9 Cara Memperbaiki Notebook yang Lemot Agar Lebih Cepat

9 Cara Memperbaiki Notebook yang Lemot Agar Lebih Cepat
9 Cara Memperbaiki Notebook yang Lemot Agar Lebih Cepat

9 Cara Memperbaiki Notebook yang Lemot Agar Lebih Cepat. Bagi kalian yang memiliki mobilitas yang tinggi laptop atau notebook menjadi hal yang wajib kalian punya. Dan bagi sebagian orang pula ada yang lebih memilih notebook daripada laptop.

Alasannya karena notebook itu lebih minimalis, ukurannya lebih kecil dari laptop dan tentu saja lebih ringan dari laptop. Namun ada satu kendala yaitu spesifikasi dari notebook juga ikut lebih kecil dari laptop. Sehingga tak jarang ada yang mengeluh karena Notebook yang lemot termasuk kalian nih.

Oleh karena itu disini Sinau PC akan memberikan tips cara memperbaiki notebook yang lemot dan juga beberapa masalah lain seperti cara memperbaiki notebook mati total. 

Bagaimana cara mengatasi notebook lemot?

Ada banyak cara agar Notebook tidak lemot. Cara-cara berikut ini bisa kalian gunakan untuk membantu kinerja dari Notebook yang lemot agar bisa lebih cepat.

 

Baca juga : 

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Laptop

 

1. Cara memperbaiki notebook asus yang lemot : Ganti OS (Operasi Sistem)

Cara memperbaiki notebook asus yang lemot
Pindah OS

Spesifikasi dari Notebook tergolong mungil. Tak jarang Notebook ada yang menggunakan Prosesor Intel Atom yang punya spesifikasi yang sangat minim. Pemilihan OS yang tidak tepat bisa membuat Notebook lemot.

Prosesor sekelas Intel Atom memang tidak didesain untuk pekerjaan berat dan hanya untuk pekerjaan ringan. Kalau kalian memaksakan untuk multitasking dengan Notebook pasti akan membuat Notebook lemot.

Kemudian untuk RAM yang diberikan hanya sekitar 2GB saja. Sehingga menginstall OS yang ringan bisa membantu Notebook yang lemot menjadi lebih cepat dan nyaman digunakan.

Dengan spesifikasi seperti seperti ini kalau kalian menginstall Windows 10 pasti membuat Notebook lemot. Paling tidak coba kalian gunakan Windows 7 ataupun Windows XP sampai juga Linux yang lebih ringan agar Notebook tidak lemot.

Namun saat ini kalian bisa banget menggunakan Chrome OS yang dipakai oleh Chromebook. Sistem operasi buatan Google ini sangat ringan banget. Coba dulu deh kalau kalian tidak percaya kalau Chrome OS ini bisa membuat Notebook tidak lemot. Bahkan proses Booting bisa berjalan dengan cepat.

Chrome OS memang lebih ringan daripada sistem operasi Windows, karena Google merancangnya memang untuk spesifikasi rendah seperti Intel Celeron dan Intel Atom. OS ini sangat recomended banget agar Notebook kalian tidak lemot dan lebih cepat.

 

Baca juga :

Cara Mengurangi Kecerahan di Laptop

 

2. Mengatasi Notebook Lemot : Ganti Hardisk ke SSD

 

Mengatasi Notebook Lemot
Ganti SSD

Apapun jenis komputer yang kalian pakai mulai dari PC sampai Notebook, SSD ampuh banget untuk mengatasi Notebook yang lemot. SSD ini bisa membantu proses booting dan juga saat membuka aplikasi agar lebih cepat.

Sekarang ini SSD sudah tidak terlalu mahal kok. Cukup hanya dengan dana sekitar 300 ribuan untuk kapasitas 120GB kalian sudah bisa merasakan kecepatan dari SSD. Sehingga Notebook yang lemot tadi bisa lebih kencang.

 

3. Memperbaiki Notebook Lemot : Ganti kapasitas RAM

 

Memperbaiki Notebook Lemot
Ganti Kapasitas Ram

Menambah kapasitas Ram bisa membantu Notebook agar tidak Lemot. Umumnya Notebook hanya punya satu slot ram dengan kapasitas 1-2GB. Sehingga pilihannya hanya mengganti kapasitas ram lama kalian dengan yang baru.

Namun bila ram lama kalian sudah 2GB untuk mengganti ke 4GB agar notebook tidak lemot agak terkendala. Karena prosesor untuk Notebook biasanya hanya punya arsitektur 32 bit yang maksimal hanya bisa membaca 3 sekian GB saja.

 

Baca juga :

Laptop HP Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan

 

Bagaimana cara agar notebook tidak lemot?

Sebenarnya tiga tips diatas tadi sudah cukup ampuh mengatasi Notebook yang lemot. Namun bagi kalian mungkin agak repot karena harus melakukan upgrade ataupun penggantian lain. Dan tentunya juga cukup menguras kantong kalian.

Nah, jadi dibawah ini ada bebarapa cara mengatasi notebook yang lemot tanpa ribet dan gratis. Walaupun hasilnya tidak terlalu sebagus tiga cara tadi.

 

4. Cara agar notebook tidak lemot : Pilih aplikasi yang ringan

Cara agar notebook tidak lemot
Pilih aplikasi yang ringan

Karena Notebook punya spesifikasi minim sebenarnya juga tidak rekomen memasang banyak aplikasi terutama aplikasi berat karena bisa membuat Notebook lemot.

Layaknya laptop atau pc dengan spesifikasi rendah lainnya, kalian harus menyesuaikan aplikasi yang kalian pakai dengan spesifikasi notebook. Jangan menggunakan aplikasi terbaru karena biasanya akan berat dan membuat Notebook lemot.

Jadi gunakan versi lawas dari software yang kalian pakai agar notebook tidak lemot dan lebih ringan. Atau kalian bisa mencari alternatif lain dari software tersebut agar lebih ringan.

 

5. Tips agar notebook tidak lemot : Lakukan perawatan Notebook

Tips agar notebook tidak lemot
Perawatan notebook supaya tidak lemot

Jika kalian masih menggunakan Windows dan notebook menjadi lemot, coba lakukan perawatan dan pembersihan storage notebook kalian. Kalian bisa menghapus file-file yang sudah tidak digunakan, menghapus cache browser dan lain sebagainya.

 

Baca juga : Cara memperbaiki charger notebook asus

 

6. Cara mengatasi notebook lemot dengan pembersihan partisi

  1.  Pilih partisi yang ingin kalian lakukan pembersihan, misalnya : Partisi C
  2.  Lalu klik kanan pada partisi hardisk yang diinginkan lalu pilih Properties
  3.  Akan tampil totas kapasitas partisi hardisk kalian
  4.  Masih di tempat yang sama kemudian pilih Pembersihan Cakram
  5.  Tunggu sampai prosesnya selesai

7. Cara mengatasi notebook lemot dengan memeriksa error pada hardisk

  1.  Pilih partisi yang ingin kalian periksa, contoh : Partisi C
  2.  Klik kanan pada partisi hardisk tersebut lalu pilih Properties
  3.  Di tab bagian atas pilih tab tools/alat
  4.  Pada bagian Pemeriksaan galat pilih Periksa sekarang dan pilih open as administrator

 

8. Agar notebook tidak lemot : Lakukan Defrag Hardisk

 

Agar notebook tidak lemot
Defrgament hardisk agar notebook tidak lemot

Masih ada hubungannya dengan perawatan Notebook biar tidak lemot adalah melakukan defrag hardisk. Terutama lakukan defrag pada partisi C tempat Windows kalian terinstal.

Cara kerja defragment akan menata kembali data-data di hardisk sehingga akan lebih cepat diakses. Sehingga cara ini bisa membantu mengatasi Notebook yang lemot.

Cara mengatasi notebook lemot dengan defrag hardisk

  1.  Pertama pilih partisi yang ingin kalian defrag, misal : Partisi C
  2.  Kemudian klik kanan pada partisi hardisk yang diinginkan lalu pilih Properties
  3.  Selanjutnya pilih tab tools/alat di sebelah atas lalu pilih Defragment Now pada bagian Defragment
  4. Sistem akan mendeteksi mana saja yang akan di defrag dan kalian tinggal tunggu saja sampai prosesnya selesai

Baca juga : Cara memperbaiki notebook axioo pico mati total

 

9. Cara biar notebook tidak lemot : Matikan program yang tidak perlu saat Start up

 

Cara biar notebook tidak lemot
Mematikan aplikasi yang tidak perlu saat start up agar notebook tidak lemot

Saat kalian menyalakan notebook kalian dan pada saat masuk Windows. Disaat yang sama akan ada beberapa aplikasi atau program akan otomatis menyala yang menjadi penyebab notebook lemot. 

Jadi agar notebook tidak lemot kalian harus mematikan program yang otomatis terbuka saat proses start up tadi.

Cara mengatasi notebook lemot dengan proses start up

  1. Pertama tekan tombol Windows, kemudian cari msconfig. Atau bisa menekan tombol Windows + R dan ketikkan msconfig. Setelah itu klik Enter.
  2. Pilih tab Startup dan akan tampil apa saja aprogram yang berjalan otomatis di layar belakang saat Windows pertama kali dinyalakan.
  3. Uncheck atau hilangkan tanda cawang pada program yang menurut kalian tidak terlalu penting saat startup
  4.  Setelah itu klik Apply dan OK

Baca juga : Cara memperbaiki wifi notebook asus

 
Demikian beragam 9 Cara Memperbaiki Notebook yang Lemot Agar Lebih Cepat yang bisa kalian aplikasikan. Semoga beberapa cara memperbaiki notebook asus yang lemot  tadi bisa membantu agar notebook kalian tidak lemot, bisa lebih kencang, dan nyaman untuk kalian gunakan sehari-hari.

Leave a Reply