah salah satu dari komponen utama pc yang bertugas seperti inti atau otak, yaitu mengatur jalannya sistem (walaupun masih bergantung pada kita sebagai pengguna, kalau kita tidak memberi perintah maka prosesor akan bekerja idle atau bisa kita menyebutnya diam).

Multi Core pada Prosesor

Selanjutnya nih di dalam prosesor modern sekarang ini, didalam prosesor yang berperan sebagai otak bagi komputer juga masih memiliki otak lagi didalamnya. Kita mengenalnya dengan sebutan core atau inti, gunanya untuk membaca intruksi. 

Dulu nih ceritanya dalam satu prosesor ya hanya akan ada satu core atau single core. Dengan berkembangnya teknologi kemudian dalam satu prosesor bisa memuat dua core atau dual core, dan berkembang lagi jadi bisa memuat empat core atau quad core, hingga sampai sekarang sudah ada 18 – 64 core dalam satu prosesor.

Jadi semakin banyak core maka komputer akan semakin cepat membaca intruksi (berhubungan juga dengan speed atau kecepatan prosesor). Semakin banyak intruksi yang bisa diterima dan dikerjakan secara bersamaan. Jadi seperti sistem gotong royong, semakin banyak yang mengerjakan maka akan cepat selesai, begitulah kiranya.

Thread dan multi threading atau hyper threading

Di dalam prosesor selain memiliki core atau inti, juga memiliki thread yang merupakan bagian dari core yang berperan sebagai penghubung. Thread itu artinya benang atau untaian atau juga jalur. Jadi dengan adanya thread ini kerja prosesor bisa lebih terstruktur dan juga terjadwal. 

Nah pada saat core membaca atau memproses sebuah intruksi, satu core yang hanya punya satu thread atau single threading hanya bisa menangani satu intruksi dalam satu waktu, sedangakan instruksi yang lain harus antri dulu. Nah dengan adanya multi threading antrian intruksi yang panjang itu akan dibagi dua, jadi akan ada dua jalur menuju core.

Itulah mengapa dari pembahasan yang sudah admin meringkasnya kita mengenal core dan thread pada prosesor. Misal pada prosesor Core I3 10100 dia memiliki 4 core dan 8 thread. Berarti dalam 1 core nya prosesor ini memiliki 2 thread atau hyper threading. Jadi dengan 8 thread ini seolah-olah kita bisa merasakan kecepatan prosesor dengan 8 core.

2. Ram

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer

Nah kalau yang kedua ini admin menduga kalau temen-temen sudah pernah mengenal dengan RAM. yups, RAM atau Random Acces memory ini adalah sebuah penyimpanan yang sifatnya sementara yang kapasitas per keping ramnya lebih kecil daripada hardisk namun punya kecepatan yang sangat tinggi (bergantung juga pada jenis ram). 

Fungsi ram ini juga sebagai penghubung antara prosesor dan hardisk. Karena kecepatan prosesor yang tinggi hanya RAM yang bisa mengimbangi. Karena kerja sama dari 3 komponen ini lah komputer jadi bisa beroperasi.

Kenapa kok RAM hanya sementara ? karena kalau kalian mematikan komputer kalian maka datanya akan hilangnya karena ram tidak dapat aliran listrik lagi. 

Misal nih kalian sedang mengetik, nah yang temen-temen ketik tadi sementara akan tersimpan di RAM, kemudian ketika kalian mengklik save dokumen kalian maka akan tersimpan ke dalam penyimpanan asli kalian. Lalu apakah kerja ram sudah berhenti ? Tidak, ram tetap masih bekerja membuka dokumen yang kalian simpan.

 Jenis-Jenis Ram

Sebenarnya ada banyak sekali jenis ram komputer, ada DRAM, SRAM, SDR, DDR, dll. Namun yang mau Sinau PC berikan ini hanya tiga aja yang masih ada orang yang memakainya dan familiar, yaitu DDR mulai DDR2 sampai DDR4, DDR5 masih dalam proses, ok. 

