Tips Merakit PC Gaming Murah dan Budget

Tips Merakit PC Gaming Murah dan Budget
Tips Merakit PC Gaming Murah dan Budget

Tips Merakit PC

Tips Merakit PC Gaming Murah untuk Budget. Rakit PC gaming bisa saja menjadi jalan keluar untuk kamu yang mau nyobain beberapa game next gen tetapi tidak mempunyai budget untuk beli PS5 yang harganya masih lumayan mahal. Namun disini kita tidak berfokus dengan pembahasan PC gaming vs PS 5 ya…

Sama seperti yang kita tau, beberapa game keluaran 2020 ke atas mempunyai grafis yang kualitasnya menakjubkan sekali. PS4 Pro saja tidak kuat untuk memainkan game Cyberpunk 2077 yang grafisnya ultra-realistik.

Game modern butuh dibarengi dengan kualitas hardware yang setara juga. Oleh karena itu, merakit PC gaming jadi sebuah kebutuhan penting untuk beberapa gamers sekarang ini.

Sayang, banyak yang belum begitu akrab terkait bagaimanakah cara merakit PC. Walau sebenarnya PC gaming murah bisa saja memberikan dukungan untuk kebutuhan bermain game sampai beberapa tahun ke depan.

Cara Merakit PC gaming untuk pemula

Untuk kamu yang mau rakit PC murah, kali ini Sinau PC akan memberikan tips merakit komputer gaming yang harus kamu cermati

Tips rakit PC lainnya :

1. Hitung Prediksi Budget Rakit PC Gaming yang Akan dirakit

Tips merakit komputer sendiri sebenarnya dapat dibilang cukup tricky karena kamu tidak sekedar harus bisa memasangkan setiap komponennya secara tepat, tapi banyak juga penghitungan yang perlu dipertimbangkan.

Hal pertama kali yang harus kamu perhatikan dalam proses rakit pc gaming ialah budget yang kamu miliki. Ini adalah hal pertama kali yang harus kamu pertimbangkan.

Limitasi budget terbilang sangat penting karena jika tidak terbatasi, uang puluhan juta juga bisa habis untuk merakit PC gaming.

Limitasi anggaran ini nanti terkait dengan komponen model apa yang bisa kamu pasang, dan opsi yang lebih murahnya kayak apa saja.

Tetapkan maksimal budget yang bisa kamu gunakan untuk proses rakit pc gaming, dan kemudian sesuaikan komponen dengan budget yang sudah ditentukan.

2. Apa Tujuan dari merakit PC Gaming

Tips merakit komputer selanjutnya kamu tentukan dulu saat mau merakit PC gaming tujuan dari PC yang akan dirakit mau dipakai untuk apa.

Maksud dari tujuan ini bisa merupakan game apakah yang ingin kamu mainkan dengan PC gamingnya nanti, targetnya stabil di berapa FPS, dan kurang lebih tidak di-upgrade kembali sampai berapa tahun lama waktunya.

Dengan menjawab beberapa pertanyaan di atas kamu akan mendapati bayangan yang lebih jelas terkait seperti apakah racikan PC gaming kamu nanti.

Sasaran spek PC ini dapat kamu ambil dari sistem requirements games triple A terbaru di mana umumnya untuk bisa memainkan game ini dalam grafis yang recommended perlu spesifikasi apa saja.

Spesifikasi semacam ini bisa kamu andalkan sepanjang 3 sampai lima tahun di depan. Untuk rakit pc gaming budget juga sama, kamu dapat meniru minimum sistem requirements game yang ingin dimainkan.

Hal ini sebetulnya masih terkait dengan point nomor 1 yang berkenaan budget di atas. Jika kamu sekedar ingin main game Triple A dengan settingan low to medium di <60 FPS, PC gaming murah sampai Rp8-10 jutaan sudah cukup.

3. Pilih Komponen PC Rakit Gaming Murah dan Terbaik

Sesudah menentukan budget dan tujuan, tips merakit pc gaming selanjutnya ialah memilih komponen yang paling tepat.

Menghitung kecocokan komponen ini sebenarnya cukup tricky karena kamu bukan sekedar cari spesifikasi komponen saja, tapi juga membanding-bandingkan harga merk A dengan merk yang lain begitupun juga masalah harga dan performa yang nantinya akan didapatkan.

Kadang harga komponen dengan spesifikasi yang sama dengan merk yang lain harga juga akan berbeda. Bedanya bahkan juga dapat mencapai 2x lipat.

Di sini kalian harus cermat dalam melihat kekurangan dan kelebihan dari beberapa komponen dengan merk tertentu. Berikut beberapa komponen penting yang harus menjadi bahan penilaian.

Komponen untuk Merakit PC Gaming

1. Processor

Komponen untuk Merakit PC Gaming

Komponen yang ini dapat disebut sebagai komponen terpenting dalam suatu pc gaming. Untungnya, variasi merk dari processor untuk dipertimbangkan cuma ada 2 yakni Intel dan AMD.

Walau demikian, generasi processor pc gaming ini perlu kamu pikirkan dengan baik. Bila memilih intel, mau pilih core i3/i5/i7 dan generasi keberapa? begitupun bila pilih AMD, mau pilih Ryzen 3/5/7 generasi keberapa?

Kamu harus dapat mempertimbangkan dengan cermat berdasar pada tujuan dan budget kamu, processor tipe apa yang terbaik. Kamu dapat melihat dari sytem requirements games tertentu sebagai pembanding.

Perlu diingat untuk melihat skor benchmark dari processor yang kamu pilih, dan prediksikan berapa lama kamu bisa mengandalkan performa dari processor itu.

Untuk kalian yang memiliki budget terbatas bisa memilih prosesor Intel core i3 ataupun core i5 seri F generasi ke 10 yang masih cukup worth it bagi kaum kere hore, lebih bagus lagi pakai gen 12. Atau untuk opsi alternatif buat kalian yang punya budget ngepas adalah membeli prosesor APU seperti AMD Ryzen 5 5600G.

2. VGA Card

Komponen untuk Merakit PC Gaming

Bila processor telah dipilih, tips merakit pc selanjutnya yang perlu dipertimbangkan dengan serius saat merakit PC gaming ialah VGA Card.

Ada beberapa variasi VGA Card yang ada di pasar baik model atau brand-nya. Maka dari itu, Sinau PC anjurkan kamu untuk rajin-rajin membanding-bandingkan benchmark VGA yang kamu incar.

Searching di kanal Youtube atau web paling dipercaya di internet untuk mengetahui lebih jelas benchmark VGA dari beragam merk yang ada.

Perlu diingat juga untuk menyesuaikan dengan budget yang telah ditetapkan sebelumnya, jangan sampai kamu kecolongan di komponen yang ini.

Rekomendasi VGA card murah terbaik yang masih bisa diandalkan saat ini adalah GeForce GTX 1650.

3. Motherboard

Komponen untuk Merakit PC Gaming

Komponen penting selanjutnya yang perlu kamu putuskan dengan serius dalam serangkaian  cara merakit pc gaming murah ialah Motherboard.

Motherboard ini cukup mudah sebenarnya untuk diputuskan. Sehabis menentukan processor yang diinginkan kemudian tinggal pilih motherboard yang sesuai dengan processor itu.

Misalkan saja, motherboard dengan soket LGA 1200 cuma cocok dengan processor Intel generasi ke 9 dan ke 10. Janganlah sampai salah membeli ya, geng.

Disamping itu, beberapa faktor yang dapat kamu perhatikan ialah ada feature overclock atau tidak, seberapa banyak slot RAM dan VGA yang ada, dan lain-lain.

Ingat untuk tidak tertarik akan fitur hebat seperti overclock ini jika kamu tidak akan pakai fitur itu. Jangan membeli Motherboard yang dapat di overclock, bila kamu tidak bisa mengoverclock processor yang dibeli.

Untuk rekomendasi kalian bisa menggunakan motherboard dengan chipset H510 ataupun B560 untuk cpu Intel gen 10 dan 11. Sedangkan untuk AMD bisa memilih motherboard dengan chipset A520 ataupun chipset B560 untuk prosesor AMD Ryzen 5000 series.

4. RAM

Komponen penting setelah itu yang perlu jadi perhatian dalam cara rakit pc murah ialah RAM.

Berapa besar RAM yang kamu perlukan, clockspeed yang sama dengan support motherboard, dan merk apa yang bagus. Serangkaian pertanyaan ini harus kamu jawab dengan cermat.

Oh ya, pastikan pilih RAM yang clockspeed dan soket motherboard-nya tepat. Jangan sampai kamu beli RAM DDR5 tetapi motherboard kamu memakai soket RAM DDR4.

RAM memang gampang untuk di-upgrade, tapi jika kamu telah mempertimbangkan dengan cermat RAM yang telah dibeli dapat dipertahankan sampai beberapa tahun lamanya.

Ada beberapa merek RAM terbaik yang berada di pasaran. Dimulai dari yang murah sampai yang mahal, atau dari yang biasa sampai yang menggunakan lampu RGB.

5. HDD dan SSD

cara merakit pc murah selanjutnya adalah memilih sistem penyimpanan terbaik saat merakit PC gaming. Sekarang ini dengan kepopuleran SSD, faktor yang perlu kamu pertimbangkan jadi lebih banyak.

Jika kamu betul-betul ingin rakit PC gaming murah, karena itu HDD saja cukup karena akan menekan budget yang kamu butuhkan dengan lumayan banyak walaupun kurang direkomendasikan.

Di lain sisi, yang lebih direkomendasi saat ini kamu dapat memakai gabungan HDD + SSD untuk memperoleh performa optimal. Contoh 120GB SSD + 1TB HDD sangat bagus untuk sekarang ini, bila.

Untuk perbandingan saja, HDD 1TB mempunyai range harga dimulai dari Rp600 ribu. Sementara, SSD 120GB mempunyai range harga Rp250 ribu. Perbedaan harganya lumayan jauh ya, geng.

Tetapi, harga SSD yang lebih mahal dari HDD tentu saja tidak terlepas dari kelebihan yang dimiliki.

Baca juga :

4. Hitung Beban Daya Saat sebelum Mulai Merakit PC Gaming

Sesudah memilih semua komponen penting dalam cara merakit pc gaming murah terbaik versi kamu, langkah setelah itu adalah hitung daya yang dibutuhkan dan Power Suplai yang paling tepat.

Kamu bisa manfaatkan program cek daya Rakit PC yang berada di internet untuk masalah ini. Program ini akan menghitung secara otomatis besarnya daya yang dibutuhkan dari tiap-tiap komponen yang kamu tentukan.

Seusai besaran Watt-nya diketahui, tentukan PSU yang paling sesuai sama yang dapat kamu beli dengan mempertimbangkan kualitas dan tentu saja budget awal kamu.

Misalnya PC kamu dan semua komponennya memerlukan daya 350 Watt. Berarti, kamu harus beli power suplai dengan daya 450 – 500 Watt agar semakin aman, geng.

Lebih baik lagi bila power suplai pilihanmu mempunyai efisiensi 80+ dan mempunyai serifikasi minimal Bronze.

Demikianlah artikel mengenai Tips Merakit PC Gaming Murah dan Budget yang bisa Sinau PC sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk temen-temen semua yan baru memulai ingin merakit pc gaming.

Leave a Reply