Skip to main content

Custom Water Cooled PC Builder Tower EKWB and PCspesialist

Custom Water Cooled PC Builder Tower EKWB and PCspesialist
Custom Water Cooled PC Builder Tower EKWB and PCspesialist

Custom Water Cooled PC Builder Tower EKWB and PCspesialist. Kita tidak bisa memungkiri bahwa musuh utama dari hardware pc high end adalah panas. Oleh sebab itu kita membutuhkan komponen pendingin yang juga tangguh untuk menghandle TDP yang besar itu. Salah satunya adalah dengan menggunakan water cooled pc build.

Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu macam-macam cpu cooler yang ada sekarang ini. Pertama ada air cooler yang menggunakan heatpipe, heatsink, dan juga fan. Kedua adalah menggunakan liquid cooler yang saat ini juga ada 2 jenis. Yaitu ada yang memakai All In One (AIO) water cooling karena lebih praktis, namun juga ada yang memakai custom liquid cooled gaming pc.

Namun juga terkadang kita mengalami kebingungan mau memilih mana antara air cooler, atau water cooler. Atau kalian juga lagi ingin build custom water cooled pc. Jika iya maka kalian harus membaca artikel ini sampai selesai.

Cool PC Builds : Air Cooler or Liquid Cooler

Pertama hal yang perlu kita tahu apakah kita butuh liquid cooler atau cukup memakai air cooler. Jadi penggunaannya atau tidak harus bisa kita perhatikan dengan jeli sesuai kebutuhan. Namun terkadang ada beberapa situasi jika liquid cooler benar-benar diperlukan untuk memberikan pendinginan yang ekstra. Nah berikut ini ada beberapa kondisi dimana watercooled pc builds benar-benar butuh dipakai.

Liquid cooled pc build : because extreme overclocking

Jadi jika kalian berencana untuk melakukan overclocking pada high end unlocked CPU kalian seperti Core I9 12900K atau Ryzen 9 5900X maka kalian butuh opsi pendingin liquid cooler. Sebenarnya tanpa overclocking pun CPU high end tersebut secara default saja sudah memiliki TDP tinggi melebihi 125W bahkan 250W. Pendingin biasa tidak akan mampu mengatasi, maka kalian membutuhkan water cooled pc builds.

Selain itu AIO cooler ataupun custom build liquid cooled pc dengan radiator 360mm-420mm bisa lebih mendinginkan panas CPU ataupun GPU daripada air cooler. Baik itu dalam kondisi default maupun extreme overclocking. Karena overclocking selain meningkatkan clokspeed juga meningkatkan konsumsi daya sehingga CPU menjadi lebih panas. Sehingga jika coolernya tidak mampu membuang panas dengan cepat maka sistem akan bluescreen dan juga langsung restart sendiri.

Watercooling adalah solusi yang memungkinkan kita untuk menghilangkan panas dari hardware pc high end. Karena dibandingkan dengan udara, liquid dapat menyalurkan panas dengan lebih efisien. Itulah sebabnya liquid cooler adalah cara untuk menjaga CPU atau GPU yang kalian overclock tadi agar suhu komponen tetap terkendali.

Liquid cooled gaming pc build : Lower Noise

Selanjutnya kalian butuh liquid cooler jika kalian tidak suka dengan tingkat kebisingan PC kalian. Fan dan juga air cooler yang bekerja dengan kecepatan penuh bisa membuat bising. Walaupun AIO cooler juga memakai fan pada radiatornya. Namun pada AIO bisa mendapatkan temperatur serupa tapi dengan kecepatan fan yang lebih rendah. Sehingga itu bisa mengurangi kebisingan, begitupun juga dengan custom liquid cooled pc build.

Baca juga :

Average Cost to Build a Gaming PC Setup

Watercooled pc builds : for aesthetics

Selanjutnya adalah masalah estetika, PC yang memakai AIO cooler dan juga custom water cooled akan terlihat seperti cool pc towers. Tentu itu akan kelihatan lebih keren dan juga kelihatan PC mahal dan profesional daripada memakai air cooler. 

Di sisi lain jika kalian memakai air cooler, semakin besar air cooler juga bisa menutupi komponen lain seperti RAM. Jadi jika kalian memiliki RAM dengan fitur RGB atau ram dengan konfigurasi 8 slot maka akan terpenuhi oleh heatsink yang besar dan juga fan.

Selain itu konfigurasi tabung dan juga line tube pada custom liquid cooled gaming pc bisa kalian atur sesuai keinginan. Sehingga PC kalian bisa memiliki ciri khas dan berbeda dengan yang lain.

Liquid cooled gaming pc build on mini casing with minimum air circulation

Lalu jika kalian memutuskan untuk merakit pc dengan form factor mini itx maka mau tidak mau kalian harus memakai liquid cooler. Sebab semakin kecil form factor dari casing maka aliran udaranya juga semakin terbatas. Selain itu air cooler juga mungkin efektifitasnya juga berkurang karena masih bergantung pada aliran udara dalam casing.

Sementara dengan liquid cooler bisa lebih efektif. Panas CPU akan dibawa menuju radiator dan didinginkan disana. Fan radiatornya pun berada mengahadap luar kasing dengan konfigurasi exhaust sehingga akan membuang panas keluar casing.

Baca juga :

Customize Your Own Gaming PC on The Best Sites

Want to custom liquid cooling pc builder ?

Nah setelah kita tahu tadi bila kita mau melakukan overclocking CPU dan GPU high end. Jika kita ingin memperoleh fps tinggi ultra resolution namun dengan suhu yang rendah, dan dengan tampilan estetika yang indah. Maka mungkin tak hanya AIO, kalian membutuhkan custom liquid cooling pc builder.

Jika iya, sebelum kalian memutuskan untuk membelinya. Kita perlu ketahui dulu apa saja yang diperlukan dan apa saja fungsi dari komponen-komponen custom build liquid cooled pc ini.

custom liquid cooling pc builder
custom liquid cooling pc builder

Radiator : Untuk mendinginkan cairan yang menghantarkan panas dari CPU, GPU, maupun RAM. Biasanya dipasang diatas casing maupun di depan casing dan dilengkapi dengna fan untuk membuang panas.

CPU Blok : Untuk keluar masuk cairan penghantar panas pada CPU sehingga suhu CPU bisa terjaga.

GPU Block : Sama seperti CPU Block namun terpasang pada GPU.

Tube : Seperti selang yang membawa dan mengalirkan cairan penghantar panas. Ada 3 jenis tabung : Tabung Fleksibel, Tabung akrilik, dan Tabung PETG

Pompa : Berfungsi untuk memompa cairan sehingga bisa terus bergerak dari resorvoir kembali menuju resorvoir lagi.

Resorvoir : Tempat liquid cooler bermuara, biasanya berada pada sebelah kanan sistem dengan ukuran beragam.

Baca juga :

Gaming PC Under 400 Dollars : IDR5,5 Jutaan 

Cheap Gaming PC Under 100 Dollars : IDR 1 Juta

Good 1000 Dollar Gaming PC Builds Tutorial  

Good 500 Dollar Gaming PC and Streaming PC

EKWB Custom Water Cooling

Nah selanjutnya nih, kalau kalian memang mau build custom water cooled pc kalian bisa mengunjungi website EKWB. Selain menyediakan AIO cooler dan juga custom watercooler pc build, EKWB juga menyediakan water cooled pc pre built.

Jadi sebelum kalian ingin build your own water cooled pc disini. Kita coba dulu bersama simulasi konfigurasi custom loop konfigurasi yang mereka sediakan. Untuk mencobanya kalian bisa mengunjungi link berikut ini.

https://www.ekwb.com/custom-loop-configurator/

Pertama, kalian hanya tinggal mengisi form yang mereka sediakan. Mulai dari casing, motherboard, CPU, GPU, RAM, setelah itu hanya mengklik next step dan mengisi setiap step-stepnya.

Cool pc builds configurator EKWB

Sebagai percobaan admin menggunakan konfigurasi sebagai berikut untuk water cooled pc builds.

Cool pc towers build component
Current hardware & case CPU : Intell Core I9-10900KF
Motherboard: ASUS TUF Gaming Z590
RAM : 32GB (4x8GB)
GPU ASUS Tuf Gaming GeForce RTX 3090
Case: In Win Z tower
Components to liquid coolCPU, GPU, RAM
Main reason for liquid coolingBoth silence and overclocking
Position top: EK-CoolStream PE 360 (Triple)
RGB optionAddressable RGB visual enabled
Desired tube hardnessSoft tubing
Personalize custom loop Tube size :12 mm / 16 mm
Tube color :clear
Coolant color :Purple
Fittings color : black
Top block : EK-Quantum Velocity D-RGB
GPU block : EK-Quantum Vector RTX 3080/3090 D-RGB
GPU backplate :EK-Quantum Vector RTX 3070/3080/3090
Preferred reservoir stylePump combo units
Desired pump and reservoir configurationPump reservoir combo
Selected pump:EK-Quantum Kinetic TBE 200 D5 PWM D-RGB

Kalau temen-temen penasaran bagaimana hasil perakitannya bisa melihat video yang admin sediakan dibawah ini. Dan juga subscribe agar kalian tidak ketinggalan info dari Sinau PC.

youtube image

Baca juga : 

Custom Computer Builder Near Me : Website Store

PCspecialist : Build Your Own Water Cooled PC

Selanjutnya juga ada PCspesialist water cooler custom pc build. Jadi disana kalian juga bisa merancang komponen custom water cooled pc sesuai keinginan. Mereka memiliki 5 jenis kit liquid series, yaitu : Entry kit, Mid kit, High kit, Extreme kit, dan juga Lian Li kit.