Ram DDR 2 ini kalian pakai bisa memakainya di motherboard lawas yang menggunakan prosesor seperti Pentium, dan Core 2 Duo. Perkepingnya maksimal hanya 2 GB dengan kecepatan maksimal hanya 800 Mhz.

Kita naik lagi ke Ram DDR3 yang kalian bisa memakainya untuk sistem komputer dengan prosesor Core 2 sampai Core I seriess generasi ketiga untuk prosesor Intell. Satu keping memorinya maksimal kapasitasnya bisa 8GB dengan maksimal kecepatannya 1333 Mhz.

Selanjutnya ada ram DDR4 untuk sistem komputer generasi baru, seperti untuk sistem dengan prosesor Intel Core I seriess generasi keempat sampai terbaru sekarang yaitu Core I series generasi ke-11. Sedikit info untuk prosesor Intell Core I series generasi ke-12 nanti sudah bisa mendukung ram DDR5. Kembali kita membahas ram DDR4, satu keping ramnya bisa sampai 32 GB kapasitasnya dengan maksimal kecepatannnya bisa ada yang support sampai 4000 Mhz.

Dan jangan sampai salah juga ya, ram yang beredar di pasaran ada yang berukuran DIMM dan SODIMM. Untuk yang DIMM ini berbentuk lebih panjang dan kalian hanya bisa memasangnya di komputer. Sedangkan untuk SODIMM ukurannya ia lebih pendek dan lebih lebar dan kalian bisa memasangnya di Laptop atau juga PC All In One. Jadi jangan kebalik ya.

3. Kartu Grafis atau GPU

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer

Mungkin kalian pernah mendengar soal GPU card ini ? GPU (Graphic Prossesing Unit), komponen yang satu ini berguna untuk menampilkan gambar ke monitor kalian. Jika di sistem komputer kalian tidak ada GPU nya maka komputer tidak bisa menampilkan gambar ke monitor.

GPU sendiri ada 3 macam, ada yang namanya GPU onboard, GPU integrated (iGPU), dan GPU card/add on. Kalau yang GPU onboard itu GPU nya nempel pada motherboard untuk sistem pc lawas. 

Kedua ini adalah ganti dari GPU onboard, yaitu GPU integrated (iGPU) atau GPU yang yang sudah terintegrasi di CPU atau processor. Contohnya pada prosesor Intell seri non F seperti : Core I3 10100 dan untuk AMD prosesor seri G seperti : AMD Ryzen 3 3200G.

Nah yang ketiga namanya adalah GPU card/add on, yaitu perangkat GPU yang dibuat secara terpisah dan dihubungkan lewat jalur PCIE. Untuk contohnya ada banyak seperi Nvidia Geforce GTX series kaya GTX 1650 atau RTX series misal RTX 2070 dan dari platform sebelah juga misalnya AMD RX series contoh RX5500, dan masih banyak lagi.

Nah seperti halnya Ram, GPU ini juga memiliki kapasitas video ram (vram) masing-masing mulai dari sampai maksimal 16 GB vram saat ini. 

4. Penyimpanan atau Storage atau Drive

Kalian juga pasti sudah mengetahui kalau yang namanya tempat penyimpanan ya gunannya untuk menyimpan data-data. Baik itu sistem operasi atau OS, software-software, gambar, video, dokumen dan lain sebagainya.

Storage ini sendiri saat ini ada banyak yang digunakan, mulai dari CD drive, hardisk, SSD, dan juga flashdisk. Untuk CD drive dan juga flashdisk pasti kalian sudah mengenal dong, yaitu sebuah penyimpanan portable yang bisa dipasang dan di lepas dengan mudah.

Sedangkan yang mau kita membahasnya kali ini adalah hardisk dan juga SSD.

Hardisk

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer

Hardisk ini adalah salah satu alat penyimpan data komputer yang sudah sangat lama orang-orang memakainya. Dalam menyimpan data hardisk ini menggunakan piringan bulat seperti CD drive dan juga sebuah jarum yang berguna untuk menulis dan mencari data. 

Untuk kapasitas hardisk juga beragam mulai dari 128GB sampai kalau gak salah 2-3 TB. Kecepatan hardisk yang tersedia dipasaran ini ada yang berkecepatan 5400 rpm dan juga tertinggi 7200 rpm. Selain itu keunggulan hardisk ini adalah menawarkan kapasitas besar dengan harga yang lebih murah.

SSD

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer

Dari awal kemunculan hardisk yang menggunakan piringan telah ada yang memprediksi bahwa nantinya hardisk ini akan menjadi faktor penghambat performa kecepatan komputer. Sehingga kini hadir lah sebuah penyimpanan pc yang tidak lagi menggunakan piringan bulat yang berputar melainkan menggunakan chip yang saat ini kital mengenalnya dengan SSD. 

SSD atau Solid State Drive ini sesuai namanya dia tidak lagi menggunakan benda bergerak untuk menyimpan data, melainkan menggunakan chip-chip atau nand sell seperti flashdisk. Berbeda dengan hardisk, SSD menawarkan performa kecepatan yang kencang sampai dengan 5000 Mbps.

Pada awal munculnya SSD masih sangat mahal namun sekarang harganya sudah terjangkau. Kapasitasnya mulai dari 120 GB sampai 1 TB. SSD pun ada beberapa jenis, ada SSD sata yang masih menggunakan kabel seperti hardisk, dan ada SSD M.2 sata atau langsung saja kita menyebutnya SSD NVME yang sudah tidak menggunakan kabel melainkan memakai jalur PCIE (langsung nempel ke motherboard)

5. Motherboard

 

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer

Dari tadi diatas kita beberapa kali menyinggung mengenai motherboard, apa sih motherboard itu ? Motherboard atau papan induk ini adalah tempat untuk semua komponen yang sudah kita semua belajar tadi diatas, yaitu : prosesor, ram, VGA, dan drive (storage) menempel, saling terhubung, dan saling bisa berkomunikasi.

Kalau untuk masalah ukuran, motherboard ini ada beberapa ukuran jenis, mulai dari Mini ITX untuk ukuran terkecil, Micro ATX untuk ukuran sedang, dan ATX untuk ukuran terbesar. Untuk penggunaan rumahan biasa memakai ukuran form factor Micro ATX dan juga ATX.

Komponen-komponen motherboard

Untuk bagian-bagian dalam motherboard ini ada banyak, yaitu :

  • Socket CPU : untuk meletakkan Prosessor
  • Dudukan atau slot Ram : untuk tempat memasang Ram
  • Slot SATA (Serial Advance Tecnology Attachment) : untuk menghubungkan antara motherboard dengan drive hardisk dan SSD sata melalui kabel Sata
  • Slot AGP (Accelerated Graphics Port) : untuk menampilkan gambar pada layar monitor
  • Dudukan atau slot PCIE (Peripheral Component Interconnect) :  untuk meletakkan komponen add on seperti VGA card, Sound card, NVME, dan Wifi card.
  • Konektor PSU : yaitu pin-pin konektor untuk menyambungkan daya dari powersuply ke motherboard
  • Controller North Bridge : yaitu controller yang menghubungkan socket CPU, socket Ram dan Slot
  • Controller South Bridge : yaitu controller yang mengatur kerja periferal pc seperti keyboard, mouse, USB. dan lain-lain
  • CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) : sebuah bateri di yang berfungsi untuk menyimpan pengaturan tanggal dan BIOS
  • BIOS (Basic Input-Output System) : yaitu sebuah sistem atau program dasar yang mengatur kerja komponen yang terhubung ke motherboard, dan juga menghubungan sistem operasi atau OS ke motherboard

6. PSU atau Power Suply Unit

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer

Kerja dari PSU ini adalah mengalirkan daya listrik ke komponen-komponen pc lainnya yang terhubung melalui motherboard. Ingat bahwa PSU berkapasitas paling kecilpun seperti 300W atau 450W bukan berarti PSU tersebut langsung menyedot daya sampai 300W atau 450W. Tetapi yang benar adalah PSU tersebut bisa mensuplai daya maksimal 300W atau 450W, namun itu juga bergantung apakah PSU tersebut pure atau tidak.

Itulah mengapa ada sertifikasi khusus pada PSU, yaitu sertifikasi 80 plus yang bertujuan untuk menggalakkan efisisensi dana, semakin tinggi persentasenya efisiensinya maka semakin mendekati pula maksimal daya yang bisa PSU tersebut mensuplai dayanya.

Jenis-jenis PSU

PSU sampai sekarang ada 3 jenis : mulai dari generasi pertama yaitu AT, kemudian ATX, dan yang banyak dipakai sekarang adalah BTX.

  • PSU AT (Advanced Technology) ini adalah PSU generasi pertama yang biasa dipakai di sistem komputer lawas dengan motherboard khusus berjenis AT yang hanya punya 12 pin power. Untuk sistem komputer yang menggunakan PSU AT ini adalah komponen lawas seperti Pentium 3 dan 4. Untuk kapasitasnya sendiri PSU ini hanya bisa mensuplai maksimal 250W atau kurang dari 250W saja.
  • PSU ATX (Advance Technology Extended) ini adalah penerus dari genrasi sebelumnya, sudah memakai 20 pin power dan sudah ada tombol on/off nya. Kalian bisa menggunakan PSU ini untuk sistem yang juga masih lawas juga seperti Intel Pentium 3 dan juga Pentium 4.
  • Generasi terbaru yaitu PSU BTX yang banyak digunakan para pengguna pc desktop saat ini, ia sudah dibekali 24 pin power dengan kapasitas PSU yang semakin besar pula. Kalian bisa menggunakan PSU ini untuk sistem komputer dual core sampai prosesor Intell maupun AMD terbaru.

7. Casing

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer

Casing ini adalah sebuah rumah bagi sistem komputer kalian, casing ini penting tapi juga tidak terlalu penting. Artinya tanpa casing kalian bisa memakai komputernya, casing ini selain berfungsi untuk meletakkan dan menata komponen PC kalian juga berguna untuk menjaga komputer kalian dari debu dan kemungkinan serangga-serangga masuk. Selain itu casing juga memudahkan kalian untuk menyalakan PC dan juga menambah estetika.

8. Cooler

Cara Belajar Komputer di HP : Mengenal Komponen Komputer

Ada satu hal komponen penting yang sempat terlewat yaitu cooler. Fungsi dari cooler ini untuk menjaga suhu dari prosesor agar tidak mengalami kepanasan, karena musuh utama semua perangkat elektronik adalah panas. Semakin panas sebuah komponen elektronik maka performa dan juga keawetannya bisa berkurang.

Jenis-jenis cooler

  • HSF (Heatsink & Fan), cooler paling sederhana yang biasanya kalian mendapatkannya gratis dari box penjualan prosesor. Ada yang menyebutnya cooler ori prosesor, karena memang ya itu memang bawaan prosesor. Bentuknya sederhana hanya ada heatsink (besi pembuang panas) dan juga fan atau kipas untuk membuang panas dari prosesor.
  • Air CPU cooler, cooler ini bentuknya lebih besar dari HSF. gak cuma heatsink dan fan tapi juga ada ada heatpipe (pipa penyalur panas) untuk memindahkan panas secara lebih efektif kemudian tugas fan adalah membuang panasnya. Tentu saja performa pembuangan panasnya lebih ok dibandingkan HSF dan juga maksimum TDP (thermal desain power) yang bisa di handle semakin besar.
  • Liquid CPU cooler, untuk cooler ini untuk memindahkan panasnya menggunakan liquid atau carian khusus. Panas yang dibawa sama liquid tersebut akan didinginkan oleh radiator yang juga menggunakan fan diatasnya. Nah agar cairan tersebut bisa terus berjalan maka ada bagian pompa yang berguna untuk memompa cairannya.

9. Monitor

Fungsi monitor sudah pada tahu lah ya, yaitu untuk menampilkan gambar. Prosesnya mula-mula CPU akan memberi perintah pada GPU untuk menampilkan suatu objek. Kemudian GPU akan bekerja untuk  menghitung berapa banyak objek dasar (segita) yang digunakan untuk menampilkan sebuah gambar dan dimana saja letak masing-masing objek tersebut untuk bisa membentuk sebuah gambar yang sesuai. 

Setelah itu baru akan dikirim ke monitor melaui kabel VGA (dsub), DVI, atau juga HDMI dari GPU kalian sehingga kalian bisa melihat gambar baik 2D atau 3D di monitor kalian. Proses itulah yang disebut sebagai rendering dan itu terjadi sangat cepat prosesnya.

Jenis-jenis monitor sendiri ada yang memakai layar IPS, LCD, LED, dll hampir sama seperti televisi. Kemampuan refresh rate atau kecepatan monitor menambilkan gambar sendiri juga sudah berkembang, Ada yang 60 Hz sampai 240 Hz.

10. Keyboard

Admin Sinau PC juga sudah yakin kalau kalian sudah pernah kenal atau melihat yang namanya keyboard atau papan huruf ini. Fungsinya adalah untuk memasukan data berupa huruf, angka, simbol, dan juga fungsi-fungsi.

Keyboard juga ada beberapa jenis, ada keyboard membran (keyboard standar) yang memakai karet. Kemudian ada keyboad mekanik yang memakai sistem mekanik.

11. Mouse

Yang satu ini juga tidak perlu kita membahasnya lebar-lebar, sudah pada tahu ya. Mouse ini digunakan untuk menggerakkan cursor atau juga sebagai alat penunjuk dan alat untuk memilih suatu objek.

Jenis jenis mouse sendiri ada 3 macam, yaitu : mouse mekanik, mouse optomekanik, dan juga mouse optik.

  • Mouse mekanik ini menggunakan bola kecil yang terdapat di bagian bawah mouse yang bisa bergerak ke segala arah. Jika bola kecil itu bergerak maka mouse akan mendeteksi adanya suatu gerakan.
  • Begitupun juga dengan mouse optomekanik yang juga menggunakan bola kecil tetapi juga menggunakan sinar yang bisa menampilkan dimana posisi koordinat dari pointer.
  • Mouse optik sudah berbeda dengan mouse sebelumnya, ia sudah tidak lagi memakai bola kecil (sistem mekanik lagi tapi menggunakan teknologi laser sehingga bisa lebih presisi lagi.

Belajar Komputer di HP : Belajar Merakit Komputer

Belajar Komputer di HP : Belajar Merakit Komputer

Admin Sinau PC sudah pernah membahas cara merakit pc lengkap. Jadi kali ini kita persingkat aja. Jadi pastikan teman teman meilhatnya ya. Setelah kalian belajar komponen komputer, maka selanjutnya kalian akan belajar merakit komputer dengan benar.

Cara belajar merakit komputer ini mudah, yang kalian butuhkan adalah kesabaran dan ketelitian, serta penting juga untuk temen-temen membaca terlebih dahulu manual book yang disediakan masing-masing komponen.

Berikut langkah-langkah untuk kalian belajar merakit komputer sebagai bahan pembelajaran belajar komputer selanjutnya.

Langkah merakit pc

  1. Pertama siapkan dahulu peralatan yang dibutuhkan mulai dari obeng, baut sampai komponen-komponen pc nya mulai dari prosesor, ram, motherboard, GPU, storage drive, PSU dan juga casing.
  2. Pastikan sudah membaca dahulu buu panduan yang sudah disediakan, itu akan lebih mempermudah kita untuk mencari letak-letak sesuatu nantinya.
  3. Siapkan prosesor lalu letakkan di socket prosesor yang ada di motherboard, sebelumnya buka dulu pengunci slot prosesor dengan menarik kuncinya keatas. Setelah posisi prosesor sudah benar maka akan otomatis masuk, jangan dipaksa. Jika sudah jangan lupa dikunci kembali slot prosesornya.
  4. Selanjutnya pasang cooler HSF diatas prosesor tadi, sebelumnya jangan lupa diberi thermal paste dahulu.
  5. Masukkan ram ke slot ram, sebelumnya buka dahulu pengunci slot ram, lalu tekan ram sampai berbunyi click. Ingat jangan sampai terbalik memasangnya, perhatikan gigi gigi di bawah ram lalu pas kan dengan socketnya.

