Tips Merakit Kabel Komputer atau Manajemen Kabel PC yang Rapi

Tips Merakit Kabel Komputer atau Manajemen Kabel PC yang Rapi
Tips Merakit Kabel Komputer atau Manajemen Kabel PC yang Rapi

Manajemen Kabel PC

Tips Merakit Kabel Komputer atau Manajemen Kabel PC yang Rapi. Biasanya orang yang baru belajar merakit komputer kesusahan dalam hal pengaturan kabel didalam casing. Padahal teknik merakit komputer yang baik juga memperhatikan masalah kabel manajemen pc. Tak jarang banyak artikel merakit komputer menyarankannya, termasuk Sinau PC pada artikel cara merakit pc yang lalu

Manajemen kabel tidak selamanya merujuk pada penempatan kabel listrik untuk di gedung maupun dirumah, tetapi hal yang sama juga terjadi pada pc desktop yang kita punyai. Ada argumen tertentu kenapa hal semacam itu jadi penting, apa lagi bila sejauh ini anda cuma melihat sebelah mata proses ini. Silahkan kita lihat kenapa ini menjadi satu diantara faktor penting dalam merakit PC desktop dibawah ini.

Manajemen kabel sebetulnya telah ada pada setiap sisi kehidupan kita, misalnya saat anda menyaksikan pemasangan listrik di rumah atau di dalam tempat anda bekerja, mereka selalu mengatur tiap kabel yang terpasang supaya lebih rapi dan akan membuat perawatan sesudah itu ataupun bila ada perombakan nantinya pada struktur pemasangan kabel jadi lebih gampang. 

Seperti kita ketahui jika kabel bisa dengan gampang kusut, membuat mereka para pekerja susah untuk bekerja, dan kadang menyebabkan kabel pada perangkat elektronik tidak sengaja tertarik saat seorang coba memindahkan kabel. Lalu apa alasan lain kenapa dalam langkah2 merakit komputer perlu memperhatikan manajemen kabel PC ?

Kenapa Cara Manajemen Kabel PC Penting

Ada banyak argumen kenapa managemen kabel saat merakit komputer sendiri dapat begitu bermanfaat dan cukup penting, antara lain :

1. Aliran udara tidak terhambat

Ok, anda kemungkinan banyak memiliki kipas didalam casing, tetapi bila melihat bagaimana kusutnya kabel-kabel yang anda punyai, proses perputaran udara didalamnya tentu akan terhalang. sehingga proses untuk mengeluarkan udara panas didalam casing malah tidak optimal. Nah, jalan keluar yang bagus tentu saja ialah managemen kabel, dimana tiap kabel dirapihkan, diatur dengan posisi penempatan yang baik dll.

Saat anda telah mengerjakan hal semacam itu, kemungkinan anda sedikit akan kaget bagaimana nyamannya pc anda saat bekerja sampai titik optimal, dan terasa udara didalamnya cukup sejuk dan temperatur yang dimilikinya sangatlah bagus. Itu karena perputaran udara bekerja secara benar.

2. Alasan keindahan

Kabel yang kusut memang membuat seorang tidak nyaman, dan yang pasti tidak bagus untuk dilihat. Betapapun mahalnya komputer anda, anda tidak merasa senang saat managemen kabel tidak dilakukan untuk rig yang anda punyai. Bahkan juga, pc yang sederhana yang tidak terlalu mahal juga dapat begitu nyaman untuk dilihat saat dia mempunyai proses managemen kabel yang bagus didalamnya.

3. Lebih bersih, lebih bagus

 Ya, rig pc yang bersih dibarengi dengan managemen kabel yang bagus pasti membuat puas seorang, kalaulah kotor atau sedikit debu didalamnya, anda dapat secara mudah untuk membersihkan tanpa harus mencabut beberapa kabel untuk proses ini. Anda bahkan juga dapat menutup casing sepanjang anda bisa tanpa perlu untuk mencemaskan segala hal di dalamnya.

4. Proses upgrade dapat semakin mudah

Saat anda mempunyai hardware baru, misalnya GPU atau RAM, bila anda mempunyai kabel-kabel yang kusut, sudah pasti proses penempatan menjadi sedikit sulit dan perlu sekian waktu untuk merapikannya. Berbeda halnya saat anda merapikan semuanya dengan managemen kabel, proses upgrade seperti hal tersebut sudah pasti bakal dilakukan secara mudah dan tanpa banyak upaya.

Baca juga:

Cara Merakit Kabel Komputer yang Rapi

Jadi pahamkan mengapa manajemen kabel PC sangat penting. Lalu sekarang bagaimana tips atau prosedur merakit komputer yang baik dengan memperhatikan kabel manajemen PC ?

1. Beli casing yang ada ruang kabel manajemen PC

Cara Merakit Kabel Komputer yang Rapi

Tentunya kita mulai duru dari casingnya dulu yang rapi. Gak perlu khawatir karena rata-rata casing PC modern zaman sekarang sudah ada ruang kabel manajemennya. Ruang kabel manajemen pc di dalam casing ini merupakan sebuah ruangan dimana kabel-kabel pc akan disembunyikan sehingga tidak menumpuk dan berserakan dibagian depan.

2. Gunakan PSU semi modular atau full modular

Cara Merakit Kabel Komputer yang Rapi

Selanjutnya kalian bisa menggunakan PSU yang punya konsep modular. Artinya PSU dan kabelnya terpisah sehingga kabel yang tidak digunakan tidak perlu dipasanag. Tidak seperti PSU biasa yang semua kabelnya sudah terpasang di body PSU.

3. Perhatikan posisi memasang kabel

Cara Merakit Kabel Komputer yang Rapi

Nah, hal ini mulai dibutuhkan kerapian saat melakukannya. Misalkan pada saat memasang kabel daya CPU, maka kabel dari PSU dilewatkan ke ruang kabel manajemen kemudian harus keluar dari sisi kiri atas motherboard dan juga bagian kanan motherboad untuk kabel 24pin. Sehingga tidak menyerakkan kabel yang berlalu lalang.

4. Ikat kabel dalam kabel manajemen

Cara Merakit Kabel Komputer yang Rapi

Setelah semua kabel dipasang di motherboard, GPU card, dan storage, maka tantangan sebenarnya dalam melakukan manajemen kabel PC mulai dari sini. Kalian bisa membutuhkan waktu berjam-jam untuk merapikan kabel yang ada di ruang kabel manajemen casing. Gunakan kabel tis atau zip untuk mengikat kabel supaya tidak terlalu berantakan.

Demikianlah sedikit Tips Merakit Kabel Komputer atau Manajemen Kabel PC yang Rapi. Semoga artikel ini bisa melangkapi pengetahuan kalian saat sedang merakit komputer gaming sendiri sehingga tampilan PC kalian tetap ganteng dan rapi.

Leave a Reply