Cara Merakit Processor pada Motherboard PC

Cara Merakit Processor pada Motherboard PC
Cara Merakit Processor pada Motherboard PC

Cara Memasang Processor

Cara Merakit Processor pada Motherboard PC. Ketika kalian membaca sebuah artikel mengenai cara merakit pc tentunya akan dijabarkan bagaimana langkah-langkah dalam merakit motherboard dan semua komponen kedalamnya.

Namun hal yang sering terjadi jika merakit cpu sendiri adalah terkadang kita kesusahan untuk mempraktikkan bagaimana cara merakit motherboard. Nah, terutama yang cukup memerlukan kehati-hatian adalah cara memasang processor.

Berikut akan Sinau PC jabarkan perihal cara merakit cpu secara singkat dan juga cara memasang processor pada Motherboard secara lengkap hingga diharap akan memberi pengetahuan yang dalam untuk anda.

Cara Memasang Procesor pada Motherboard

Cara memasang Prosesor atau CPU pada Motherboard bukan hal yang susah, tapi masih tetap dibutuhkan kehati-hatian khususnya di bagian gerigi pin yang berada di bawah prosesor itu karena rawan patah dan menyebabkan kerusakan.

Sekadar mengingati kembali sebelum membahas mengenai pemasangan cpu, peranan CPU ialah sebagai otak dan jantung dari pc anda, yang mana akan menerima data input, menjalankan perintah, dan mengolah data. Prosesor akan melakukan komunikasi dengan perangkat input / output (I / O), yang mengirimi dan menerima data ke dan dari prosesor.

Beberapa langkah dalam cara memasang processor ke motherboard ialah seperti berikut:

1. Membuka kunci prosesor pada Motherboard

Langkah awal dalam cara memasang processor pada motherboard, anda perlu membuka kunci prosesor yang ada di motherboard, yang berperan sebagai pengunci prosesor agar tidak gampang terlepas, goyang, atau jatuh.

Bentuknya akan tidak sama antara pada Motherboard untuk prosesor AMD dengan Motherboard untuk prosesor Intel, yang lebih kurang akan kami perlihatkan pada gambar berikut ini:

Cara Memasang Procesor pada Motherboard
Pengunci dan socket CPU untuk Intel

Cara Memasang Procesor pada Motherboard
Pengunci dan socket Motherboard AMD

Gambar di atas akan berbeda bergantung pada tipe dan generasi prosesor dan motherboard yang anda pakai.

Oh iya, lihat di saat beli Motherboard, apakah soket yang tersedia telah sesuai prosesor yang anda miliki atau akan anda membeli.

Biasanya yang dipakai untuk AMD sekarang ini (di saat artikel ditulis) ialah soket AM3+, AM4, ataupun soket FM2 untuk seri paling lawas dan AM5 untuk seri terbaru AMD. Sementara pada intel lebih variasi di antara soket LGA 1700, LGA 1200, LGA 1150, LGA 1151, atau bahkan juga seri lama seperti LGA 2011, LGA 1155 atau bahkan juga LGA 775 yang jauh lebih uzur lagi.

Umumnya info soket ini akan ada di dus pembelian atau anda dapat tanya ke penjualnya, atau minta toko computer untuk menyiapkan yang cocok.

Untuk membuka kunci, pada pelindung yang tertutup seperti intel anda dapat melepaskan kunci yang mengait ke rumah prosesor pada Motherboard, sementara untuk mode kunci CPU AMD seperti gambar di atas, anda dapat tekan batangan besi ke bawah, lalu menggesernya ke kanan untuk membuka.

2. Masukan prosesor ke Tray

lihat anak panah yang ada di sisi kiri bawah CPU. Untuk memasangkan prosesor pada soket itu, anda membutuhkan kehati-hatian agar gerigi pin pada prosesor tidak patah.

cara memasang processor amd

Umumnya pada tiap prosesor bakal ada seperti tanda panah pada bagian kiri bawahnya sebagaimana pada gambar di atas, yang mana posisi prosesor nanti akan sama seperti itu pada motherboard AMD.

cara pasang processor intel

Sementara pada motherboard intel atau yang semacamnya yang mempunyai pelindung, sisi atas prosesor nanti akan persis berada pada tempat di mana engsel pelindung berada sebagaimana pada gambar diatas tadi

Langkah memasangnya dengan memegang prosesor pada posisi yang betul saat sebelum ditempatkan, selanjutnya taruh dengan berhati-hati pada soket prosesor yang berada di Motherboard.

Jika betul, nanti prosesor akan melekat dengan nyaman dan mudah pada soket, tapi jika tidak betul, jangan dipaksa, tetapi angkat kembali prosesor dan benahi tempatnya, selanjutnya tempatkan kembali dengan berhati-hati.

3. Kunci Kembali Kunci Soket prosesor

Sesudah itu anda dapat mengunci kembali soket prosesor itu seperti di saat anda membuka dan yakinkan kunci prosesor terkunci secara benar dan rapat hingga prosesor tidak goyang dan berubah.

4. Berikan Thermal Paste

Setelah itu anda dapat mengoleskan sedikit saja Thermal Paste pada permukaan prosesor, tapi tidak boleh kebanyakan tetapi cuma segumpal kecil saja atau sebesar biji jagung.

Bahkan juga pada gambar di atas, Thermal Paste yang dioleskan masih kebanyakan, sehingga anda dapat pikirkan sendiri berapakah kurang lebih persisnya Thermal Paste yang perlu anda berikan ke atas prosesor itu.

Peranan Thermal Paste pada Prosesor sendiri untuk membantu mengisi celah mikroskopis, khususnya pada heat sink, yang memerangkap udara didalamnya, sehingga menambah konduksi panas, alias mengontrol temperatur prosesor masih tetap dingin.

5. Pasang Kipas Prosesor

Sesudah itu anda dapat memposisikan kipas prosesor bawaan atau kustom cooler seperti Air cooler atau All in One liquid cooler ke atas prosesor, selanjutnya kunci kipas prosesor itu pada soket atau slots yang ada disekitaran tempat soket prosesor yang berada di Motherboard.

6. Colokkan Kabel Kipas Prosesor

Cara paling akhir dalam cara memasang processor pada motherboard, colokkan kabel kipas prosesor pada colokan yang ada di sekitaran tempat soket prosesor ada pada Motherboard, yang memiliki bentuk lebih kurang semacam ini:

Selesai, anda sudah sukses memasangkan prosesor pada Motherboard, selamat mempraktikkan dan yakinkan berhati-hati saat meletakkan prosesor pada soketnya ya.

Baca juga:

FAQ Cara Merakit Mainboard dan Processor

Hal apa yang harus diperhatikan ketika memasang prosesor?

Yakinkan bila CPU dan motherboard sama-sama cocok. CPU dan motherboard mempunyai tipe soket dan chipset yang wajib saling kompatibel. Kemudian tidak boleh sentuh sisi bawah CPU. Seharusnya pegang CPU pada bagian sudutnya. Lalu seharusnya baca buku panduan di motherboard saat sebelum memasangkan CPU.

Apa yang terjadi jika salah memasang processor?

Salah pasang CPU bisa berpengaruh fatal, karena bisa mematahkan socket pada motherboard dan merusaknya, bergantung di tingkat kekuatan saat anda memasangkannya. Sebetulnya benar-benar gampang untuk mengenali arah mana untuk meletakkan dan memasangkan CPU anda secara benar.

Mudah-mudahan keterangan Sinau PC terkait Cara Memasang Prosesor pada Motherboard dapat membantu anda lebih mengenali dan mempelajari berkaitan topik yang Sinau PC ulas pada artikel ini kali.

Demikianlah artikel mengenai Cara Merakit Processor pada Motherboard PC. Semoga setelah ini kalian sudah bisa mempraktekkan cara memasang processor sendiri dengan baik dan benar

Leave a Reply