Memasukkan komponen ke dalam casing

  1. Kemudian prosesor, HSF, dan ram yang sudah kalian pasang tadi kedalam casing setalah itu masukkan juga PSU ke dalam casing. Setalah itu masukkan juga storage drive baik hardisk maupun SSD ke tempat storage yang ada di casing.
  2. Pasang kabel 24 pin power dari PSU ke motherboard, setalah itu pasang juga kabel sata dari storage ke port sata di motherboard. Jangan lupa pasang juga kabel front panel dari caing nya ke slot front panel di motherboard.
  3. Terakhir masukkan GPU card lewat jalur PCIE x16  khusus GPU yang ada di motherboard. Sebelumnya buka dulu backplate di casing kalian. Jika GPU kalian butuh power pin tambahan pasang juga power pin GPU dari PSU ke GPU cardnya.
  4. Selanjutnya tinggal kalian merapikan kabel-kabelnya saja. 

Cara Cepat Belajar Komputer : Belajar Sistem Operasi Komputer

Cara Cepat Belajar Komputer : Belajar Sistem Operasi Komputer

Nah setelah temen-temen sudah belajar mengenai komponen komponen kompuer dan juga sudah belajar cara merakit pc, materi berikutnya adalah belajar mengenai sistem operasi atau OS pada komputer. Sistem operasi komputer adalah sebuah program yang diinstall yang digunakan untuk bisa menjalankan fungsi dari komputer.

Sebelumnya apakah kalian sudah mengenal Android ? Jika sebelumnya sudah ini pasti akan membantu memahami sistem operasi komputer. Ya Android itu adalah sistem operasi dari smartphone atau gadget, apakah hanya Android sistem operasi dari smartphone ? Tentu tidak kan … Sistem operasi smartphone selain Android ada juga IOS, Windows Phone, dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan sistem operasi komputer yang tidak hanya Windows, sistem operasi komputer ini ada beberapa jenis, ada Windows, Linux, dan Macintosh. 

Windows

Windows (Microsoft Windows) adalah sebuah sistem operasi atau OS (operating system) yang dikembangkan oleh Perusahaan bernama Microsoft, yang memakai antarmuka pengguna grafis. Sampai saat ini sistem operasi Windows ini sudah sampai di versi Windows 11.

Nah kali ini kita akan mengenal lebih dalam lagi versi dari Windows yang masih banyak orang memakainya, yaitu : Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan versi terbaru Windows 11.

Windows XP

Windows XP ini sudah rilis dari tahun 2001, OS Windows XP ini sangat mendulang kesuksesan pada masanya. Sistem operasi Windows XP ini orang masih banyak yang memakainya hingga saat ini karena versi Windowsnya sangat ringan apa lagi untuk sistem komputer lawas, walaupun sekarang Windows XP sudah tidak didukung lagi.

Windows 7

Sebenarnya penerus dari Windows XP ini bukan Windows 7, melainkan di dahului versi Windows Vista. Namun karena yang menggunakan Windows Vista ini tidak banyak, karena banyak yang menganggap versi Windows Vista ini banyak yang kekurangan, sehingga banyak orang memilih versi Windows 7.

Sistem operasi Windows 7 ini rilis pada tahun 2009 menggantikan pendahulunya Windows Vista dan Windows XP. Windows 7 ini dinilai memberikan tampilan antarmuka pengguna yang lebih menarik dan fitur yang lebih. Masih banyak orang yang memakai versi ini walaupun sekarang Microsoft sudah mematikan update untuk Windows 7.

Windows 8

Setelah sukses dengan Windows 7 pada tahun 2012 lalu, Microsoft merilis versi Windows 8 dengan tampilan yang sangat berbeda dari pendahulu-pendahulunya, terutama ketika Windows 8 ini menghilangkan tombol start menu yang menjadi ciri khas dari Windows.

Walaupun memiliki tampilan yang lebih dari Windows 7, namun karena menghilangkan fitur tombol start menu tersebut lah Windows 8 ini kurang banyak orang meminati, hingga Microsoft merilis Windows 8.1.

