Build Your Own Gaming PC Kit : NZXT BLD Kit

Build Your Own Gaming PC Kit : NZXT BLD Kit
Build Your Own Gaming PC Kit : NZXT BLD Kit

Build Your Own Gaming PC Kit : NZXT BLD Kit. Bagi sebagian orang merakit pc adalah hal yang ribet, mengapa ? Karena mulai dari mencari komponen pc sendiri, mencari part pc yang seimbang performanya, sampai mengetahui kompatibilitas antara komponen satu dengan yang lain. Jadi semuanya kalian melakukan sendiri, itulah yang membuat sebagian orang merasa kesusahan.

Untunglah Sinau PC akan memberikan sedikit informasi kepada kalian untuk bisa membantu kalian to make your own pc kit. Pastinya cara ini bisa lebih mudah dan sederhana tanpa kalian harus bingung menentukan dan menyesuaikan tiap-tiap komponen pc. Atau kalian akan tertarik dengan best pc tower for gaming.

Jadi solusinya adalah gaming PC build kit, apa sih itu ? Jika pada saat kalian merakit pc pasti kalian mencari komponennya sendiri lalu kemudian kamu merakitnya sendiri. Namun dengan adanya PC build kit kalian gak perlu lagi ribet mencari setiap komponennya dan gak perlu lagi memikirkan apakah komponen ini dapat berjalan dengan baik jika saya pasangkan pada komponen itu. Setelah itu kalian hanya tinggal merakit pc nya saja.

NZXT BLD Kit : build your own pc kit

Kalau kalian penasaran dengan apa itu pc build kit, kalian mungkin bisa mencobanya lewat situs NZXT yang satu ini. NZXT ini menawarkan cara untuk customize your own pc dengan cara mudah. Caranya kalian hanya tinggal memesan pc build kit, kemudian mereka akan mengirimkan produknya pada kalian, selanjutnya tinggal langsung kalian rakit.

https://nzxt.com/collection/bld-kit

Nah bagi kalian yang belum pernah merakit pc sebelumnya jangan khawatir. Ternyata situs build your own gaming computer kit ini juga menyediakan tutorialnya secara detail dan juga disertai gambar ilustrasi. Bahkan kalau kalian memerlukan tutorial lewat video mereka juga menyertakan link videonya.

Selanjutnya ini bagi kalian yang masih awam dan pemula mengenai pc build. Sebelum kalian merakit gaming pc build your own kit ini, kalian bisa mulai berkenalan dahulu dengan komponen pc yang akan dikirimkan kepada kalian nanti.

Baca juga :

Cheap Gaming PC Under $200 Pre Built and 200 Dollar Gaming PC

Build Your Own PC Starter Kit Now

Build Your Own PC Starter Kit Now
NZXT Starter Pro BLD Kit

Lalu nih bagi kalian yang bingung mau memulai dari mana, kalian bisa memulainya dari seri gaming pc starter kit. Jika kalian masih merasa sebagai pemula kalian bisa memilih NZXT Starter Pro BLD Kit. Dengan harga USD 1399 atau sekitar Rp.20 jutaan jika angkanya kita bulatkan keatas. 

NZXT merancang Starter Pro Build my own gaming PC kit ini untuk memberi pengguna kemudahan dalam merakit pc build kit pertamanya dengan performa PC yang unggul. Selain itu mereka juga menyertakan alat-alat dan buku panduan yang diperlukan. Kalian tinggal hanya memesan kemudian menunggu komponennya datang, setelah itu kalian bisa langsung mulai merakitnya.

Selanjutnya untuk garansinya DIY gaming pc kit ini bisa sampai 2 tahun. Dengan ringkasan performa menggunakan GPU RTX 30 Series dan 16 GB RAM untuk kebutuhan gaming dengan performa tinggi atau game AAA. Lalu komponen apa saja yang akan kita dapatkan dan juga bagaimana performanya seperti yang mereka janjikan. Kalian bisa membaca artikel ini lebih lanjut.

Baca juga :

Pre Built Mini Itx Gaming PC 2021

Custom Water Cooled PC Builder Tower EKWB and PCspesialist

Gaming PC Kit Build : Spesification
Gaming PC Kit Build Spesification
Gaming PC Kit Build Spesification

Sekarang kita akan melihat apa saja yang akan kita dapatkan inside the box build your own pc kit ini nantinya. Pertama pasti ada part PC Starter Pro BLD Kit, kedua ada tools untuk merakit pc, dan ketiga ada manual book pastinya.

Didalam gaming pc build kit ini komponen yang mereka berikan kepada kita, pertama ada CPU dari Intel Core I5-11400F yang mempunyai 6 core 12 thread dengan clokspeed 2,6 Ghz. Kedua untuk montherboardnya mereka memberikan kita dari brand Asrock B560 Pro series atau lebih tepatnya Asrock B560 Pro 4 dengan spesifikasi :

  • 10th and 11th Gen Intell Processor
  • 4 Ram Dual Channel
  • 1 x PCIe 4.0 x16, 
  • 1 x PCIe 3.0 x16, 
  • 2 x PCIe 3.0 x1, 
  • 6 SATA3, 
  • Ada 1 x Hyper M.2 (PCIe Gen4 x4),
  • Juga 1 x Ultra M.2 (PCIe Gen3 x4),
  • Serta 1 x M.2 (PCIe Gen3 x2 & SATA3),
  • 8 x USB 3.2 Gen1 (4 x Rear, 4 x Front),
  • 4 x USB 2.0 (2 x Rear, 2 x Front),
  • 1 x Front USB 3.2 Gen1 Type-C.

Ketiga untuk RAM dari brandTeam T-Force Vulcan Z 16 GB DDR4 3200Mhz Dual Channel, 16 GB RAM saat ini adalah spesifikasi standart untuk build your own gaming pc. Kemudian keempat untuk GPU yang mereka berikan adalah GPU Nvidia Geforce RTX 3060 Ti 8GB 256bit GDDR6 dengan arsitektur Ampere. 

Kelima untuk storagenya gaming pc kit build ini mereka memberikan SSD WD Blue SN550 1TB M.2 NVME 2280 PCIE 3.0, tentunya dengan kapasitas 1TB ini tidak perlu khwatir lagi ada botleneck penyimpanan di sistem PC kalian, karena mulai dari OS sampai game bisa langsung kalian install di NVME.

Baca juga :

Build Your Own Gaming Computer Kit : Important to note !

Sejauh ini masih baik-baik saja dari spesifikasi yang mereka berikan, tapi ada salah satu hal yang perlu kalian perhatikan di build your own pc starter kit yaitu dari PSU yang mereka berikan. PSU yang mereka berikan hanya 550W dengan sertifikasi 80 Bronze, padahal untuk GPU sekelas RTX 3060 Ti yang membutuhkan 12 pin power ini seharusnya kalian butuh paling tidak 650W PSU. Nvidia juga merekomendasikan minimal 600W PSU.

Walaupun sebenarnya make your own pc kit ini bisa saja berjalan dengan baik ataupun juga tidak dengan 550W PSU kedepannya. Jika kita lihat bersama dengan konsumsi daya RTX 3060 Ti ini adalah 200W, 65W untuk Intel Core I5 11400F, dan kita bisa katakan mungkin 150-200W untuk periferal lainnya 550W PSU masih sanggup mensuplai.

Tapi akan jauh lebih baik dan juga direkomendasikan untuk memakai minimal 650W PSU 80 Plus Gold untuk menjaga komponen pc kita, karena jika ada masalah pada PSU maka komponen lainnya juga akan rentan terkena kerusakan. Kalian tentu tidak mau build your own gaming pc kit cepat rusak kan.

Kita lanjutkan pembahasan kita, keenam kita juga mendapatkan Air cooler dari Cooler Deepcool Gammax GTE V2. Lumayan cukuplah untuk menghandle panas dari Intel Core I5-11400F ini dengan CPU TDP 65 W. Ketujuh untuk case dari build your own pc kit ini kita mendapatkan case dari NZXT sendiri yaitu Case NZXT H510 dengan dua pilihan warna, yaitu warna putih untuk set up clean ataupun juga hitam.

Dan terakhir di paket pembeliannya gaming pc starter kit ini juga memberikan wifi card adapater dari MSI MS-B905C. Nah lalu bagaimana performa gaming dari build your own gaming pc kit ini ?

Baca juga :

Average Cost to Build a Gaming PC Setup

Build Your Own PC Case Kit : Gaming Performance

Untuk membandingkan performa gaming pc build your own kit ini, kita akan membandingkan gaming performance antara seri Starter Pro BLD Kit dengan seri diatasnya yaitu Streaming Plus BLD Kit. Dengan RAM, dan GPU yang masih sama namun CPU yang dipakai berbeda yaitu AMD Ryzen 5 5600X 6 core 12 thread 3,7 Ghz dan untuk PSU sudah jauh lebih baik yaitu 650W Bronze.

Untuk game yang mereka sediakan untuk pengujian build my own gaming pc kit ini adalah game Call of Duty Modern Warfare, Fortnite, Minecraft dan GTA V dengan resolusi 1080p dan 1440p. Untuk hasilnya bisa kalian lihat di table dibawah ini berdasarkan situs web NZXT.

Build Your Own PC Case Kit : Gaming Performance
Test Game in 1080p
Build Your Own PC Case Kit : Gaming Performance
Gaming Test in 1440p

Baca juga : 

Bisa kita lihat disana hasil tes fps diy gaming pc kit ini bahwa AMD Ryzen 5 5600X lebih unggul fpsnya daripada Intel Core I5 11400. Karena AMD Ryzen 5 5600X ia memiliki baseclock yang lebih tinggi serta unlocked multiplier. Selain itu juga AMD Ryzen 5 ini juga memiliki fabrikasi yang lebih kecil yaitu 7nm. Untuk skor Cinebench R23 pun ia masih unggul dari Intel Core I5 11400F.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Build Your Own Gaming PC Kit : NZXT BLD Kit. Semoga artikel PC build kit ini dapat membantu teman-teman yang bingung mencari komponen untuk rakitan PC. Jika kalian butuh rakitan rakitan pc maupun custom pc lainnya, Sinau PC menyediakan informasi untuk itu. Semoga bisa bermanfaat, dan tinggalkan komentar jika kalian punya pendapat lain.

Leave a Reply