Tips Rakit PC Nyicil Komponen Dulu Aja

Tips Rakit PC Nyicil Komponen Dulu Aja
Tips Rakit PC Nyicil Komponen Dulu Aja

Tips Rakit PC

Tips Rakit PC Nyicil Komponen Dulu Aja. Rakit PC memang menjadi dambaan para gamers nih. Banyak juga beredar konten tutorial rakit pc yang semakin menambah hasrat para gamers untuk rakit pc. Buat yang sudah punya bukan masalah besar untuk merakit pc, namun buat yang masih belum punya budget pasti mencari cara rakit pc murah.

Tips rakit PC pada kesempatan ini merupakan kelanjutan tips rakit PC sebelumnya yaitu tips rakit PC buat yang mempunyai budget minim. Tips dari Sinau PC pokoknya jika bisa sih nyicil part/ komponen PC dahulu satu demi satu. Kumpulin terlebih dahulu bahan bahan buat rakit pc dengan 

 Janganlah lekas asal membeli part komputer murah yang penting masuk ke budget anda, jika dapat loh ya. 

Dengan catatan, keperluan anda tidak mendesak untuk lekas memiliki PC. Bila anda memang perlu PC secepat-cepatnya dan cuma ada budget tipis, ya langsung anda membeli PC sama sesuai budget. Tetapi bila keperluan anda tidak mendesak, anjuran saya tidak boleh sembarangan mengambil part murah, takutnya menyesal terakhir karena PC yang anda peroleh tidak sesuai yang diharapakan. Karena yang semacam ini pernah saya rasakan, menyesal terakhir. 

Ngebet ingin mempunyai PC, membeli PC harga murahan, hasilnya perform tidak sama seperti yang diharap. Mending ikutin aja tips nyicil rakit pc dari Sinau PC ini.

Penting dibaca :

Tips Nyicil Rakit PC

Akan tetapi, tips nyicil part PC di sini minimal anda telah mempertimbangkan sekurang-kurangnya untuk enam bulan ke depan atau mungkin kurang dari enam bulan lebih bagus, diharap anda telah membeli semua part PC yang anda perlukan. Janganlah sampai semakin lama, contoh sampai satu tahun atau bahkan juga lebih, takutnya jika kelamaan terburu ada part terbaru terus anda menyesal dengan part part lama yang terlanjur kebeli.

Jadi jika bisa sich rakit PC dengan sistem nyicil ini tidak boleh kelamaan jarak nyicilnya, jika bisa ya. Akan tetapi, misalnya sesudah anda kalkulasi hitung hasilnya satu tahun nyicil baru kebeli semua part, masih tetap tidak jadi masalah, karena ada banyak tips dari Sinau PC Tips-nya ialah membeli part part pc yang penting dahulu, part pc yang cepat naik harga, anda sikat lebih dulu saat sebelum harga naik lebih mahal kembali. 

Masalahnya ada banyak komponen pc yang harganya dapat naik tidak tanggung tanggung naiknya. Tetapi ada pula beberapa komponen pc yang setiap tahun atau bahkan juga beberapa waktu dapat turun harga.

Maka cara merakit PC dengan nyicil part/ komponen PC ini perlu memerhatikan part part penting yang perlu dibeli lebih dulu (diutamakan).

Oke, lanjut untuk anda yang ingin nyicil rakit PC, beberapa komponen yang perlu anda utamakan untuk dibeli ialah sebagai berikut urutannya, jangan sampai salah urutan.

1. Casing

Mungkin kalian bingung ya, kenapa casing masuk ke urutan pertama. Di dalam proses rakit pc sebenarnya peran casing adalah untuk meletakkan semua komponen bahan bahan rakit pc dan melindunginya dari debu dan serangga.

Nah, bila kalian pertama sudah membeli casing terlebih bukan tanpa alasan. Pertama perubahan desain dari casing tergolong lama. Asalkan kalian membeli casing harga 300 sampai 700 ribuan saja sebenarnya sudah cukup

Selain itu jika kalian sudah membeli casing duluan, coba deh pajang di kamar kalian atau ruang tamu. Hal ini akan menambah semangat kalian untuk segera melengkapi komponen pc kalian.

2. PSU

Setelah mempunyai PSU, tips rakit pc selanjutnya kalian beli dulu PSU. Karena PSU ini punya umur yang panjang. Garansi PSU aja bisa 3-5 tahun bahkan sampai 10 tahun. Harga PSU ini condong stabil, tidak mengalami penurunan dan peningkatan secara berarti. Siapkan saja dana 500-800 ribuan untuk membeli PSU yang bagus. 