Windows 10

Kesalahan Microsoft pada versi sebelumnya dan menilik kembali kesuksesan pada Windows 7, pada tahun 2015 Micorosft merilis versi Windows 10 dengan tampilan yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya namun mengembalikan fitur tombol start menu dan membawa kemudahan dari Windows 7.

Hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan versi Windows ini karena masih versi baru walupun sudah bukan lagi terbaru, karena Microsoft masih memberikan update pada sistem operasi Windows 10.

Windows 11

Versi terbaru dari Microsoft WIndows adalah Windows 11 yang baru rilis pada bulan Juni 2021 yang lalu menggantikan Windows 10 yang akan segera pensiun.

Jika kalian melihat tampilan dari Windows 11 ini akan sangat modern dengan fitur-fitur baru yang sudah Microsoft siapkan. Sudah mulai banyak orang yang mulai mencoba menginstall Windows 11 walaupun sampai saat artikel ini Sinau PC tulis versi Windows 11 belum final.

Linux

Jika kalian mencari sistem operasi komputer yang gratis, maka Linux adalah jawabannya. Linux dengan simbol khasnya bergambar pinguin ini adalah sistem operasi yang bebas dan open source serta gratis. Linus Torvalds lah yang mengembangkan sistem operasi berbasis kernel Linux ini.

Macintosh

Berikutnya ada Macintosh atau mungkin kalian mengenalnya dengan Mac OS. Perusahaan yang memproduksi dan merilis Mac ini tidak lain adalah Apple pertama kali tahun 1984 yang pertama mengenalkan GUI (sistem antarmuka grafis).

Sistem operasi ini biasanya sudah terinstall di Macbook dan juga iMac sebagai sesama produk dari Apple yang biasanya berspesifikasi tinggi.

Cara Cepat Belajar Komputer atau Laptop : Belajar Menginstall Windows (OS)

Cara Cepat Belajar Komputer atau Laptop : Belajar Menginstall Windows (OS)

Setelah kalian sudah mengenal tentang sistem operasi dan juga sudah bisa merakit pc, maka langkah selanjutnya adalah belajar menginstall windows. Seblumnya sinau PC sudah pernah membahas lengkap mengenai cara install windows, tinggal klik saja Cara Install Windows 10 ini.

Jadi kalau menurut kalian masih kurang lengkap, bisa berkunjung ke artikel khusus Sinau PC yang membahas install windows tersebut, untuk versi ringkasnya cara menginstall windows adalah sebagai berikut :

  1. Pertama siapkan flashdisk dan file ISO Windows yang bisa kalian dapatkan dari situs resmi Microsoft, lalu menggunakan software Rufus untuk memasukan file instalasi ke dalam Flashdisk.
  2. Kedua adalah menyalakan komputer serta menancapkan flashdisk instalasi dan masuk ke BIOS untuk mengatur first boot atau boot priority, setalah itu save lalu instalasi akan segera berjalan.
  3. Selanjutnya tinggal mengikuti arahan dari sistem Windows untuk menyelesaikan instalasi sampai selesai.
  4. Jika sudah selesai maka komputer kalian akan langsung masuk ke sistem Windows, langkah terakhir adalah menginstal driver-driver pendukung. 

Cara Belajar Main Komputer : Belajar Software PC

Langkah selanjutnya untuk seri belajar komputer ini adalah belajar menggunakan software-software yang ada dan sering orang memakainya. Sekaligus ini menjadi materi akhir dari belajar komputer dasar bersama Sinau PC.

Belajar menggunakan software pc ini berkaitan dengan komponen komputer bagian Brainware, yaitu kita sebagai pengguna atau user pc yang menjalankan komputer. Bayangkan saja komputer tanpa ada yang menjalankan atau sudah memberi perintah sebelumnya, maka komputer tidak akan bisa berjalan sebagaimana fungsinya, hanya bisa diam saja.

Sebelumnya apakah kalian sudah pernah mengetahui software apa saja atau aplikasi apa saja yang ada di komputer ? Ada software untuk mengetik, memutar lagu dan video, menjelajah internet, mengedit video dan lain sebagainya.

Nah dibagian kali ini kita akan mengenal software atau aplikasi dasar yang harus kalian bisa menguasainya, apa saja ?

1. Belajar Menjelajah Internet (Browser)

Cara Belajar Main Komputer : Belajar Software PC

Pertama kita belajar komputer biar cepat bisa dari yang termudah dulu yaitu belajar menjelajah Internet, Sinau PC yakin kalian sudah pernah membuka Internet, kalau tidak mana mungkin temen-temen bisa sampai disini.

Untuk menjelajah Internet selain membutuhkan koneksi Internet, kita juga memerlukan software yang kita sebut sebagai browser. Mungkin kalian pernah mendengar kata “browsing”, nah kata browser ini sendiri ada yang mengartikan sebagai peramban web, atau juga mesin pencari.

Dalam OS Windows tanpa menginstall browser tambahan, Windows sudah memberi kita software browser bawaan yang disebut sebagai Internet Explorer atau versi terbarunya Microsoft Edge untuk Windows 10.

Cara mencarinya kalian klik tombol start menu Windows yang berbentuk seperti jendela, lalu ketik Internet Explorer atau Microsoft Edge. Setelah muncul tinggal kalian klik 2 kali pada logo Internet Explorer dan kalian sudah bisa menjelajah Internet. Klik tab search lalu ketikan saja yang mau kalian cari.

Selain Internet Explorer dan Microsoft Edge, temen-temen juga bisa menginstall software browser tambahan lain seperti Mozilla Firefox dan juga Google Chrome sesuai kebutuhan, kenyamanan, dan kesukaan kalian masing-masing.

2. Cara Belajar Komputer Microsoft Word

Cara Belajar Main Komputer : Belajar Software PC

Salah satu hal yang sering sekali kalian mempelajari komputer baik di kursus maupun di buku-buku adalah belajar software Microsoft Office seperti : Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point.

Masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda-beda, Kita menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen, surat, karya tulis, dan lain-lain. Sedangkan kita belajar Microsoft Excel untuk melakukan perhitungan nilai-nilai dan variabel, dan Microsoft Power Point kita menggunakannya untuk membuat slide presentasi.

Paling tidak ketiga software dari Microsoft Office ini kalian bisa menggunakannya dengan baik sebagai dasar kalian dalam belajar komputer kedepannya. Di dalam negeri banyak perusahaan yang mensyaratkan para pelamarnya untuk bisa mengoperasikan Microsoft Office.

3. Belajar Komputer : Mengedit Foto dan Video

Cara Belajar Main Komputer : Belajar Software PC

Langkah berikutnya untuk belajar komputer dasar biar cepat bisa yaitu kita akan berlatih mengedit foto maupun juga video. Apakah kalian menganggap mengedit foto dan Video ini susah ? Memang kalau terus difikirkan maka akan terasa susah. Tapi lain halnya kalau kalian mencoba belajar mengedit foto dan video secara sederhana berbekal ilmu dari Internet untuk menambah kemampuan temen-temen menggunakan komputer.

Ada beberapa software editing yang bisa kalian coba, dimulai dari software editing bawaan Windows seperti Windows Movie Maker untuk mengedit video atau bisa menggunakan software editing dari Adobe, seperti Adobe photoshop.

Atau kalian bisa menggunakan software Paint bawaan Windows untuk belajar menggambar di komputer sebelum beralih ke software desain seperti Adobe Ilustrator dan Corel Draw.

Sebenarnya tidak hanya itu saja, masih banyak software yang bisa kalian semua mempelajarinya. Memang untuk belajar komputer biar cepat bisa terlebih belajar software komputer ini perlu di buatkan tutorialnya satu persatu.

Nah demikianlah sebuah materi panduan Cara Belajar Komputer Biar Cepat Bisa Tanpa Kursus yang bisa admin bagikan pada temen-temen semua sebagai ilmu dasar kalian dalam cara belajar komputer. Mungkin selanjutnya akan admin posting di artikel selanjutnya karena ini sudah panjang sekali. Semoga cara cepat belajar komputer versi Sinau PC ini bisa bermanfaat bagi temen-temen semua.

Leave a Reply