Cara Memperbaiki Layar Macbook Bergaris dan Penyebab LCD Macbook Bergaris

Cara Memperbaiki Layar Macbook Bergaris dan Penyebab LCD Macbook Bergaris
Cara Memperbaiki Layar Macbook Bergaris dan Penyebab LCD Macbook Bergaris

Cara Memperbaiki Layar Macbook Bergaris. Semahal apapun Macbook kalian, namanya perangkat elektronik pasti rentan mengalami kerusakan terlebih jika salah penggunaan. Salah satu bagian Macbook yang seringkali mengalami kerusakan adalah LCD Macbook.

 

Salah satu yang sering dikeluhkan pengguna Macbook adalah layar Macbook bergaris. Bukan hanya pengguna Macbook saja yang mengalaminya. Namun semua tipe laptop bisa saja mengalami LCD layar bergaris.

Oleh karena itu pada artikel kali ini Sinau PC mau membahas penyebab lcd Macbook bergaris dan juga cara memperbaiki layar Macbook bergaris.

 

Ciri-ciri LCD Macbook rusak

Sebelum kita mulai membahas mengenai masalah layar Macbook bergaris. Sebagai pembukanya kita cari tahu dulu masalah apa saja juga yang sering timbul akibat LCD Macbook rusak.

 Baca juga :

Cara Memperbaiki Notebook yang Lemot

 

LCD pada Macbook dan umumnya pada perangkat lain seperti laptop, monitor, dan Smartphone berfungsi sebagai tampilan output. Banyak orang yang cukup takut bila layar Macbook bergaris karena berurusan dengan LCD Macbook yang harganya cukup mahal.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri layar Macbook rusak : 

 

Layar Macbook Bergaris

Layar Macbook Bergaris
Layar Macbook Bergaris

Seperti yang Sinau PC sebutkan tadi kalau layar LCD Macbook bergaris merupakan salah satu tanda kerusakan LCD Macbook paling sering. Pada saat kalian menyalakan Macbook kalian akan muncul garis melintang baik vertical maupun horizontal yang kita disebut juga Layar MacBook glitch.

Awalnya mungkin masalah layar Macbook bergaris ini hanya garis tipis saja. Namun bila dibiarkan , layar Macbook yang bergaris tadi akan bertambah tebal dan bahkan tambah banyak yang sifatnya permanen.

 

Layar Macbook Berbintik Putih (Goomy)

Layar Macbook Goomy
Layar Macbook Goomy

Selain LCD Macbook bergaris, masalah lain yang menandakan bahwa LCD Macbook rusak adalah terdapat bintik putih di layar Macbook atau Goomy. Bercak putih tadi lebih terang daripada LCD disekitarnya, jadi sangat mudah nampak oleh mata.

Walaupun layar Macbook Goomy ini tidak terlihat mengganggu pandangan seperti pada kasus layar Macbook bergaris. Tetap saja lama-lama bercak putih tadi yang tadinya hanya satu bercak saja bisa menjadi banyak yang akhirnya bisa membuat pixel dari LCD mati

 Baca juga :

Cara Mengurangi Kecerahan di Laptop

Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan

 

Layar Macbook Bergoyang (Flickr)

layar macbook flicker
layar macbook flicker

Ada yang mengatakan bahwa layar Macbook Flicker ini karena terlalu banyak buka tutup layar Macbook. Pengertian layar Macbook flicker ini bisa mirip dengan layar Macbook bergaris tadi, yaitu LCD Macbook mengeluarkan banyak sekali garis-garis.

Selain layar Macbook bergaris, layar Macbook flicker juga terjadi saat LCD Macbook menampilkan tampilan yang abstrak dan juga bergetar karena pemasangan layar yang kurang tepat.

 

Layar Macbook Artefak

Layar Macbook Artefak
Layar Macbook Artefak

Masih juga mirip dengan kasus layar Macbook bergaris yaitu layar LCD artefak. Namun selain melibatkan kerusakan pada LCD biasanya juga faktor VGA atau GPU Macbook kalian yang overheating.

Tanda-tanda layar Macbook artefak ini muncul garis-garis arsiran yang memenuhi layar Macbook. Sehingga sangat mirip sekali dengan kasus layar Macbook bergaris tadi.

 

Layar Macbook Ghosting

Layar Macbook Ghosting
Layar Macbook Ghosting

Selain layar Macbook bergaris, kasus lain yang juga mengganggu adalah Layar macbook ghosting. Disebut layar ghosting karena layar Macbook masih menampilkan bayangan tampilan layar aplikasi sebelumnya yang kalian buka.

 Baca juga :

Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

 

Layar Macbook Blank

Layar Macbook Blank
Layar Macbook Blank

Kerusakan layar Macbook blank ini sudah tahap tinggi. Karena LCD Macbook sudah tidak menampilkan apapun dilayar. 

 

Penyebab LCD Macbook Bergaris

Nah, kasus LCD Macbook bergaris bisa kita selesaikan. Namun terlebih dahulu kita harus tahu apa penyebab layar Macbook bergaris.

Penyebab lcd macbook air bergaris setelah panas

Bila pada Macbook kalian mulai bergaris setelah panas, maka penyebabnya ada pada mesin Macbook kalian dan kemungkinan bukan pada LCDnya. Layar Macbook bergaris setelah panas timbul dari Logicboard atau motherboard Macbook kalian.

Saat logicboard kepanasan bisa mempengaruhi komponen lainnya, semisal GPU/VGA yang berhubungan dengan layar Macbook artefak tadi. Selain itu juga bisa mempengaruhi port penghubung ke LCD yang menjadi sebab layar Macbook bergaris

 Baca juga :

Cara Mengatasi Kursor Hilang

 

Layar macbook bergaris karena VGA onboard

Penyebab kedua layar macbook bergaris masih ada sangkut pautnya dengan penyebab pertama tadi. VGA/GPU ini berperan penting banget dalam hal proses output tampilan. VGA onboard pada Macbook yang rusak bisa mengakibatkan layar Macbook bergaris dan masalah lainnya.

Logicboard atau Mainboard Macbook yang kepanasan tadi juga bisa turut menularkan kerusakan pada VGA onboard. Untuk kasus VGA onboard yang rusak ini biasanya cukup susah diperbaiki dalam kasus layar Macbook bergaris ini.

LCD Macbook rusak

Penyebab ketiga dari layar macbook bergaris adalah memang dari LCD Macbook sendiri yang memang sudah rusak. Sudah tidak ada obat lagi jalan keluarnya adalah langsung ganti dan beli LCD baru.

Baca juga :

cara memperbaiki mousepad tidak berfungsi

 

Cara menghilangkan garis di layar Mac Book

Cara menghilangkan garis di layar Mac Book
Cara menghilangkan garis di layar Mac Book

Setelah temen-temen tahu tanda-tanda LCD Macbook yang rusak sampai penyebab layar macbook bergaris. Harusnya kalian sudah punya gambaran bagaimana penyelesaian dari kasus LCD macbook bergaris.

Pertama yang kalian lakukan adalah melakukan pengecekan kondisi Macbook kalian. Mulai dari suhu Macbook, mainboard sampai LCD macbook untuk mengetahui apa penyebab layar macbook bergaris. 

Namun kalau kalian tidak bisa lebih baik serahkan pada tukang service aja.

 Baca juga :

cara memperbaiki chipset motherboard yang rusak

 

Cara cek LCD MacBook pro

Ada beberapa cara dalam mengecek LCD Macbook apakah bermasalah atau tidak dari tampilan luarnya.

  1. Perhatikan apakah ada garis-garis atau goresan pada layar
  2. Coba perhatikan juga apakah ada white spot, dead pixel yang menyebabkan LCD akan rusak nantinya
  3. Cek juga ciri-ciri LCD Macbook yang rusak lainnya yang tadi Sinau PC tulis diatas.

 

Cara mengatasi layar macbook bergaris tidak melulu langsung ganti LCD. Kalian taukan kalau ganti LCD Macbook itu mahal. Setelah pengecekan pasti akan ketahuan mana penyebab layar macbook kalian bergaris.

 

  • Apabila layar Macbook bergaris setelah panas maka coba bersihkan Macbook kalian dan lakukan pengecekan mainboard. Setelah mainboard kalian diperbaiki atau mungkin juga diganti, semoga saja masalah ini sudah teratasi.
  • Jika layar Macbook bergaris sebab GPU/VGA onboard yang bermasalah, maka solusinya ada mengganti chipset VGA onboard dengan yang baru. Dan untuk menggantinya kalian tidak bisa lakukan sendiri, harus yang memang ahli.
  • Poin terakhir kalau memang masalah layar Macbook bergaris ada pada LCD, maka tidak ada yang bisa kalian lakukan kecuali ganti LCD Macbook kalian.

 Baca juga :

cara memperbaiki wifi windows 7

 

Cara Ganti LCD MacBook Pro 2012

Sebelumnya Disclaimer dulu, kalau kalian tidak yakin melakukan penggantian LCD Macbook sendiri lebih baik langsung bawa ke yang ahlinya saja.

Berikut cara mengganti LCD layar Macbook bergaris :

  1. Buka semua skrup bodi penutup bagian bawah macbook kalian. Simpan skrupnya agar nanti lebih mudah saat memasannya kembali
  2. Kedua lepas dahulu socket baterai atau konektor baterai macbook kalian. Lakukan dengan hati-hati tentu saja.
  3. Kemudian lepas juga socket LCD, socket kamera dan juga antena wifi. Perhatikan agar skrup inverter LCD macbook tidak tertukar yang bisa berakibat crack pada PCB
  4. Setelah itu lepas pelindung engsel layar sebelah kanan dan kiri, hati-hati juga dalam membuka engsel layar Macbook ini
  5. Setelah itu lepas LCD lama, dan pasangkan dengan LCD baru
  6. Sebelum engsel di baut secara keseluruhan, pastikan posisi LCD sudah presisi dengan topcase macbook
  7. Kemudian pasang kembali socket-socket yang tadi dilepas ke posisi semula
  8. Dan terakhir pasang kembali bodi penutup macbook kalian

 Baca juga : cara memperbaiki charger asus

 

Untuk video cara mengganti LCD Macbook berikut ini :

Demikian sedikit tutorial informasi mengenai Cara Memperbaiki Layar Macbook Bergaris dan Penyebab Layar Macbook Bergaris. Semoga bisa membantu kalian yang Macbook kesayangannya sedang mengalami masalah yang sama.

Leave a Reply