Skip to main content

Tips-tips Merakit PC Hemat Listrik dan Lebih Hemat Daya

Tips-tips Merakit PC Hemat Listrik dan Lebih Hemat Daya
Tips-tips Merakit PC Hemat Listrik dan Lebih Hemat Daya

Tips-tips Merakit PC Hemat Listrik dan Lebih Hemat Daya. Tak dipungkiri bila komputer masih dianggap menjadi penyebab tagihan listrik yang membengkak. Semakin bertenaga komputer kita maka akan semakin menyedot penggunaan listrik.

Nach kita akan mengulas panduan rakit PC untuk menjawab kelemahan berkenaan komponen rakit komputer yang hemat listrik. Ada dua topik khusus yakni, panduan rakit dan panduan penggunaan supaya lebih irit listrik.

Cara Membuat PC Hemat Listrik

Di panduan rakit pc irit listrik ini kita akan menggunakan komponen-komponen pc irit listrik tentunya dan mencoba menghindari kerlap-kerlip dunia per RGB an.

1. Hindari Memakai Banyak Case Fan Apa lagi Fan RGB.

Panduan rakit PC supaya lebih irit listrik yang pertama ialah jauhi memakai banyak Casing Fan. Casing Fan yang 12 Volt dapat memakai 3 sampai 4 Watt per Fan. Bila kalian memasangkan sekitaran 6 Fan saja, kalian telah memakai 18-24 Watt cuma untuk Fan. Cukup besar kan ya?

Lalu, jauhi pemakaian Fan yang memiliki LED atau RGB. RGB akan menaikkan konsumsi listrik dari 0.5 Watt sampai 2 Watt per Fan.

Karena itu bila ikuti panduan no 1, kalian dapat lebih irit listrik 10 sampai 24 Watt.

2. Hindari Memakai Komponen dan Aksesori dengan RGB atau LED Lightning

Yang ke-2 agar lebih irit listrik ialah hindari komponen yang memiliki feature RGB, misalnya seperti Motherboard yang ada RGB Lightning seperti Gigabyte Aorus, Asus ROG atau Asrock Steel Legend atau RAM dan SSD yang memakai RGB. Memang RGB LED kemungkinan penggunaan dayanya gak menembus sampai 3 Watt ke atas. Misalnya, RGB Strips cuma memakai 0.5-2 Watt saja. Namun kan cukup lumayan untuk mengurangi konsumsi listrik.

Setelah itu, pakai lah aksesori tanpa LED. Misalnya Mouse/Keyboard yang tanpa LED/RGB. Banyak aksesori gaming yang tidak memakai RGB.Kemudian, pakai Mousepad kain dibanding Mousepad RGB dan Speaker serta Earphone biasa tanpa RGB. Atau kalau tetep kekeh ingin ada RGB bisa dimatikan bila idle bila tidak sedang dipakai.

Jadi , kita bisa lebih irit listrik meskipun cuma 0.5 Watt telah terhitung sebagai Go Green loh.

Baca juga:

3. Pakai Case yang Airflownya Bagus. Bila Ada RGB, Sebaiknya Jangan Dipasang

Pakai PC Case yang memiliki Airflow yang baik agar lebih irit listrik. Misalnya memang masih tetap ingin memasangkan Fan, maka cari Case yang tidak memiliki banyak lika-liku didalamnya.Kemudian, cari komposisi Case Fan yang bagus dan cocok untuk komponen mu.

Misalnya di Case PC murah seperti Cube Gaming Lich, yang Mid-range seperti Prime N - [K] atau yang mahal seperti Coolermaster H500M. Bila Case-case itu ada RGBnya, sebaiknya tak perlu terpasang ke PSU atau Motherboard mu.

4. Upayakan Pakai CPU Optimal 65Watt TDP, dan GPU Tanpa Memakai Power Pin

CPU dengan 65 Watt TDP umumnya dapat memberikan  kinerja yang cukup buat gaming dan produktif serta penggunaan daya yang lebih irit listrik. Umumnya pada TDP 65 Watt ada yang 4 Core sampai 8 Core dan kisaran kecepatan dari 3.3 sampai 4.0 Ghz. 

Lalu, pakai GPU tanpa Power Pin. Misalnya seperti GTX 1650 karena GPU yang "cukup" performanya walau tanpa Pin dan cuma memakai 75 Watt saja. Serta GPU ini dapat dipakai untuk bermain beberapa games High 1080p dengan "sasaran" 60 FPS.

Bisa jadi pilih juga CPU entry level  seperti Athlon 3000G atau GT 1030. Tetapi komponen entry level cuma untuk tugas enteng. Untuk Produktif sedang apa lagi gaming, minimum ialah 65 Watt. Hanya ya komponen entry level lebih irit listrik.

5. Upayakan Memakai Heatsink Air Cooling yang TDPnya Di atas 150Watt (untuk CPU 65watt) untuk Menghindari Penggunaan Tambahan Fan

Heatsink Air Cooler yang besar seperti Noctua ND-D15 atau Be Quite Dark Rock Pro 4 dapat mendinginkan CPU kalian yang TDPnya cuma 65 Watt tak perlu memakai kipas bawaannya sehingga lebih irit listrik. Heatsink yang besar dapat menjinakan panas tanpa beban kerja Cooling yang berlebihan karena banyak "Surface Tempat" untuk membuang panas ke udara.

Cooling ini umumnya dipakai untuk prosesor dengan TDP tinggi misalnya 150 Watt ke atas. Tetapi karena CPU cuma 65 Watt optimal, karena itu secara nalar CPU dapat dingin tanpa pasang Fan tambahan. Kelemahan pada Heatsink Air Cooling ini ialah harga yang termasuk mahal.

6. Pakai SSD

Langkah agar lebih irit listrik selanjutnya adalah pakai Solid State Drive atau SSD untuk tempat penyimpanan mu yang dipakai tiap hari seperti OS dan program yang dipakai dengan aktif. SSD cuma mengkonsumsi listrik dari 0.05 Watt sampai 2 Watt. Paling banyak SSD cuma memakai 4 Watt saja. Dan HDD atau Mechanical Hard Drive dapat menembus 10 Watt apa lagi yang RPMnya tinggi.

7. Pakai Power Suplai yang Berkualitas

Yang ketujuh pakai Power Suplai yang berkualitas supaya lebih irit listrik. Kalian harus pilih PSU berkualitas dari merek populer seperti Corsair, Seasonic dan lain-lain, karena merek populer memiliki build quality terbaik.

Lalu tentukan yang memiliki sertifikat 80+ Effeciency. PSU itu menarik listrik "tambahan" dibandingkan yang dipakai PC. Karena itu bila effeciencynya tinggi misalnya 80+ Gold sampai Titanium, maka semakin sedikit listrik "tambahan" yang diambil dari colokan. Untuk kasus untuk 80+ Titanium bahkan juga dapat mencapai effeciency 94%.

Lalu paling akhir ialah samakan kemampuan PSU mu dengan keperluan PC mu. Bila PC mu cuma 250 Watt, gunakanlah PSU memiliki 400Watt. Karena apabila misalnya 1000 Watt PSU untuk 250 Watt PC,  PSU akan kehilangan efektivitasnya pada penggunaan di bawah 10% load.

Baca juga:

Cara Mengurangi Konsumsi Daya PC agar Lebih Hemat Listrik

1. Seting Power Seting ke Balanced, Bila Idle Memakai Power Safer

Panduan penggunaan supaya PC lebih irit listrik yang pertama ialah Seting "Power Setting" ke "Balanced" dan "Power Safer" ke "Idle". Langkahnya tinggal mencari "Choose Power planning" di Start Menu. Untuk laptop click kanan pada "Battery", lalu pilih "Balanced" atau "Power Safer".

CPU dengan seting "High Perfomance" umumnya akan menaikkan kecepatan sampai ke "Boost Clock" setiap waktu. Dengan "Balanced", CPU setiap waktu bisa turun ke "Base Speed" dan "Boost Clock" kembali bila perlu. "Power Safer" biasanya CPU akan menurunkan "Clock Speed" sampai terendah. Benar-benar menolong membantu konsumsi listrik bila PC tidak dipakai.

2. Seting Power Manajemen Model ke Maksimal Power (Nvidia Kontrol Panel), Hidupkan Power Saving Bila Perlu (AMD Catalyst Kontrol Panel)

Seperti pada judul, tujuannya ialah membuat GPU kalian tak perlu "Boosting Clock" speednya setiap waktu . Jadi bila tidak dipakai, maka turunkan ke "Clock Speed" paling rendah supaya lebih irit listrik.

Untuk Nvidia kalian hanya click kanan di dekstop -> "Nvidia Control Panel" -> Cari "Power Management Mode" -> Pilih "Optimal Power". (Secara standar, telah "Optimal Power").

Untuk AMD kalian buka "AMD Catalyst Kontrol Panel" lalu pilih "Power", dan tentukan "Power Safe Mode". (Perhatian: Jarang-jarang settingan ini untuk pemakai PC, AMD sudah mesetting "Power Pilihan"nya ke "Maksimal").

3. Undervolting CPU,GPU dan RAM untuk PC yang Mid-High End

Di sini maskudnya turunkan Voltase dari CPU, GPU dan RAM kalian agar bisa rakit pc irit daya. Rata-rata komponen High-end telah memiliki kinerja yang baik dengan Voltase yang standard, karena itu turunin Voltasenya untuk membatasi kinerja dan konsumsi listrik si komponen.

Kalian dapat memakai software Overclock dari manufacturing misalnya EVGA Precision XOC untuk pemakai Graphics Card EVGA atau memakai MSI Afterburner untuk GPU.Lalu CPU seperti Ryzen Master untuk pemakai Ryzen CPU.

Kalian bisa juga memakai OC Advance di Bios untuk undervolting CPU dan RAM.

4. Pakai Fan Curved atau Hidupkan Silent Model pada GPU/CPU Cooler.

Kalian dapat memakai Fan Curved atau Fan model di Bios supaya pc irit listrik. Umumnya ada 4 model yakni "Silent", "Normal", "Perfomance" dan "Full". Pilih "Silent" untuk melambatkan Fan supaya konsumsi listrik kecil.

Bila software support, kalian dapat mematikan Fan GPU dan CPU.

Paling akhir ialah matikan LED RGB untuk GPU dan Fan yang memiliki feature LED RGB.

5. Bila Gaming, Turunin Setting Ke Medium, Resolusi minimum 720p dan Jika Perlu 30FPS

Ini kemungkinan tidak mengenakan, tetapi turunkan settingan ke "lumayan" seperti Medium Setting, atau 720p meringakan beban kerja CPU/GPU dan akhirnya pc lebih irit listrik.

Apa lagi bila kalian mengamankan FPS games ke "playable" 30 FPS. GPU lebih enteng kerjanya dan konsumsi listrik bisa lebih hemat.

6. Hindari Pakai Refresh Rate tinggi (+60FPS) dan Matikan HDR

Tips supaya pc irit listrik selanjutnya. Kalian dapat turunkan Refresh Rate kalian di "Display Seting" -> lalu click "Advanced Desplay Setting" -> lalu click "Display Adapter Properties for Display" # dan pilih "Tab Monitor".Kemudian di "Screen Refresh Rate" pilih ke 60 FPS.

7. Turunkan Penggunaan USB, Pakai Aksesori dan Tambahan Penyimpanan (HDD Ext atau Flashdisk) sekedarnya

Ya telah disinggung di tips pc irit listrik diatas. Pakai aksesori tanpa LED Lightning. Misalnya, Keyboard dan Mouse tanpa LED lalu Mousepad kain biasa. Kalian telah kurangi konsumsi listrik. Lantas, pakai Eksternal Storage sekedarnya bila memang digunakan. Jika tidak dipakai, langsung cabut dari USB.

FAQ PC Irit Listrik

Apakah PC banyak memakan listrik?

Apakah pc rakitan boros listrik ? Biasanya, sebuah komputer desktop menarik daya di antara 65 sampai 250W tetapi penggunaan daya akan lebih besar bila computer untuk gaming. Secara umum, computer yang dipakai untuk bermain games akan memerlukan daya sampai 600W atau bahkan juga lebih.

Apakah listrik 900 watt bisa buat komputer?

Daya listrik rumah 900va dapat disebut 900W, sebetulnya aman aman saja untuk pemakaian komputer (PC Desktop). Tetapi ada banyak hal yang penting diingat : Input dari PC Desktop bisa beda-beda, dimulai dari 380W sampai 900W, bergantung pada spek PC Desktop yang dipakai.

Apakah listrik 450 watt bisa pasang komputer?

Bisa, dengan persyaratan tidak memakai perangkat listrik yang lain memakai listrik besar.

Apakah RGB boros listrik?

Rupanya keyboard RGB hanya konsumsi 1.25Watt saja dan 0.2Watt jika kembali idle, jadi saya anggap tidak terlampau berpengaruh pada pemakaian listrik. Dan kalian tidak memerlukan power suplai dengan daya tinggi karena hanya memakai keyboard atau mouse gaming RGB

Berapa watt PC saya?

Buka Setting atau Pengaturan. Click tab My Power dan nanti pada Estimated power PC akan ada info komplet berkenaan jumlah watt daya listrik dari semua elemen yang dipakai.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips-tips Merakit PC Hemat Listrik dan Lebih Hemat Daya. Semoga dengan informasi ini bisa membantu teman-teman agar pc irit listrik sehingga tagihan tidak melonjak.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar