Skip to main content

Cara Merakit Mini PC yang Hemat Tempat

Cara Merakit Mini PC yang Hemat Tempat
Cara Merakit Mini PC yang Hemat Tempat

Mini PC

Cara Merakit Mini PC yang Hemat Tempat. Cara mudah merakit pc mini yang tidak banyak memakan tempat sekarang menjadi primdona tersendiri. Terlebih juga didukung dengan beragam komponen komputer yang memang didesain lebih kecil dari biasanya namun tetap bertenaga.

Mini ITX Case

Mini PC gaming memang merupakan jalan keluar buat kamu yang ingin bermain games PC tetapi ruangannya ingin masih tetap lega atau punya ruangan dan juga meja komputer yang sempit. Banyak yang menduga jika PC gaming ukuran ringkas mustahil mempunyai performa yang sama dengan PC dengan casing mid-tower atau casing full tower.

Alasannya yakni casing mid-tower atau full tower dapat memuat komponen semakin banyak dibanding casing mini-tower.

Sebetulnya tidak salah sih dengan alasannya jika dengan memakai casing full-tower atau mid-tower gamers dapat memakai kartu grafis lebih dari satu atau menggunkan pendingin semakin banyak untuk pendinginan yang lebih optimal.

Tetapi, jika tujuan kamu cuma ingin menggapai grafis terbaik dengan fps paling tinggi dengan pc gaming desktop yang ringkas juga dapat kamu capai kok dengan merakit pc menggunakan casing berukuran Micro ATX sampai mini ITX.

Nah, untuk kamu yang ingin merakit mini PC gaming, kami akan memberi beberapa tips dan beberapa referensi komponen-komponen yang dapat kamu pilih. Berikut tips-tipsnya:

Baca juga :

Tips merakit kabel komputer

Tips rakit PC nyicil

Cara Merakit Mini PC Sendiri

Ada banyak hal yang perlu kamu lihat saat kamu merakit mini PC gaming ukuran ringkas. Ingin tahu? berikut tips merakit mini PC gaming.

1. Mencari Casing Mini Tower dengan Kualitas Terbaik dan Punya Ruang yang Luas

Hal pertama kali yang harus kamu lakukan yaitu mencari casing dengan kualitas yang bagus dan punya area yang luas. Ada banyak merek yang dapat kamu percayai, antara lain Corsair, Thermaltake, Cougar, Lian Li dan ada banyak yang lain. Banyak casing mini-tower yang mempunyai kaca akrilik agar kamu dapat menyaksikan sisi dalamnya.

Disamping itu mencari casing mini-tower yang sanggup memuat kartu grafis high-end seperti RTX 3070 Ti atau Radeon RX 6600 XT yang umumnya memiliki badan gede. Nach berikut, referensi casing mini-tower :

Corsair Carbide 275R

Corsair Carbide 275R

Harga: Rp 1,310,000 (Januari 2023)

Casing mini-tower pertama referensi kami ialah Corsair Carbide 275R. Untuk kamu yang suka main games, siapakah yang tidak tahu Corsair?

Corsair sebagai salah satunya merek paling populer yang di Indonesia juga dapat dicari dengan benar-benar gampang. Salah satunya produk referensi produknya ialah Corsair Carbide 275D.

Casing mid tower ini sanggup memuat kartu grafis yang cukup besar dan power suplai ATX ukuran standard. Karena itu, kamu tidak perlu cemas saat ingin memakai kartu grafis high-end. Karena masih menggunakan ukuran Micro ATX

Thermaltake Level 20 XT

Thermaltake Level 20 XT

Harga: Rp 3,130,000 (Januari 2023)

Casing ke-2 untuk mini PC gaming kamu ialah Thermaltake Level 20 XT. Casing ini adalah produk terbaik yang dapat kamu pilih untuk merakit mini pc gaming dengan spesifikasi tinggi.

Disamping itu, casing satu ini juga memberikan dukungan komposisi RGB yang dapat membuat computer kamu terlihat beragam warna seperti pelangi.

Lian Li A4H20

Lian Li A4H20

Harga: Rp 2,500,000 (Januari 2023)

Casing ke-3 yang pas untuk PC gaming mini kamu ialah produk dari Lian Li. Produk itu adalah Lian Li A4H20.

Yang bagus dari casing ini ialah materialnya dari alumunium yang kuat dan bentuknya yang compact. Casing ini memungkinkannya kamu untuk menampung GPU berukuran 322mm.

Baca juga :

2. Tentukan Motherboard mini ITX dengan Feature Bermacam

Satu diantara kelemahan pada motherboard mini ITX ialah slots memorinya yang hanya 2 keping. Oleh karena itu, kami anjurkan untuk memakai 2 keping memory RAM total minimum 16 GB, karena gaming saat ini seenggaknya minimum requirement untuk RAM-nya 16 GB. Berikut motherboard mini ITX terbaik untuk rig mini PC gaming kamu:

ASUS ROG Strix Z690-I Gaming Wifi

ASUS ROG Strix Z690-I Gaming Wifi

Harga: Rp 6,990,000 (Januari 2023)

ASUS merupakan satu diantara produsen perangkat keras computer terbaik yang pernah ada, dan salah satunya produk terbaik ialah ASUS ROG Strix Z690-I Gaming Wifi.

Motherboard ini dapat disebut motherboard mini ITX ini telah memberikan dukungan processor sampai Intel Core 19 untuk generasi ke 12 dan generasi ke 13 terbaru saat artikel ini dibuat

ASRock B660M ITX

ASRock B660M ITX

Harga: Rp 3,386,000 (Januari 2023)

Bila kamu ingin coba processor yang tidak terlalu high end seperti Intel Core i5 gen 12 atau 13, kamu dapat coba beli motherboard satu ini. Meskipun motherboard ini memiliki ukuran mini, kamu dapat memasangkan 3 sampai 4 biji SSD atau HDD untuk media penyimpanan. Tentu motherboard ini pas sekali untuk konfigurasi mini PC gaming kamu.

ASUS ROG Strix B650E-I

ASUS ROG Strix B650E-I

Harga: Rp 5.899,000 (Januari 2023)

Nah, untuk kamu fans tim merah pasti ada pula motherboard yang dapat memberikan dukungan mini PC gaming. ASUS memberikan sebuah motherboard yang pas sekali untuk kamu yang ingin memakai Ryzen 7 7700 terbaru saat artikel ini dibuat.

Disamping itu, motherboard ini juga memberikan dukungan SSD dengan socket M.2 NVME gen 4 yang mana sanggup memberi performa lebih kuat dibanding M.2 NVME Gen 3.

Kamu sekarang bisa membuat PC gaming mini sesuai apa yang kamu ingin, dan pasti berperforma yang memberikan kepuasan. Harga bisa juga kamu samakan kok dengan bujet kamu. Bagaimana? Makin tertarik membuat PC gaming singkat?

Demikianlah artikel dan tips mengenai Cara Merakit Mini PC yang Hemat Tempat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kalian semua yang sedang ingin merakit pc berukuran mini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar