Langkah Langkah Merakit Personal Komputer Bagi Pemula

Langkah Langkah Merakit Personal Komputer Bagi Pemula
Langkah Langkah Merakit Personal Komputer Bagi Pemula

Langkah Langkah Merakit Komputer

Langkah Langkah Merakit Personal Komputer Bagi Pemula. Kalau kalian ingin bisa merakit komputer sendiri, maka kalian perlu mengetahui langkah langkah merakit komputer. Oh ya, sebelumnya kalian juga bisa mengikuti tips-tips berikut ini sebelum kalian mencoba untuk mempraktekkan langkah merakit komputer:

Alat dan Bahan Merakit komputer

Nah, kalau sudah langsung saja kita masuk ke pembahasan langkah kerja merakit komputer. Sebelum merakit komputer kita perlu menyiapkan dulu alat dan bahan-bahan merakit pc yang dibutuhkan yaitu:

1. Processor

Untuk latihan mempraktekkan langkah langkah cara merakit komputer ini, kalian bisa pakai dulu kok prosesor generasi lawas seperti Intel Core 2 duo ataupun Intel generasi 3 yang harganya sesuai kantong pelajar. Namun kalau kalian ingin langsung pakai generasi baru seperti Intel generasi 10, 11, 12 atau AMD Ryzen juga tidak masalah kok.

2. Motherboard dan RAM

Pemilihan motherboard dan RAM dalam langkah langkah merakit komputer ini disesuaikan dengan generasi prosesor yang kalian pakai. Sesuaikan dengan jenis socket, chipset, dan DDR ram yang kalian pakai. Misalnya :

a. Intel Core 2 duo – Motherboad G31/G41 – DDR2/DDR3

b. Intel Core i3 3220 – Motherboard H61/B75 – DDR3

c. Intel Core i3 10100 – Motherboard H410/H510/B460/B560 – DDR4

3. Kartu Grafis

Untuk yang satu ini bebas mau pakai yang mana, asal masih nyala. Toh hanya untuk belajar cara atau langkah merakit pc komputer. Tapi kalau kalian mau pakai vga card yang bagus juga gak masalah kok.

4. SSD atau harddisk

Nah, ini mau pakai yang mana aja, ukuran berapa aja bebas. Yang penting masih nyala dan bisa digunakan. Namun akan lebih disarankan menggunakan SSD supaya saat install Windows nanti bisa berjalan lebih cepat.

5. Power Suplly

Karena tujuannya hanya untuk belajar langkah merakit komputer, kalian bisa gunakan PSU copotan aja yang harganya murah. Namun kalau kalian sedang merakit pc baru, sinau PC sarankan untuk langsung memakai PSU yang punya sertifikasi 80+.

6. Casing

Casing kalian bisa pakai casing bekas warnet atau kantoran. Kalau mau lebih advance kalian bisa menggunakan casing gaming.

Sedangkan alat yang kalian perlu siapkan adalah obeng dan baut saja.

Baca juga :

Langkah-Langkah Merakit Komputer Secara Singkat

Berikut merupakan langkah-langkah merakit komputer beserta gambarnya

Memasang Processor ke Motherboard

Memasang Processor ke Motherboard

Saat sebelum motherboard dipasang ke casing, terlebih dulu memasang processor sebab lebih mudah cara memasangkannya diluar casing. Berikut langkah memasangkan processor ke motherboard.

a. Kita pastikan dahulu posisi pin atau tanda panah pada processor dan soket processor di motherboard, biasanya berada di sudut yang diikuti dengan tanda titik atau segitiga kecil.

b. Angkat tuas pengunci soket ke atas agar terbuka.

c. Samakan posisi kaki processor dengan lubang soket, selanjutnya letakkan processor ke socket dan jangan ditekan. Apabila sesuai maka akan bisa masuk ke soketnya.

d. Kunci kembali dengan tuas pengunci.