PSU sebagai komponen PC yang paling penting. Bila anda punya niat membeli PSU, upayakan tidak boleh PSU abal abal atau PSU murahan. Carilah PSU yang punya sertifikasi 80+ yang asli. Takutnya jika menggunakan yang murahan bakalan meleduk PSU nya. Iya jika yang meleduk hanya PSU nya, jika komponen lain turut meleduk? Buyar acara . 

Maka jika bisa PSU ini digunakan tahan lama minimal 5 tahun sampai bisa 10 tahun. Untuk merek PSU yang telah banyak disarankan diantaranya FSP, Enermax, EVGA, Seasonic, Be Quiet, Antec, Cooler Master, dan ada lagi silakan ditanya ke master master pc.

3. RAM.

Jika sudah punya casing beserta PSU, tips rakit pc selanjutnya kalian bisa menabung lagi untuk membeli RAM. Kenapa? Sebenarnya sebelum masuk komponen utama lainnya yang diutamakan selanjutnya ialah membeli RAM dahulu. 

Tentukan RAM dengan DDR terbaru, sekarang ini masih DDR5 yang terbaru. Jika bisa ya tentukan DDR5 jangan DDR4 walaupun kemungkinan memang harga lebih mahal untuk saat ini, tetapi paling tidak sangatlah rekomended untuk sekian tahun ke depan. DDR 4 saja bertahan dari tahun 2014 sampai sekarang loh.

Baca juga :

4. SSD

Setelah kalian punya PSU dan RAM, tips rakit pc berikutnya kalian beli SSD. Kalau bisa langsung beli SSD NVME gen 4 yang terkencang saat ini. Belilah dengan kapasitas minimal 256GB – 500GB untuk sistem Windows kalian. Apabila kurang kalian bisa beli SSD sata atau kalau lebih murah lagi Hardisk.

 5. VGA Card

Setelah di tahun 2020 sampai 2021 komponen yang satu ini melonjak tinggi, beruntungnya saat artikel ini dibuat harga dari GPU tergolong sudah lumayan stabil. Mungkin budget untuk VGA card ini bisa jadi adalah yang paling besar. Namun jarak antar satu generasi dari GPU ini lumayan lama sekitar 2 tahun, artinya bisa menjadi investasi yang bagus.

Misal GPU terbaru saat ini dari Nvidia adalah RTX 4000 series. Maka paling tidak kalian bisa nyicil untuk membeli GPU 1-2 generasi dibawahnya, yaitu RTX 3000 series atau RTX 2000 series. Atau paling tidak paling mentok di GTX 1600 series.

6. Processor

Untuk komponen processor ini jika bisa anda beli di posisi paling akhir. Karena untuk processor ini dalam sekian bulan tentu muncul seri baru, terkadang baru setahun sudah ada seri baru . 

Maka bila contoh ada processor seri baru tentu harga processor seri awalnya akan turun dengan perlahan-lahan. Ya meskipun tidak turun banyak tetapi kan cukup bila anda membeli processor terakhir. Maka untuk komponen processor ini terakhir saja belinya, siapa tahu anda tertarik sama processor seri baru.

7. Motherboard

Untuk komponen motherboard ini belinya disamakan dengan processor apa yang anda pakai, tentu anda telah mengetahui kan, karena tidak sembarangan motherboard dapat dipasangkan dengan processor, berbeda socket ya tidak dapat terpasang . 

Maka pada dasarnya untuk pembelian motherboard ini paling akhir saja sesudah membeli processor atau bertepatan dengan membeli processor bisa juga jika anggaran cukup.

Nah, jadi seperti itu dia tips dari saya buat untuk anda yang ingin merakit PC tetapi dengan budget yang cekak. Lebih bagus part belinya dicicil tetapi puas, dibanding membeli komponen yang murah murah sesuai sama budget tetapi hasil akhir rupanya performanya tidak sama seperti yang diharap. Lha harga terjangkau pengen yang kayak apa?

Demikianlah artikel berjudul Tips Rakit PC Nyicil Komponen Dulu Aja. Semoga artikel ini bisa memberikan jalan keluar buat temen-temen bagi yang mau merakit pc namun dengan budget yang terbatas.

Leave a Reply