Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan

Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan
Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan

Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan. Kejadian ini sering kali menimpa para pengguna laptop maupun juga para pengguna PC. Masalah laptop black screen ini masih sama dengan kasus laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

Laptop yang black screen terjadi saat laptop sedang booting Windows namun yang tampil hanyalah black screen atau blank screen. Meskipun kipas, hardisk, dan lampu power indikator sudah menyala. Atau istilah lainnya disebut dengan BKSOD atau Black Screen of Death.

Kondisi laptop black screen atau laptop blank screen ini sering kali menimbulkan kepanikan. Padahal masih ada kok cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi laptop black screen.

Nah, oleh karenanya di artikel kali ini Sinau PC akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi laptop black screen di semua merk laptop

Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup
Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Yups, kejadian ini lah yang sering dikatakan para pengguna laptop. Pasti sedih dan panik banget campur kesal rasanya saat melihat laptop kalian black screen dan tidak tahu cara mengatasi laptop yg black screen.

Mengatasi black screen laptop itu sebenarnya mudah, namun juga menjadi susah buat kalian yang tidak tahu Apa yang harus dilakukan ketika laptop ngeblank?

 

Baca juga : cara mengatasi kursor hilang

 

Laptop Blank Hitam Hanya ada Kursor Saja

Umumnya ketika laptop black screen ini terjadi tidak ada tampilan pada layar, alias hanya layar hitam dan hanya ada kursor saja. Tampilan biasanya pada layar dekstop tidak muncul bahkan juga belum sempat ada tampilan booting windows.

Nah, untuk mengatasi laptop asus black screen kalian harus tahu dulu apa aja penyebab laptop blank screen.

Penyebab Laptop Black Screen

Sebenarnya ada banyak penyebab laptop black screen. Sehingga untuk bisa tahu cara mengatasi laptop lenovo black screen, harus tahu terlebih dahulu penyebabnya.

1. Ram bermasalah

Bila sebelumnya kalian pernah melepas ram, ada kalanya mungkin kalian tidak memasangnya dengan benar. Karena jika ada yang salah dengan hardware maka laptop bisa tidak mau booting atau juga mengalami laptop black screen.

Namun yang sering terjadi biasanya memang karena ram kalian sudah rusak. Sehingga perlu diganti dengan yang baru untuk mengatasi laptop hp black screen tadi.

2. BIOS bermasalah

Kejadian ini sebenarnya jarang mempengaruhi laptop black screen. Namun bisa saja kesalahan atau corrupt pada BIOS menjadikan laptop black screen.

BIOS sendiri dipakai untuk memulai sistem pada laptop kalian saat laptop kalian dinyalakan. Sehingga pengaturan BIOS yang salah bisa menjadikan sistem menjadi Corrupt dan membuat laptop black screen.

3. GPU/VGA bermasalah

Jika ada masalah pada display seperti laptop black screen ini, maka bisa jadi penyebabnya adalah sumber dari Display yaitu VGA atau GPU.

Seringkali driver VGA yang tidak sesuai mengakibatkan laptop black screen. Selain dari driver VGA, masalah lain seperti VGA yang pernah mengalami artefak adalah awal dari masalah laptop black screen ini.

4. Kabel layar bermasalah

Laptop black screen juga bisa terjadi karena kabel penghubung ke layar laptop sudah mengalami kerusakan. Seperti sudah putus atau pemasangan yang tidak tepat.

Masalah pada kabel layar ini pula yang membuat laptop black screen ataupun juga bisa terjadi layar blank putih. Itulah kenapa laptop tiba tiba blank putih?

 

Baca juga : cara mengurangi kecerahan layar laptop

 

5. Keruskan Software 

Selain itu corrupt pada software juga memengaruhi laptop black screen. Windows yang rusak atau corrupt, ataupun juga kesalahan aplikasi lainnya, maupun virus lah yang menjadi penyebab laptop black screen.

6. Hardware yang rusak

Berbagai kerusakan pada hardware laptop seperti layar laptop ataupun juga motherboard dan hardisk, juga turut menyumbang masalah laptop blank screen.

Bila berbagai penyebab tadi bukan menjadi penyebab laptop kalian menjadi blank screen. Bisa jadi juga layar kalian memang sudah rusak.

 

Cara Mengatasi Laptop Black Screen Tidak Mau Masuk Windows

 

Cara Mengatasi Laptop Black Screen Tidak Mau Masuk Windows
Cara Mengatasi Laptop Black Screen Tidak Mau Masuk Windows

Nah, setelah kalian tau apa saja penyebab laptop black screen paling tidak kalian sudah punya gambaran bagaimana cara mengatasi laptop yang black screen saat dinyalakan. Lakukan cara dibawah ini bila laptop kalian black screen tidak menampilkan brand laptop dan tidak mau masuk windows.

1.  Membersihkan ram

Penyebab yang sering membuat laptop blank screen adalah ram. Ram yang kotor ataupun juga rusak mengakibatkan sistem tidak bisa booting windows. Jika setelah dicek ram kalian rusak maka harus di ganti

Maka untuk mengatasi laptop hp black screen, pertama adalah melepas ram yang terpasang pada laptop kalian. Kemudian bersihkan kepingan ram sekaligus slot ramnya menggunakan kuas. Bersihkan juga ujung pin ram yang berwana kuning menggunakan penghapus lalu pasang kembali. 

Namun jika laptop masih blank screen, coba dengan ram lain. Bila setelah dicoba dengan ram lain bisa, maka ram kalian rusak maka harus di ganti.

 

Baca juga : Cara Memperbaiki Notebook yang Lemot

 

2. Mengecek layar laptop

Cara mengatasi laptop black screen adalah mengecek layar laptop apabila fan, hardisk, dan lampu power masih hidup. Coba sambungkan laptop kalian ke monitor eksternal dan coba nyalakan laptop kalian.

Jika monitor menampilkan gambar, berarti layar laptop kalian mengalami kerusakan. Jika tetap tidak muncul maka penyebab laptop blank screen adalah VGA kalian.

3. Mengganti layar laptop

Jika kedua cara diatas sudah dilakukan dan masih blank screen. Maka cara mengatasi laptop yang black screen saat dinyalakan adalah dengan mengganti layar laptop kalian.

Nah, kalau saat menyalakan laptop brand masih muncul namun tidak mau masuk windows. Pertama adalah mengecek ram seperti diatas tadi, selanjutnya info lengkap cara mengatasi laptop yg black screen nya sebegai berikut. 

4. Kembalikan BIOS ke default

Untuk mengatasi laptop black screen dengan mengembalikan BIOS ke default. Pertama adalah masuk ke BIOS saat laptop kalian start up atau menampilkan logo brand. Saat laptop start up cepat tekan F2, F12, ataupun delete tergantung merk laptop untuk masuk ke BIOS.

Jika telah masuk BIOS, masuk ke tab Exit dan pilih Load Setup Default. Setelah itu jangan lupa save BIOS dan exit. Jika masih blank screen, maka kalian bisa mengikuti cara mengatasi laptop black screen selanjutnya.

5. Uninstal driver VGA dan hapus aplikasi lewat Safe Mode

Biasanya setelah mengninstal software tertentu kadang disisipi virus atau lain sebagainya. Untuk mengatasi laptop black screen kalian bisa menghapusnya melalui safe mode. Untuk masuk safe mode saat laptop dalam keadaan Start up tadi pencet F8 berkali-kali lalu pilih save mode, setelah itu enter.

Jika kalian bisa masuk safe mode, uninstall software yang kalian rasa mencurigakan. Selain itu kalian juga bisa menguninstall driver VGA yang mungkin jadi penyebab laptop blank screen. Caranya masuk ke Device Manager, kemudian pilih Display Adapter. Nah pada driver VGA terinstal klik kanan dan pilih uninstall driver. Setelahnya keuar dari safe mode, apabila laptop sudah normal kalian bisa menginstall lagi driver VGA terbaru.

6. Cek hardisk dan Install ulang

Bila laptop masih black screen belum mau masuk windows, ada kemungkinan hardisk kalian rusak atau bad sector. Coba cek hardisk kalian ke laptop lain yang norma, jika sama masih black screen berarti hardisk kalian rusak. Selanjutnya coba ganti dengan hardisk baru dan kemudian kalian bisa menginstall windows lagi.

 

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup Windows 10

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup Windows 10
Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup Windows 10

Cara mengatasi laptop black screen di Windows 10 bisa dengan melalui Registry Editor. Cara ini bisa kalian lakukan jika black screen dalam kondisi sudah masuk Windows 10 dan hanya tampil kurosr saja. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pencet pada keyboard laptop tombol Ctrl + Alt + Delete, kemudian pilih Start Task Manager.
  2. Selanjutnya kalian Pilih File setelah itu klik pada bagian New Task. Nah, setelah keluar pop-up yang tulisannya Create New Task, lalu kalian ketik “regedit” tanpa tanda kutip kemudian klik OK.
  3. Selanjutnya kalian akan masuk ke Registry Editor. Cari dengan teliti folder yang bertuliskan HKEY_CURRENT_USER, lalu pilih folder Software, kemudian pilih Microsoft, dan selanjutnya pilih Windows.
  4. Setelah itu klik folder CurrentVersion, selanjutnya klik folder Explorer. Kemudian kalian cari file yang bernama ExplorerStartupTraceRecorder lalu hapus saja file tersebut.
  5. Terakhir tinggal restart laptop kalian.

Cara Mengatasi Laptop Asus Layar Hitam Saat Dinyalakan

Cara Mengatasi Laptop Asus Layar Hitam Saat Dinyalakan
Cara Mengatasi Laptop Asus Layar Hitam Saat Dinyalakan

Untuk mengatasi laptop asus black screen, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Berikut beberapa cara mengatasi laptop yang black screen saat dinyalakan :

1. Merestart Laptop

Cara mengatasi laptop black screen ini mungkin terlihat sepele. Namun jika masih dalam taraf blank screen ringan, merestart laptop bisa menjadi cara paling simple yan dapat dilakukan.

2. Mengatur Ulang Tampilan

Trik mengatasi laptop black screen lainnya adalah dengan mengatur ulang mode tampilan Windows. Caranya sangat mudah sekali, tinggal tekan tombol logo Windows + Ctrl + Shif + B secara bersamaan. Setelah itu langsung lepaskan, fungsinya menyegarkan tampilan layar laptop kembali. 

3. Update Driver VGA

Cara mengatasi laptop yg black screen selanjutnya adalah dengan mengupdate driver VGA. Masalah pada tampilan layar juga erat kaitannya dengan VGA dan juga driver VGA. Mengupdate driver bisa menjadi opsi penyelesaian masalah laptop blank screen.

Nah apabila cara-cara diatas tadi tetap tidak bisa membuat laptop menyala normal kembali. Ada baiknya kalian membawa laptop kalian ke tukang servis ataus servis center terdekat. Disana mereka akan mengecek apa yang membuat laptop black screen dan mengatasinya dengan mengganti sparepart mungkin.

Demikianlah berbagai Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan. Semoga bisa membantu kalian yang sedang mengalami hal yang sama dengan laptop kalian.

Leave a Reply