Memasang Heatsink Fan

Memasang Heatsink Fan
Memasang Heatsink Fan

Untuk memasangkan heatsink dan kipas pada motherboard ikuti langkah merakit komputer ini.

a. Pasangkan heatsink dan kipas pendingin di atas processor. Jangan lupa untuk memberi sedikit pasta prosesor sebelum meletakkan heatsink dan fan. Saat memasangkannya harus ditekan secara diagonal atau bersilang.

b. Pasanglah connector kipas pada soket yang telah ada. Upayakan supaya kabel kipas tidak begitu dekat sama soket, tapi juga tidak boleh terlalu jauh dari soket.

Memasang RAM

Memasang RAM

Cara memasangkan RAM atau memory adalah dengan membuka dulu tuas penguncinya lalu samakan pin memory dengan slot yang berada di komputer. Setelah benar-benar cocok, tinggal pencet memory sampai penguncinya tutup sendiri.

Memasang Motherboard ke Casing

Memasang Motherboard ke Casing

Pasang Motherboard ke casing dengan menggunakan skrup dan cari dudukan yang sesuai di casing. Untuk memasangkan motherboard pada casing, ikuti langkah kerja merakit komputer ini.

a. Pastikan posisi lubang untuk tiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam atau metal spacer ditandai dengan cincin pada pinggir lubang.

b. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai posisi tiap lubang dudukan yang seperti pada motherboard.

c. Taruh motherboard pada casing sehingga bagian back panel keluar dari lubang kotak backpanel di belakang casing pada. Pasang skrup pengunci pada tiap dudukan logam.

d. Pasang frame port I/O (I/O sheild) pada motherboard bila ada.

Memasang Power Suplai ke Casing

Memasang Power Suplai ke Casing

Power supply adalah alat yang memasok tenaga listrik untuk semua komponen dalam unit sistem komputer. Kebanyakan jika kita beli casing standar atau casing kantor tentu power suplai telah dipasang. Tetapi jika power suplai belum dipasang seperti pada casing gaming, langkah memasangkannya seperti berikut.

a. Letakkan power suplai dengan posisi kipas menghadap kebawah pada tempatnya yang ada di belakang casing lalu kunci dengan skrup.

b. Pasang connector power dan power supply ke motherboard berikut kabel-kabelnya. Penempatan kabel connector dari power suplai diakhir proses perakitan.

Untuk memasangkan kabel motherboard dan casing, ikuti langkah kerja merakit komputer ini.

a. Pasang kabel connector ATX atau 24 pin ke motherboard.

b. Setalah itu pasangkan kabel 4 pin CPU ke slot power cpu

c. Di bagian belakang casing ada lubang untuk memasangkan port tambahan seperti kartu grafis tambahan. Buka skrup pengunci plat tertutup lubang port, selanjutnya pasang kartu grafis ke slot PCIe x16 yang ada di motherboard dan pasang skrup kembali.

d. Sambungkan kabel connector lainnya seperti Power sw, reset sw, LED, speaker intern, dan port yang ada di casing komputer.

f. Untuk proses ini kerjakan secara begitu berhati-hati dan cermat. Jangan sampai terjadi kekeliruan di saat proses penempatan kabel kabel ini.

Memasangkan Storage Drive

Memasangkan Storage Drive

Untuk memasangkan drive seperti SSD, harddisk, CD-ROM, atau DVD-ROM, langkahnya seperti berikut.

a. Masukan drive dari depan casing, atau juga bisa dari samping casing, tergantung jenis casingnya

b. Sambungkan connector kabel sata ke drive dan pasang juga kebl sata ke motherboard di motherboard. Jangan lupa untuk memasangkan kabel sata dari power suplay ke drive.

Jika semua cara langkah langkah cara merakit komputer ini selesai, setelah itu tutup dengan casing dan berikan skrup kembali. Sambungkan kabel dari catu daya ke socket dinding dan sambungkan connector monitor ke port video card, connector kabel keyboard, dan connector mouse ke port mouse.

Demikianlah artikel mengenai Langkah Langkah Merakit Personal Komputer Bagi Pemula. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang sedang ingin belajar merakit pc.

Leave a Reply