Cara Merakit Meja Komputer dan Cara Memilih Meja Komputer

Cara Merakit Meja Komputer dan Cara Memilih Meja Komputer
Cara Merakit Meja Komputer dan Cara Memilih Meja Komputer

Meja Komputer

Cara Merakit Meja Komputer dan Cara Memilih Meja Komputer. Saat kalian bekerja, belajar, atau bahkan bermain game didepan komputer. Apakah pernah merasa tubuh kalian terasa lelah dan pegal-pegal ? Bila ya, bisa jadi disebabkan karena meja komputer kalian.

Meja komputer yang tidak sesuai bentuk dan kontur badan kalian. Karena itu tubuh kalian bakal dipaksa untuk mengikuti kontur meja komputer tersebut. Sehingga tubuh kalian akan terasa capek-capek dan pegal karena tidak sesuai dengan badan kalian. Bisa saja dikarenakan oleh meja komputer yang terlalu tinggi, atau mungkin saja terlalu rendah.

Baca juga :

Apa Fungsi Meja Komputer?

Sebenarnya, bukan hanya punya tujuan agar kalian bisa bekerja, belajar, dan bermain secara nyaman. Namun, bisa lebih dari itu. Berikut ialah fungsi meja komputer yang harus kalian tau:

  • Meja komputer ini berfungsi untuk menempatkan set lengkap komputer di atasnya, seperti monitor, keyboard, CPU, sampai printer.
  • Supaya terhindar dari bahaya anak-anak kecil
  • Menambah kesan menarik didalam interior rumah.

Meja Komputer dibuat dari Apa?

Biasanya, meja komputer standar dibuat berbahan kayu olahan. Berwarna cokelat muda dengan permukaan lembut. Meja ini sanggup bertahan lebih kurang sepuluh tahun asal tidak terkena air.

Pada umumnya, ada tiga tipe material meja komputer, yaitu kayu, metal, dan kaca. Mari kita pelajari selanjutnya terkait ke-3 tipe material meja komputer ini.

Kayu solid

Kayu solid ialah kayu murni yang langsung dipakai sebagai bahan pembuat furniture. Beberapa macam kayu solid ialah kayu jati, mahoni, pinus, dan yang lainnya. Meja komputer dari kayu solid dikenal kokoh dan bertahan lama. Bahkan juga, meja komputer kayu ini sanggup bertahan sampai lebih dari 15 tahun.

Tetapi, daya tahannya masih tetap bergantung pada tipe kayu, keadaan cuaca, dan perawatannya. Cara merawat kayu solid cukup susah. Meja komputer dari kayu solid seharusnya tidak terkena pancaran cahaya matahari langsung dalam waktu yang lama. Selanjutnya, meja komputer dari kayu solid mempunyai harga yang lumayan mahal.

Kayu olahan

Kayu olahan sendiri dipisah jadi dua, yaitu fiberboard dan particle board. MDF (medium-density fiberboard), atau yang dikenali dengan fiberboard, berasal dari serpihan kayu yang dipadatkan. Kelebihannya ialah kayu ini lebih padat dari kayu olahan lain hingga tidak gampang patah atau bengkok. Fiberboard mempunyai permukaan yang lebih lembut hingga berasa nyaman di tangan.

Sedangkan, particle board ialah kayu berbahan daur ulang, seperti potongan atau serpihan kayu dan serbuk kayu. Beberapa bahan itu ditambah resin sintetik, lalu di-press jadi tripleks. Tipe kayu particle board ini enteng, ramah lingkungan, dan dapat diperoleh dengan harga terjangkau.

Metal

Disamping kayu, ada pula meja komputer yang dibuat bermaterial metal, seperti besi, baja, aluminium, dan logam yang lain. Sudah pasti, tipe konstruksi meja komputer dari metal bisa semakin kuat dan stabil. Meja komputer semacam ini lebih tahan lama dan gampang dirawat.

Tetapi, kekurangannya ialah ada tipe bahan metal yang gampang berkarat, maka dari itu penampilannya cepat kusam. Metal lebih gampang memuai saat ada di ruang dengan temperatur tinggi. Mengakibatkan, bentuk meja jadi tidak stabil. Di lain sisi, berat meja komputer cenderung lebih berat dan modelnya juga tidak demikian beragam.

Kaca

Walau cukup jarang-jarang ada di pasaran, ada pula meja komputer dengan bahan kaca yang penampilannya elegan dan kekinian. Tipe material kaca diketahui amat tahan panas hingga masih tetap aman saat komputer dalam keadaan overheat. Disamping itu, meja kaca bisa juga dibersihkan secara mudah. kalian cukup mengelapnya dengan kain basah atau kering.

Meja komputer yang dibuat berbahan kaca biasa cenderung beresiko lebih rawan pecah. Tetapi, ada tipe kaca tempered glass yang lebih kuat dari kaca biasa. Untuk kenyamanan dan keamanan pemakaian, Sinau PC merekomendasikan untuk memilih meja komputer kaca dengan tipe tempered glass ini. Sayangnya, meja komputer semacam ini masih susah diketemukan.

Bagaimana Cara Memilih Meja untuk Komputer?

Ada banyak hal yang dapat kalian cermati saat akan membeli meja komputer. Sinau PC akan menjelaskan setiap hal tersebut secara sederhana aja. Supaya kalian bisa memilih meja komputer yang tepat.

Tentukan berdasar tipe material yang dipakai.

Tentukan material meja komputer yang sesuai untuk kalian. Umumnya meja komputer dari bahan kayu olahan bisa dibeli dengan harga lebih terjangkau. Kalau kalian ingin harga yang terjangkau namun cukup kuat kalian bisa memilih meja komputer berbahan papan kayu, ataupun juga meja komputer logam.

Sesuaikan ukuran dan model meja

Meja Komputer Standar

Meja Komputer Standar
Meja Komputer Standar

Meja Komputer Tipe standard semacam ini biasanya mempunyai tempat khusus untuk CPU dan keyboard. Ada pula produk yang ditambahkan dengan rak dan laci tambahan untuk menyimpan barang.

Meja Komputer Lesehan

Meja Komputer Lesehan
Meja Komputer Lesehan

Meja komputer lesehan mempunyai ukuran yang kecil dengan design yang ringkas. Model meja komputer lesehan ini pas untuk kalian yang mempunyai ruang dengan luas terbatas. Karena memiliki bentuk yang kecil, kalian bisa memindahkan meja ini lebih gampang.

Meja Komputer Letter L

Meja Komputer Letter L
Meja Komputer Letter L

Sesuai namanya, meja mode Letter L mempunyai wujud seperti huruf L sehingga mempunyai permukaan tabletop yang makin luas. Karena memiliki bentuk tersebut, meja komputer L-shaped pas ditempatkan di pojok ruang.

Berapa Tinggi Meja Komputer Ideal?

Standarnya, meja komputer yang bagus itu mempunyai tinggi 70-75 cm dengan lebar kurang lebih 120 cm. Meja yang terlampau tinggi atau rendah bisa mengganggu kosentrasi dan tentu saja dapat mengganggu tulang belakang kalian.

Berapa Ukuran Meja Komputer?

Panjang ukuran meja komputer umumnya kira-kira 90 cm sampai 120 cm. Bila kalian cuma membutuhkan meja untuk menyimpan laptop, meja dengan panjang 70 cm cukup. Sementara, untuk lebar meja komputer yang standard ialah kira-kira 60 cm.

Cara Memasang Meja Komputer

Berikut ini merupakan kumpulan video cara merakit meja komputer yang dapat langsung kalian praktekkan.

Cara Merakit Meja Komputer Grace CD 180

Cara Merakit Meja Komputer Lesehan

Cara Merakit Meja Komputer Olympic

Cara Merakit Meja Komputer Huga 905

Demikian artikel mengenai Cara Merakit Meja Komputer dan Cara Memilih Meja Komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat temen-temen semua yang bingung bagaimana cara memasang meja komputer.

Leave a Reply