Laptop HP Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Laptop HP Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup
Laptop HP Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Laptop HP Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup. Salah satu hal menyusahkan yang sering kali dialami para pengguna laptop adalah laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Gak hanya kalian aja, beberapa waktu yang lalu admin juga mengalami hal yang sama dan solusinya hanya satu tindakan saja.

Kejadian laptop tidak mau menyala lampu indikator hidup ini gak hanya terjadi di laptop jadul. Laptop baru kalian pun juga bisa terjadi hal yang sama. Inilah yang menyebabkan temen-temen sampai di artikel ini.

Nah, di artikel kali ini Sinau PC akan memberikan cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dengan baik dan benar. Jadi simak terus artikel ini kalau ingin laptop kalian normal kembali.

 

Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan laptop lampu nyala tapi layar mati. Cara mengatasinya pun akan berbeda tergantung apa penyebabnya. Berikut ini ada beberapa penyebab lampu power laptop nyala tapi layar mati.

  • Baterai kalian bermasalah atau sudah lemah mungkin
  • GPU laptop kalian tidak nampil
  • Layar laptop kalian yang rusak
  • Kecerahan layar laptop kalian terlalu rendah
  • Kabel fleksibel penghubung body laptop dan layar laptop minta diganti
  • Ram kalian sedang bermasalah atau bahkan rusak
  • Hardisk kalian mungkin rusak sehingga gak bisa masuk windows
  • Prosesor kalian rusak (Jarang terjadi)
  • Motherboard kalian sudah rusak

Nah itu tadi kira-kira beberapa penyebab laptop hanya lampu power yang nyala tapi layar mati atau laptop black screen. Jika dilihat permasalahannya kompleks banget ya. Dan memang kebanyakan permasalahan lampu power laptop tidak menyala ini ada pada hardware.

 

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup
Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Karena penyebab laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup tadi dan kasusnya sangat beragam. Maka mungkin disini akan Sinau PC bagi menjadi beberapa kategori ya.

 

Baca juga:

Cara Mengatasi Kursor Hilang pada berbagai merk laptop

 

Lampu power laptop tidak menyala

Kasus pertama ini yang paling sederhana ya, lampu power laptop tidak menyala sehingga layar juga ikutan tidak menyala. Kelihatannya memang sepele banget ya, tapi kadang bisa membuat kalian panik.

Kalau kalian sedang mengalami masalah lampu power laptop tidak menyala seperti ini, cara mengatasinya adalah:

  1. Charger dulu baterai laptop kalian sampai penuh dan coba nyalakan kembali laptop kalian
  2. Jika masih tidak nyala, copot baterai laptop kalian (jika bukan baterani tanam), lalu nyalakan laptop kalian sambil di charger
  3. Kalau lampu power bisa menyala berarti baterai kalian kemungkinan sudah rusak atau lemah dan perlu diganti

Namun bila di charge juga tidak bisa maka kemungkinan adaptor laptop kalian rusak sampai port DC in kalian juga rusak. Solusinnya tinggal dibawa saja ke tukang service

Lampu power laptop nyala tapi layar mati

Nah, buat kalian yang kasusnya laptop asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, atau laptop lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dan juga hal yang di merk-merk lainnya. Kalian bisa mempraktekkan beberapa cara dibawah ini.

mengatasi laptop lampu nyala tapi layar mati: Periksa baterai

mengatasi laptop lampu nyala tapi layar mati
Periksa baterai

Terkadang pada beberapa laptop, saat digunakan dan tiba-tiba baterai habis layar laptop akan mati. Namun lampu power masih hidup dan terkadang berwarna merah. Solusinya tinggal hubungkan saja ke charger dan masalah selesai

Hal ini juga bisa kalian terapkan jika laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dan kalian yakin baterai masih penuh. Pertama lepas dulu baterai kalian (kalau memakai baterai tanam) dan biarkan selama 10 menit kemudian pasang lagi atau sambil di charger. Namun kelihatannya cara ini tidak begitu mempan, jadi coba dulu aja.

mengatasi laptop lampu nyala tapi layar mati: Periksa layar laptop

mengatasi laptop lampu nyala tapi layar mati
Periksa layar laptop

Selain masalah pada baterai yang menyebakan laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Ada kondisi dimana layar kalian sebenarnya nyala tapi dengan kecerahan yang sangat rendah karena hanya mampu menampilkan sedikit cahaya.

  1. Pertama lepaskan berbagai aksesoris eksternal yang sedang menempel di laptop kalian
  2. Coba dengarkan apakah ada bunyi kipas menyala yang menandakan bahwa mesin bekerja
  3. Pindahkan laptop ke ruangan yang gelap untuk memastikan apakah layar kalian masih memantulkan cahaya walaupun sedikit.
  4. Jika masih muncul cahaya berarti mungkin layar laptop kalian harus di service atau diganti

Nah bila tidak mengeluarkan cahaya berarti layar kalian masih normal dan penyebab laptop hanya lampu power yang nyala bukan karena kerusakan layar. Berarti beberapa penyebab lagi yang mungkin terjadi ada pada komponen dalam laptop seperti ram, GPU, sampai motherboard

Pada beberapa laptop kadang ada fungsi on/off monitor. Jika penyebab laptop hanya lampu power yang nyala kalian karena ini. Kalian bisa menggunakan kombinasi keyboard Fn + F7

mengatasi laptop lampu nyala tapi layar mati: Gunakan layar eksternal

Nah cara ini masih ada sangkut pautnya dengan kerusakan layar tadi yang membuat laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Caranya coba sambungkan laptop kalian dengan monitor eksternal, bila monitor eksternal menampilkan gambar berarti layar laptop kalian rusak. Jika tidak menampilkan gambar maka hardware laptop kalian bermasalah.

 

Disclaimer: Beberapa cara dibawah ini jika kalian tidak yakin untuk membongkar laptop sendiri. Sebaiknya langsung dibawa ke tukang service saja.

mengatasi laptop lampu nyala tapi layar mati: Periksa Ram

mengatasi laptop lampu nyala tapi layar mati
Periksa ram

Hal yang sering terjadi pada laptop hanya lampu power yang nyala adalah adanya kesalahan pada sistem yang menyebabkan ram mengalami error. Selain itu juga ram yang rusak menjadi penyebab laptop lampu power hidup tapi layar mati. Dan ini yang pernah admin alami waktu itu.

  1. Pertama lepas casing bagian bawah laptop yang menutupi ram dan hardisk
  2. Kemudian lepas ram dan juga hardisk untuk meminimalisir bad sector
  3. Bersihkan bagian bawah ram dengan penghapus dan jangan lupa bersihkan slot ram
  4. Pasang kembali ram dan coba nyalakan
  5. Jika masih tidak menyala maka coba pindahkan ram ke slot ram yang kedua bila ada
  6. Bila tetap tidak bisa coba ganti dengan ram lain
  7. Jika bisa menyala maka ram laptop kalian sudah rusak

 

mengatasi laptop lampu nyala tapi layar mati: Periksa motherboard

mengatasi laptop lampu nyala tapi layar mati
Periksa Motherboard

Apabila sudah diganti ram namun tetap tidak bisa maka mungkin motherboard atau GPU kalian rusak yang menyebabkan laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Buat temen-temen yang gak bisa service sendiri sebaiknya menyerahkan pada ahlinya.

Nantinya mereka akan memeriksa tegangan pada motherboard. Baik tegangan pada prosesor, tegangan pada ram, dan juga tegangan pada chip GPU. Bila tidak bisa diperbaiki maka kalian harus melakukan penggantian sparepartnya.

FAQ  Laptop tidak bisa menyala

Kenapa laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup?

Laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup terjadi karena beberapa penyebab. Mulai dari baterai  yang habis atau rusak, layar laptop rusak, sampai kerusakan atau terjadi error pada hardware lain seperti Ram, GPU, dan motherboard.

Apa yang harus dilakukan ketika laptop tidak mau menyala?

Bila kalian mengalami laptop tidak mau menyala lampu indikator hidup. Pertama jangan panik, kemudian coba lepas baterai atau charger laptop kalian. Perhatikan apakah layar laptop masih mengeluarkan cahaya atau tidak. Jika tidak coba periksa hardware laptop seperi Ram, hardisk, GPU, sampai motheboard yang terindikasi mengalami kerusakan

Kenapa laptop lampu nyala tapi layar mati?

Ada banyak penyebab lampu power laptop nyala tapi layar mati. Mulai baterai laptop yang habis dan juga yang sering terjadi ram mengalami kerusakan. Coba bersihkan ram atau ganti dengan ram yang baru.

Kenapa laptop menyala tapi layar hitam?

Lampu power laptop nyala tapi layar hitam terjadi karena ada masalah koneksi dengan layar laptop atau driver. Selain itu kerusakan sistem seperti OS sampai kerusakan hardware bisa mempengaruhi laptop tidak bisa menyala.

Nah, demikian tadi pembahasan mengenai Laptop HP Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup. Cara ini bisa kalian terapkan pada laptop merk lain seperti laptop asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Laptop lenovo tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, laptop dell tidak mau menyala dan lain sebagainya

Leave a Reply