Skip to main content

Cara Merakit PC Gaming Sendiri sampai Bisa

Cara Merakit PC Gaming Sendiri sampai Bisa
Cara Merakit PC Gaming Sendiri sampai Bisa

Cara Merakit PC Gaming Sendiri sampai Bisa, Sekarang ini komputer bukan hanya dipakai untuk bekerja saja, tetapi biasa digunakan untuk bermain games. Apa lagi di zaman maju seperti sekarang ini di mana games membutuhkan PC yang berspesifikasi tinggi, tentu banyak antara kalian yang ingin membuat PC gaming sendiri.

PC gaming umumnya mempunyai resolusi yang semakin tinggi, kecepatan RAM, dan visual baik bila dibanding dengan PC biasa. Hal itu karena games PC memerlukan spesifikasi tinggi.

Jika kamu seorang gamer karena itu seharusnya harus dapat merakit PC gaming sendiri supaya bisa memperoleh komponen PC terbaik yang dapat diperoleh secara terpisah.

Nach, disini permasalahannya, di luaran sana ada banyak orang yang belum memahami betul cara merakit sendiri pc gaming dan tidak pahami komponen-komponennya hingga merakitnya dengan asal dengan keinginan dapat bermain games secara lancar.

Baca juga:

Cara Merakit Komputer untuk Pemula

Nach sebagai seorang pemula pasti kamu akan bertanya bagaimana sich langkah merakit komputer gaming sendiri yang benar. Agar tidak kebingungan ikuti beberapa langkahnya di bawah ini yok.

1. Memasangkan Processor

Saat sebelum memasangkan motherboard ke casing, kamu harus terlebih dahulu memasangkan processor dan RAM ke motherboard supaya lebih gampang saat dipasang ke casing. Berikut langkahnya:

  1. Untuk memasangkan prosesor ke motherboard kamu harus tentukan dahulu posisi pin 1 pada processor dan soket processor di motherboard. Biasanya, patokan untuk memasangkan processor berada di sudut yang diikuti dengan tanda titik atau lekukan ataupun segitiga.
  2. Angkat tuas pengunci soket ke atas agar terbuka.
  3. Beri Thermal Paste seperlunya pada lapisan atas processor.
  4. Samakan posisi kaki prosesor dengan lubang soket, jika sudah lalu tekan prosesor ke soket tapi jangan keras keras sampai prosesor masuk ke socketnya.
  5. Kunci kembali dengan tuas pengunci.
  6. Pasangkan kipas atau fan di atas processor lalu kencangkan.

2. Memasangkan RAM

Sesudah melalui bagian memasangkan processor, kamu dapat lanjut untuk memasangkan RAM atau Random Akses Memori di motherboard. Berikut langkahnya:

  1. Pertama kali buka tuas penguncinya, lalu samakan posisi lekukan pada modul memory dengan lekukan pada slots.
  2. Apabila sudah berasa cocok lalu pencet dan pasang lagi tuas pengunci RAM  sampai berbunyi klik.

3. Memasangkan Power Suplai

Apabila kamu beli power suplai sendiri, jadi kamu harus memasangkannya di casing terlebih dahulu saat sebelum motherboard. Cara ini mempermudah kamu saat memasangkan motherboard kelak. Berikut langkahnya:

  1. Tempatkan power suplai pada tempatnya yang berada di belakang casing, lalu mengencangkan status power suplai dengan skrup.
  2. Bereskan tiap kabel connector dari power suplai supaya gampang ditata.

4. Memasangkan Motherboard ke Casing

Cara ini cukup merepotkan untuk pemula, maka dari itu kamu harus memerhatikan buku panduan yang ada di pembelian motherboard supaya tidak salah saat memasangkan port. Nach berikut beberapa langkahnya:

  1. Pertama kali sambungkan kabel connector IDE primary dan secondary pada motherboard.
  2. Untuk motherboard non ATX, pasang kabel port seri dan pararel pada connector di motherboard.
  3. Di bagian belakang casing akan ada lubang untuk memasangkan port tambahan tipe non slots.
  4. Buka sekrup pengunci plat tertutup lubang port lalu masukan port connector yang ingin dipasang dan pasang sekrup kembali.
  5. Pasangkan kabel connector mouse dan keyboard pada motherboard.
  6. Supaya tombol power, reset, dan lampu indikator berfungsi maka kamu harus menghubungkan kabel connector yang ada di casing computer.

5. Memasangkan HDD atau SSD

  1. HDD dan SSD benar-benar berperanan penting untuk menaruh semua file yang kamu punyai. Untuk langkah penempatannya seperti berikut:
  2. Letakan HDD dan SSD pada lokasi yang sudah disiapkan di casing, lalu pasang skrup agar drive tidak terlepas.
  3. Sambungkan connector kabel IDE ke drive dan connector di motherboard (connector primer yang digunakan lebih dulu)
  4. Jika kabel IDE tersambung pada 2 (dua) drive, seting jumpernya yaitu drive pertama diatur sebagai master dan satunya kembali sebagai secondary drive.
  5. Untuk connector IDE sekunder pada motherboard bisa digunakan untuk menyambungkan dua drive tambahan.
  6. Triknya dengan menghubungkan kabel power dari catu daya pada masing-masing drive.

6. Memasangkan Card Adapter

Card adapter yang dimaksudkan di sini yaitu sound card, video card, modem, dan lain-lain. Untuk memasangkannya benar-benar gampang yakni:

Masukan Card Adapter pada slots yang ada di motherboard, lalu pencet sampai connector betul-betul masuk, selanjutnya berikan skrup sebagai penahan card.

7. Bereskan

Bila tiap komponen sudah dipasang, kamu dapat merapihkan banyak hal yang masih ada. Dimulai dari management kabel dan akesoris tambahan yang lain seperti fan dan lampu RGB. Yakinkan tiap socket dan kabel telah dipasang secara baik supaya aliran daya dari power suplai bisa mengalir ke semua elemen.

8. Menyalakan komputer

Sesudah merakit PC, kamu wajib melakukan pengecekan dan pengujian dengan program BIOS, triknya yakni:

  1. Hidupkan PC dan monitor, lihat monitor monitor dan dengar suara dari speaker.
  2. Jika menyala sempurna maka Bios akan automatis mendeteksi hardware apa yang telah terpasang pada computer.
  3. Lakukan beberapa setting untuk nilai dari kapasitas hardisk dan boot sequence. Ini mempunyai tujuan untuk memasangkan sistem operasi untuk pertama kalinya.
  4. Apabila sudah lalu simpan hasil setting dan keluar setting BIOS, kemudian PC akan me-restart dan melaksanakan pencarian boot sesuai setting boot sequence pada Bios.
  5. Masukan CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian lalu ikuti tiap cara supaya sistem operasi bisa dipasang secara baik.

Demikianlah cara merakit pc gaming sendiri sampai bisa. Semoga tutorial ini bermanaat buat kalian para gamer ataupun kalian yang baru pertama kali merakit pc.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar