Bahan Bahan Merakit PC Gaming yang Kece Badai

Bahan Bahan Merakit PC Gaming yang Kece Badai
Bahan Bahan Merakit PC Gaming yang Kece Badai

Bahan Bahan Merakit PC

Bahan Bahan Merakit PC Gaming yang Kece Badai. Apakah kalian baru belajar merakit pc? Sebelum kalian memasuki tahapan merakit pc lebih lanjut, ada baiknya kalian kenalan dahulu dengan bahan bahan untuk merakit pc gaming berikut ini.

Siapa yang tidak ingin mempunyai sendiri perangkat komputer gaming sendiri yang komplet, kece, dan mempunyai performa super? Semua dari kalian tentu pengen. Sampai, saking pinginnya, impian itu sampai terikut dalam mimpi.

Baiknya, memiliki komputer gaming tidak boleh cuma didambakan saja. Kalian bisa kok “membuat” sebuah perangkat komputer gaming secara pelan-pelan, sejalan dengan menambahnya daya beli kalian. Baca juga : Cara rakit pc nyicil

Bahan Bahan Merakit PC Gaming

Nah, buat kalian yang sedang belajar merakit pc gaming. Untuk “membuat” sesetel komputer gaming yang kece, ada banyak komponen yang penting dipersiapkan. Harga komponen tersebut pasti bervariatif, tentulah. Ingin tahu apa saja itu? Yok, kita cek satu demi satu.

Baca juga :

1. Central Processing Unit (CPU) dan Motherboard

Dua ini ialah komponen inti sebuah komputer, tidak cuma komputer gaming. Ke-2 nya tidak dapat dipisah. CPU harus cocok dengan serangkaian motherboard-nya.

Untuk sebuah PC gaming, kamu memerlukan CPU dan motheboard berperforma yang oke. Untuk motherboard, kamu dapat melirik merk MSI, Gigabyte, Asus, maupun Asrock dengan seri chipset B560 untuk Intel gen 10 dan 11 ataupun B660 untuk Intel gen 12. Atau bila kalian ingin melirik AMD bisa memilih chipset B550 untuk Ryzen 5000 series ataupun B650 untuk Ryzen 7000 series. Cukup menguras kantong sich, tetapi cukup untuk memenuhi tekad untuk bermain games secara lancar.

Makin modern CPU, makin tinggi performanya. Sekarang ini, standard processor CPU untuk sebuah PC gaming yang kece ialah Intel Core i5 generasi 10. Kebolehan Intel i5 generasi 10 dipercaya minimal sanggup untuk berkompetisi sampai sekian tahun ke depan. Supaya cocok dengan motherboard-nya, kenakan processor ini dengan socket LGA standard 1200.

2. Random Access Memory (RAM)

Kapabilitas motherboard dan CPU yang kece tidak akan maksimal bila tidak ditopang oleh RAM yang punyai potensi memory tinggi. Untuk processor sekelas i5 gen 10 atau 11 dengan motherboard B560, RAM DDR4 3200 16GB sudah menjadi keharusan minimal. Atau kalian ingin mencoba ram DDR5 dengan menggunakan Intel gen 12 ataupun Ryzen 7000 series juga sangat bagus.

Berapakah kapasitasnya? Tidak boleh tanggung-tanggung, gan. Pakai kapasitas minimum RAM sebesar 16GB, semakin besar lebih bagus. Brand nya terdapat beberapa pilihan. Baiknya, kamu memakai dua keping RAM masing-masing 8GB untuk mengaktifkan dual channel.

3. CPU Cooler dan Fan casing

Gak boleh remehkan perangkat ini ya. Walau cuma untuk pendukung, tetapi kipas CPU ini sangatlah menyuport performa CPU dan motherboard serta GPU card kamu. Kerja motherboard dan CPU sangatlah keras hingga memunculkan panas yang harus dibuang.

Tanpa pendingin, kemungkinan komponen tadi akan overheat dan mati saat itu juga. Itu dia alasan kenapa produk laptop gaming kelas tinggi, seperti ASUS ROG, mengikutkan kipas yang mempunyai ukuran besar untuk mengontrol performa komputer. 

4. Kartu Grafis (VGA card)

Buat gaming, video editing, dan design grafis, perangkat ini tidak akan bisa dilupakan. Kartu grafis bekerja mengaplikasikan script grafis ke monitor komputer. Makin hebat kartu grafis yanh

dipunyai sebuah komputer, makin detail, halus, dan cepat resolusi grafis yang ditampilkan. Dalam membuat sebuah komputer gaming, komponen ini yang termahal.

Sebuah kartu grafis berkualitas tinggi bisa memainkan game yang memiliki resolusi tinggi, semisal resolusi 4K, dan dapat terus dipakai untuk sekian tahun ke depan.

Salah satunya chipset kartu grafis yang oke yaitu Nvidia dan juga tak kalah dengan AMD, bahkan kini Intel mulai merambah GPU card dengan Intel Arcnya. Modelnya ada beberapa, tetapi yang sering direferensikan untuk sebuah PC gaming berkualitas ialah model RTX 3060 maupun RX6600 XT.

5. Solid State Drive (SSD)

Untuk memainkan games, install gamenya di storage komputer yang memiliki kecepatan data transfer yang Tinggi. Hard drive biasa bsia dipakai namun sudah bukan zamannya lagi,  lebih bagus memakai SSD NVME apalagi yang sudah gen 4 dengan kapasitas minimal 500GB.

6. Power Suplai

Untuk memberikan daya kesemua komponen yang ada pada komputer, kalian pasti memerlukan power suplai dalam komputer.

Persyaratan power suplai yang bagus ialah yang bisa mengalirkan arus secara stabil. Untuk sebuah komputer gaming yang punya komponen mahal, untuk PSU juga tidak boleh abal-abal. PSU yang digunakan harus memiliki sertifikasi 80plus bronze minimal, dan gold akan lebih bagus pastinya. Kapasitas yang minimal untuk PC gaming berperforma tinggi adalah sekitar 600 – 800W.

7. Casing

Sesudah semua komponen sudah ada, persiapkan casing komputer. Pakai casing yang memiliki mekanisme sirkulasi yang bagus.

Beberapa gamer memutuskan memakai casing dengan lampu LED RGB yang memikat. Itu opsional, samakan dengan keinginan kamu.

8. Sistem Operasi (OS)

Sesudah semua perangkat keras komputer gaming atau bahan2 merakit pc dirakit, kamu bisa baca cara merakit pc ini untu mengetahui step by step merakit pc dan juga urutan merakit pc yang benar. 

Yang kamu perlukan ialah sistem operasi yang bisa menjalankan program games kamu secara lancar. Disarankan, kamu memakai Windows 10 ke atas. Windows 11 juga mulai sering direferensikan. Janganlah lupa, gunakan yang asli ya. Tidak boleh yang bajakan.

9. Jaringan Internet

Untuk memainkan games online, kamu tentu saja memerlukan akses internet. Kamu dapat memakai mekanisme Wifi yang terpasang di tempat kamu ataupun memakai kabel LAN fiber optik atau juga memakai jaringan modem.

10. Perlengkapan Gaming

Sesudah semua proses merakit pc siap, kamu bisa mulai memainkan games di komputer kamu. Eit, nanti dulu. Bagaimana caranya bisa bermain games tanpa memakai perlengkapan gaming? Memang ini buka termasuk dari langkah2 merakit pc.

Perlengkapan gaming seperti mouse gaming, keyboard gaming, headset gaming cocok disandingkan dengan komputer gaming kece kamu. Agar pengalaman bermain game kalian semakin lebih menyenangkan lagi.

Demikianlah artikel mengenai Bahan Bahan Merakit PC Gaming yang Kece Badai. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang sedang belajar merakit komputer gaming.

Leave a Reply