Entry kit : EKWB liquid cooled pc build

Di lini entry kit ini mereka menggunakan resorvoir pompa RGB EK-Classic dan juga CPU block Quantum velocity RGB. Lalu untuk radiatornya mereka memakaikan EK-Coolstream SE240. Kemudian ada pilihan opsional untuk menambahkan GPU block jika kalian membutuhkan. 

Mid kit : custom water cooled pc builder

Selanjutnya untuk mid kit dengan watercooler masih dari EKWB. Radiator yang dipakai lebih tebal, dan juga resorvoir yang mereka berikan lebih besar. Selain itu pompa yang mereka pakaikan juga lebih bertenaga dari lini sebelumnya.

High kit : custom liquid cooled gaming pc

Lalu untuk kelas high kit juga masih dari EKWB. Mereka menjadikan lini high kit ini untuk para gamer, sehingga bisa mendapatkan fps tinggi dengan suhu rendah. Selain itu mereka juga memberikan 2 buah radiator dalam satu pc.

Extreme Kit : pre built water cooled pc

Kemudian extreme kit adalah kelas tertinggi dari series kit mereka. Tidak hanya 1 radiator, 1 resorvoir, dan 1 pompa. Tapi mereka memberikan dua radiator besar yang dikombinasikan dengan dua pompa ganda yang cocok untuk multi GPU. Jadi seri ini benar-benar ditujukan bagi para gamer antusiast yang ingin merasakan pengalaman bermain game yang tinggi.

Baca juga :

Build Your Own Gaming PC Kit : NZXT BLD Kit

Corsair cooling configurator : RGB mid kit Corsair Hydro X

Kemudian ada lagi untuk kelas mid kit, seperti namanya mereka memberikan full kit water cooler dari Corsair. Yaitu CPU Block Corsair XC7 dan GPU Block XG7. Lalu untuk radiatornya memakai Corsair XR5 360mm serta pompa dan resorvoir Corsair XD5 Combo.

FAQ Custom Water Cooled PC Builder 

Is Water Cooling PC hard to build?

Bila kalian memakai AIO liquid cooler maka akan lebih mudah pemasangannya. Hanya tinggal memasang CPU block dan juga radiator diatas sistem atau di depan casing. Namun untuk custom water cooled pc build sedikit lebih menantang bagi pemula. Selain meletakkan CPU block dan radiator, juga harus memasang pompa, resorvoir, serta water tube. Jadi mungkin kalian akan dibuat pusing bagaimana cara memasang komponen-komponennya.

How much does it cost to get your PC water cooled?

Harga liquid cooled gaming pc build ini cukup beragam. Jika kalian menginginkan AIO liquid cooler 240m rata-rata harganya lebih kurang Rp.1.500.000 atau USD.105. Sedangkan untuk AIO 360mm berkisar Rp.2 jutaan sampai Rp.4 jutaan, atau USD.140 - USD.281. Namun akan sedikit lebih mahal dari itu jika kalian ingin membangun custom loop water cooled untuk ukuran 240mm.

Can I convert my PC to water cooling?

Pertama cara termudah untuk mengaplikasikan water cooled pc adalah dengan membeli AIO liquid cooler. Cara memasangnya juga praktis, CPU block tinggal dipasang di bracket cooler CPU, setelah itu untuk radiator nya kalian pasangkan dibagian atas casing. Kedua adalah dengan membeli water cooler pc kit, mulai dari soft tubing, pompa, sampai resorvoir untuk membuat custom water cooler kalian sendiri.

Is custom water cooling good?

Liquid cooling dapat mendinginkan PC kalian lebih efisien daripada air cooling. Jadi water cooling pc terutama AIO bisa menjadi pilihan yang bagus untuk rig extreme overclocking kalian dengan tampilan yang cukup ringkas. Adapun custom loop water cooling juga bisa lebih mendinginkan  Ataupun juga sebagai penambang estetika dari tampilan PC kalian.

Jadi demikianlah pembahasan mengenai Custom Water Cooled PC Builder. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan solusi bagi teman-teman yang sedang ingin merakit pc atau ingin mencoba liquid cooler.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar