Cara Mengatasi Kursor Hilang di Laptop Asus, Acer, HP, dan Lenovo

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Laptop Asus, Acer, HP, dan Lenovo
Cara Mengatasi Kursor Hilang di Laptop Asus, Acer, HP, dan Lenovo

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Laptop Asus, Acer, HP, dan Lenovo. Kursor laptop hilang walaupun hanya masalah yang sepele namun akan cukup membingunkan bagi temen-temen yang belum tau cara mengatasinya.

Nah, jika disini temen-temen menemui masalah kursor hilang di laptop kalian. Pertama jangan panik, cara mengatasinya sebenarnya cukup mudah kalau hanya masalah driver atau sistem. Yang agak ribet nanti kalau yang rusak adalah Touchpad pada laptop kalian. Yang artinya solusinya adalah ganti sparepart.

Jadi di artikel kali ini Sinau PC akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi kursor hilang pada berbagai merk laptop. Namun sebelumnya kita ketahui dulu apa aja penyebab kursor laptop hilang.

 

Kenapa tiba tiba tanda panah di laptop hilang?

Biasanya kursor hilang di laptop terjadi karena ada crash atau kesalahan pada driver atau juga sistem yang sedang bermasalah. Berikut ini ada beberapa penyebab kursor laptop hilang :

  • Ada yang salah dengan Driver touchpad kalian
  • Mungkin kalian tak sengaja mengunci touchpad
  • Windows sedang tidak merespon atau ngehang
  • Mouse kalian tidak mendapatkan respon
  • Mouse kalian rusak
  • Touchpad laptop kalian rusak

 

Baca juga:

Laptop HP Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan

 

Nah jika ternyata touchpad kalian yang rusak maka cara mengatasi kursor hilang pada laptop kalian adalah harus gantiĀ  touchpad. Namun jika bukan sebab touchpad kalian yang rusak maka kalian bisa mencoba cara-cara dibawah yang terbukti work mengatasi kursor hilang di laptop.

 

Cara Memunculkan Kursor pada Laptop

Cara Memunculkan Kursor pada Laptop
Cara Memunculkan Kursor pada Laptop

Karena ada beberapa penyebab kursor laptop hilang. Maka cara mengatasi kursor hilang tentu akan berbeda sesuai topik kasusnya. Namun secara umum cara mengatasinya seperti dibawah ini untuk semua merk laptop.

 

Cara mengatasi kursor hilang: Restart laptop kalian

Cara Memunculkan Kursor pada Laptop
Restart Laptop

Restart adalah salah satu cara memperbaiki kursor hilang yang disebabkan berbagai error baik di laptop maupun komputer paling mudah dilakukan. Jika ada kesalahan pada sistem, seperti laptop tiba-tiba ngehang dan tidak merespon.

Cara merestartnya gimana? Kan kursor laptop hilang dan gak jalan?

  1. Caranya adalah dengan menekan tombol Alt + F4 bersamaan
  2. Atau dengan menekan tombol power terus sampai laptop mati

 

Cara mengatasi kursor hilang: Mengaktifkan touchpad

Cara Memunculkan Kursor pada Laptop
Mengaktifkan Touchpad

Mungkin kalian tidak sengaja memencet kombinasi tombol tertentu yang mengakibatkan touchpad terkunci atau nonaktif yang membuat kursor hilang di laptop. Fitur ini kebanyakan ada pada laptop keluaran baru.

Cara memunculkan kursor yang hilang kalau kalian menemui kasus seperti ini sebagai berikut.

  1. Cek gambar pada keyboard F1-F12 pada laptop kalian
  2. Kemudian tekan tombolnya sambil menekan tombol Fn

Kombinasi dari kedua tombol tadi bisa membuat kursor hilang di laptop kalian yang nonaktif menjadi aktif kembali. Kalau kalian pusing bisa lihat tabel dibawah ini, namun terkadang merk laptop yang sama juga berbeda.

Kasus Kombinasi Tombol
Kursor laptop Asus hilang Fn + F9/F6
Kursor laptop Lenovo hilang Fn + F6
Kursor laptop HP hilang Fn + F7
Kursor laptop Acer hilang Fn + F7

Cara mengatasi kursor hilang: Update driver touchpad

Cara Memunculkan Kursor pada Laptop
Update driver touchpad

Bisa saja penyebab kursor laptop hilang adalah driver touchpad kalian mengalami crash atau tidak cocok. Jadi cara mengatasi kursor hilang dari kasus ini adalah dengan mengupdate driver touchpad kalian.

Cara updatenya gimana? kursor laptop hilang kan gak bisa melakukan update?

Cara mengatasi kursor hilang dari kasus ini kalian bisa mengoperasikan laptop dengan keyboard laptop adalah :

  1. Siapakan jaringan Internet
  2. Silahkan buka menu Run dengan cara pencet tombol berlogo Windows + R pada keyboard bersamaan.
  3. Kemudian Ketikkan devmgmt.msc dan kemudian klik Enter
  4. Jika sudah terbuka Device Manager tekan tombol Tab pada keyboard
  5. Pilih Mice and orther pointing devices dengan menggunakan tombol anak panah atas/bawah untuk naik turun dan anak panah ke kanan
  6. Tekan Enter dan pada pilih compliant mouse
  7. Tekan tombol Tab sampai pilihan ke Update driver kemudian tekan Enter
  8. Tunggu update selesai dan windows akan restart
Seharusnya sih masalah kursor hilang di laptop udah teratasi. Kalaupun belum bisa bisa coba pilih uninstall driver dan install ulang driver.
Selain itu, cara mengatasi kursor hilang kalian juga bisa download sendiri drivernya lewat smarthone.

 

Kasus Update Driver
Kursor laptop Asus hilang https://www.asus.com/id/support/download-center/
Kursor laptop Lenovo hilang https://pcsupport.lenovo.com/no/id/
Kursor laptop HP hilang https://support.hp.com/id-en/drivers/laptops
Kursor laptop Acer hilang https://www.acer.com/ac/en/US/content/drivers

Cara mengatasi kursor hilang: Menggunakan Mouse

Cara Memunculkan Kursor pada Laptop
Menggunakan mouse

Jika ternyata memang ada masalah lain pada touchpad yang menyebabkan kursor hilang di laptop. Nah cara termudahnya adalah menggunakan mouse sebagai pengganti touchpad. Kalian bisa menggunakan mouse USB ataupun bluetooth karena umumnya sudah plug n play tanpa install driver.

Nah kalau kursor laptop hilang kalian awalnya dan sudah memakai Mouse coba copot dan pasang ulang mouse kalian atau coba melakukan restart. Atau bisa juga mouse kalian yang rusak.

 

Cara mengatasi kursor hilang: Ganti Touchpad

Cara Memunculkan Kursor pada Laptop
ganti touchpad laptop

Jika ternyata setelah di cek ke tukang service dan ternyata touchpad kalian yang rusak yang menyebabkan kursor laptop hilang. Maka kalian bisa menggantinya dengan touchpad yang baru. Atau bisa juga kabel elastis yang menghubungkan touchpad kalian yang sudah tidak berfungsi.

Harga touchpad ini pun juga beragam ya, untuk harga touchpad mungkin 100 ribuan lah. Nah kalau kabel elastis touchpadnya sekitar 30 ribuan. Kalau kalian bisa bongkar sendiri juga gapapa. Namun kalau kalian tidak ahli serahkan saja pada ahlinya. Dan masalah kursor hilang di laptop Lenovo, Asus, Acer, HP, dan lainnya akan mudah teratasi.

Cara-cara diatas untuk mengatasi kursor hilang di laptop tadi bisa kalian gunakan di berbagai merk laptop baik di Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Yang membedakan mungkin hanya letak dan tampilannya.

 

FAQ Kursor Laptop Hilang

Apa yang menyebabkan touchpad tidak berfungsi?

Touchpad ini memiliki fungsi sebagai alat navigasi atau kursor pada laptop. Jika kursor hilang di laptop, maka kemungkinan ada sistem yang crash pada software dan kemungkinan yang lain kabel elastis dan touchpad sudah rusak.

Bagaimana cara mengatasi kursor yang tidak bisa bergerak?

Cara
mengatasi kursor hilang dan tidak bergerak pada laptop adalah dengan restart laptop. Jika masih tidak bisa maka kalian harus mengaktifkan touchpad yang ternonaktif. Jika ada driver yang crash bisa segera di update. Jika tetap tidak bisa, maka kalian bisa memakai mouse atau mengganti touchpad.

Bagaimana cara mengaktifkan kursor pada laptop?

Cara mengaktifkan kursor yang hilang pada laptop adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Fn. Selain dari keyboard juga bisa lewat Windows – Control panel – Hardware and Devices – Touchpad – On/Off.

Nah demikian beberapa penyebab dan Cara Mengatasi Kursor Hilang di Laptop Asus, Acer, HP, dan Lenovo. Semoga bisa membantu temen-temen yang sedang kebingungan karena kursor laptop hilang asus dan merk lainnya.

Leave a Reply