Bagian Bagian Laptop dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Bagian Bagian Laptop dan Fungsinya Beserta Gambarnya
Bagian Bagian Laptop dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Bagian Bagian Laptop

Bagian Bagian Laptop dan Fungsinya Beserta Gambarnya. Layaknya sebuah komputer dekstop, laptop juga masuk kedalam kategori komputer. Apabila kalian merupakan seorang yang memerlukan mobilitas tinggi maka laptop merupakan pilihan tepat bagi kalian dibandingan memiliki komputer dekstop

Menjadi perangkat electronic dengan fitur modern yang bisa memudahkan pemakainya, laptop dilengkapi dengan beragam komponen hardware dengan perannya masing-masing. Apabila komponen-komponen itu bekerja secara baik, maka kamu bisa mengerjakan pelbagai rutinitas kerja dengan menggunakan laptop, dimulai dari mengetik, mengedit video atau foto, atau sebatas melakukan searching sampai video konferensi.

Tetapi, tahukah kamu apa saja komponen hardware laptop yang perlu diketahui serta apa masing-masing kegunaannya. Simak dibawah ini tentang berbagai macam komponen hardware di laptop dan kegunaannya masing-masing.

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Sejatinya komponen laptop atau bagian bagian dari laptop itu tidak jauh berbeda dengan komponen komputer pada umumnya. Yang membedakan hanya masalah kompatibilitas serta ukurannya saja.

Bagian Bagian Luar Laptop

Casing

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Kita awali dari yang paling kelihatan dahulu saat memegang laptop. Seperti smartphone, laptop juga mempunyai casing yang disebut sebagai komponen hardware terluar pada laptop. Casing berperan untuk melindungi komponen sisi dalam laptop dari kotoran atau debu, cairan, sampai problem kelistrikan.

Casing memiliki fungsi untuk mengurangi benturan pada laptop sehingga komponen seperti motherboard dan processor yang rawan menjadi lebih aman. Yang jelas, casing merupakan wadah semua komponen hardware laptop dipasang sehingga laptop bisa bekerja sesuai dengan kegunaannya.

Seperti casing logam metal alumunium pada laptop Acer Swift 3ˣ dan Swift 3 Ryzen 5000 untuk memberikan body yang kokoh dan kuat bila terjadi benturan. Sementara itu misal pada Swift 5 Antimicrobial dilapisi material silver-Ion pada permukaan casing sebagai perlindungan anti-mikroba.

Monitor

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Monitor pada laptop mempunyai peranan penting untuk menampilkan visual yang dibutuhkan, terutamanya untuk beberapa pekerja kreatif ataupun konten kreator yang bergantung pada kualitas tampilan monitor untuk membuat karya dengan warna presisi. 

Bagian Bagian pada Layar Laptop

Sekarang banyak laptop sudah dilengkapi dengan tehnologi Colour Gamut pada LCD atau LED monitornya untuk menghasilkan rentang warna yang presisi dan bisa dilihat mata manusia. Colour Gamut sendiri yang umum dijumpai ialah sRGB (red, green, blue) pada diagram kromatik.

Sedangkan, ada pula laptop dengan tehnologi monitor Delta E yang sanggup memberi akurasi warna yang paling pas dengan yang dilihat manusia. Tehnologi ini memastikan reproduksi warna yang lebih kompleks dengan white balance yang akurat dan revisi gamma yang ditingkatkan, maka dari itu warna yang dihasilkan bisa mempunyai rona yang akurat. Untuk kepentingan konten creator profesional. Oleh karena it, tehnologi ini menjadi penting.

Paling terbaru ialah tehnologi HDR atau High Dynamic Range yang umumnya terdapat pada monitor gaming. Pada monitor HDR, rasio kontras dan warna ditingkatkan secara signifikan hingga bisa menghadirkan tampilan gambar dengan tingkat ketepatan warna yang pas dan alami. Dengan demikian, kamu bisa melihat tampilan warna yang lebih cerah, tetapi lembut di mata. Seri PC AIO Acer keluaran teranyar telah diberi tehnologi HDR sampai 4K UHD pada monitornya.

Keyboard

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Keyboard adalah komponen hardware laptop yang amat banyak disentuh. Keyboard bisa dipakai untuk mengetik dan bermain games. Kegunaan intinya ialah memberikan perintah atau data input berbentuk angka, huruf, dan simbol.

Maka dari itu, keyboard terbagi dalam rangkaian huruf, angka, dan beberapa tombol fungsional yang lain yang membantu kamu memberikan perintah ke processor laptop. Ditambah lagi, laptop saat ini telah ditopang tehnologi backlit keyboard untuk kenyamanan menulis pada tempat dengan pencahayaan kurang. Dan ada juga keyboard dengan tehnologi RGB (red, green, blue) yang umumnya dipakai gamer untuk meningkatkan pengalaman permainan. Bukan menambah FPS game ya …

Touchpad

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Komponen hardware yang lain yang banyak kamu sentuh pasti ialah TouchPad, Sama sesuai namanya, touchpad merupakan bantalan sentuh yang mempunyai peranan sama dengan mouse. Dengan touchpad, kamu bisa memberikan perintah atau input untuk menggerakkan pointer pada monitor LCD. Disamping sentuhan untuk gerakkan cursor, touchpad mempunyai dua tombol yang lain yang berperan untuk click kanan dan click kiri layaknya pada mouse.

Baterai

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Umumnya laptop keluaran terkini sekarang memang mempunyai baterai tanam atau baterai yang tidak bisa dilepaskan. Tetapi, laptop keluaran sampai tahun 2010-an keatas masih diberi dengan baterai yang bisa dicabut dan umumnya berada di sisi bawah laptop, dekat kipas pendingin. Kegunaan baterai yaitu sebagai catu daya yang menyuplai dan menyimpan daya untuk menjalankan laptop.

Tidak hanya itu, baterai pada laptop sekarang ini juga sanggup bertahan di atas 9 jam, bahkan juga sampai 18 jam yang sangat bermanfaat untuk pekerja mobile yang butuh mobilitas tinggi. Setelah tehnologi fast charging datang, pengecasan laptop cuman memerlukan waktu 30 menit untuk penggunaan optimal 4 jam.

Umumnya, baterai laptop bisa mensuplai daya mulai dengan 6-12 jam. Yang penting jadi perhatian disini adalah baterai laptop rawan rusak bila dipakai terus-terusan dan akan gampang panas.

Power Adapter

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Power adapter ini populer sebagai pengisi daya yang berperan sebagai pemasok daya listrik untuk mengisi daya baterai. Power adapter sanggup menyalurkan listrik dari terminal listrik ke baterai dan mengisi daya baterai pada laptop kamu supaya masih tetap menyala dengan seharusnya saat memakai laptop untuk keperluan berat yang membutuhkan banyak konsumsi daya.

Bagian Bagian dalam Laptop

Cooler

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Baterai laptop bisa menjadi panas bila laptop dipakai untuk waktu lama tanpa ada istirahat. Disamping itu, komponen hardware yang lain yang ada didalam keyboard gampang panas bila dipakai tanpa istirahat juga. Karenanya, laptop diberi kipas pada bagian dalam untuk membantu mendinginkan laptop. Kipas adalah fitur penting dalam mekanisme pendinginan laptop yang berfunsgi mengontrol keluar masuk udara dan panas laptop sehingga menjaga laptop terus dingin.

Sekarang ini, tehnologi kipas pendingin laptop juga sudah berkembang. Seperti Acer yang mempunyai tehnologi AeroBlade™ Generasi ke-5 untuk menyempurnakan tehnologi thermal Acer dengan design baru, sehingga memungkinkannya meningkatkan aliran udara dan meminimalisir turbulensi. Tehnologi ini bisa diketemukan di gaming laptop Acer dalam rangkaian seri Predator. Dengan noise reduction sampai -36% dengan kenaikan aliran udara sampai 45%, kamu bisa melakukan aktivitas secara nyaman dan fokus dengan pendinginan yang optimal.

Motherboard

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Saat ini, kita ulas komponen yang tidak kelihatan, yakni motherboard. Walau tidak kelihatan, motherboard adalah komponen penting tempat berbagai komponen hardware laptop yang lain dipasang. Bisa disebut, motherboard ini sebagai papan induk sebagai pusat pengontrol dan pengendali kerja semua komponen. Komponen yang dipasang pada motherboard diantaranya ialah HDD, RAM, dan VGA Card.

Processor

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Processor adalah otak dari sebuah laptop. Tanpa processor, selengkap apa saja komponen hardware-nya, laptop tidak bisa bekerja atau menjalankan sistemnya. Tiap data yang masuk akan diolah oleh processor dan keluar berbentuk grafis yang bisa disaksikan di layar monitor. Processor menyatukan semua komponen hardware agar bekerja sesuai dengan peranan masing-masing dan saling terhubung.

Disamping itu, processor berperan memberi performa terbaik untuk pemakai laptop. Makin bertambah core dalam processor, makin cepat processor dalam menjalankan pelbagai program dalam kurun waktu berbarengan. Terutamanya untuk beberapa gamer, processor penting untuk memperoleh gaming experience yang lebih bagus. Processor yang banyak dikenali dipasang pada laptop ialah Intel dan AMD.

RAM

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Hardware laptop setelah itu RAM (Random Access Memory) dan hard disk. Ke-2 nya berperan sebagai tempat untuk menyimpan data. Bedanya ialah pada saat penyimpanannya. RAM berperan sebagai penyimpan data sementara, dan hard disk berperan sebagai tempat untuk menyimpan data tetap.

RAM membuat proses membaca dan membuka data jadi lebih cepat. Misalkan saja, pertama kalinya buka program atau aplikasi di laptop, tentu waktu load atau waktu memuatnya semakin lebih lama bila dibanding dengan membuka lagi seterusnya. Ini karena RAM telah menyimpan data sementara hingga processor pun bisa mengakses data itu lebih cepat dan membuat program  bisa dibuka dengan lebih cepat.

Disamping itu, beberapa laptop juga upgradable untuk menambahkan kapasitas RAM, seperti laptop Acer Aspire 5 Slim yang mempunyai kapasitas 8GB bisa di-upgrade dengan 1 keping RAM 16GB di slots ke-2 yang ada.

SSD

Bagian Bagian Laptop Beserta Gambarnya

Pada laptop ada SSD yang menggantikan tehnologi harddisk dengan memanfaatkan chip flash memori yang memberi peningkatan kecepatan waktu penyimpanan. Disamping itu, tempat yang diperlukan pada laptop lebih kecil hingga memungkinkan laptop dibikin lebih tipis dan enteng. Sama pada laptop Acer Swift 3 Infinity 4 dengan SSD 512 GB PCIe Gen4, NVMe untuk memberi kecepatan membaca data yang bisa lebih cepat dan responsive.

GPU

GPU atau VGA Card berperan menerjemahkan data yang masuk ke processor jadi gambar di monitor laptop. GPU penting untuk kamu yang setiap hari berhubungan dengan kerja kreatif, seperti membuat desain grafis atau mengedit video.

Pemrosesan grafis yang tengah dilakukan oleh GPU membuat data yang telah di input bisa beralih menjadi gambar berkualitas tinggi. Sekarang, bukan hanya penting untuk pekerja kreatif, tapi juga gamers yang mengidamkan gambar kualitas tinggi untuk games AAA yang mereka mainkan.

GPU sendiri terdiri atas dua tipe, yakni discrete GPU dan integrated GPU. Bedanya berada pada posisi GPU. GPU yang terpisah dari processor ialah discrete GPU, dan integrated GPU terintegrasi dengan processor. Ini membuat integrated GPU mempunyai performa yang terbatas dibanding discrete GPU karena harus berbagi sumber daya dengan CPU.

Baik integrated GPU atau discrete GPU mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tetapi, bila kamu ialah penggemar games AAA, mungkin bisa tertarik sama discrete GPU terbaru dengan tehnologi ray tracing. Tehnologi ini memungkinkan kamu merasai visual lebih riil yang nyaman untuk gamer atau konten creator.

Itulah komponen hardware laptop yang mempunyai peranan krusial pada laptop. Selain 11 komponen yang telah disebut sebelumnya, ada pula wireless card dan sound card yang masing-masing berperan supaya laptop bisa menerima jaringan wireless dan membuat laptop bisa mengeluarkan suara. Saat ini, kamu jadi tahu kan, bagaimana laptop kamu bekerja.

Komponen Laptop yang Bisa Diganti

Setelah kalian tahu mengenai nama bagian bagian laptop, ada sedikit info tambahan mengenai bagian bagian pada laptop yang bisa diganti apa saja.

Bagian Bagian Laptop yang Bisa Diupgrade

  • RAM
  • SSD / HDD

Kedua komponen ini bisa kamu upgrade namun sebelumnya kamu harus mengecek kompatibilitas bagian bagian laptop tersebut agar sesuai dengan laptop kalian. 

Demikianlah artikel mengenai Bagian Bagian Laptop dan Fungsinya Beserta Gambarnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian yang sedang belajar mengenai laptop.

Leave a Reply