Skip to main content

Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi dan Lainnya Lengkap

Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi
Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi

Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi dan Lainnya Lengkap. Salah satu peralatan wajib yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa adalah laptop. Tugas-tugas mana saat kalian kuliah yang tidak ada sangkut pautnya saat kalian kuliah.

Nah dalam memilih laptop yang cocok untuk mahasiswa jurusantertentu sebaiknya tidak sembarangan. Jangan sampai nantinya kalian membeli spesifikasi yang terlalu rendah untuk jurusan kalian. Untuk itulah disini Sinau PC akan memberikan informasi mengenai Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Jurusan sistem informasi sampai jurusan lainnya lengkap.

Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi

Bagi kalian yang berminat atau sedang berada di jurusan sistem informasi dan sedang mencari tahu laptop yang sesuai untuk mahasiswa sistem informasi. Jika iya, maka kalian berada pada blog yang tepat untuk mengulik informasi mengenai laptop yang cocok untuk mahasiswa sistem informasi.

Mahasiswa dengan jurusan sistem informasi paling tidak yang harus dimiliki sebagai syarat wajib mungkin adalah sebuah laptop. Sebenarnya bukan hanya jurusan ini saja, untuk jurusan lainnya bisa kalian baca di Sinau PC. Jurusan ini kadang mengharuskan laptop untuk mahasiswa sistem informasi yang memiliki spesifikasi menengah untuk menunjang kegiatan.

Sebenarnya apa saja spesifikasi laptop untuk mahasiswa sistem informasi yang harus dipunyai. Hal ini penting temen-temen ketahui supaya bisa mencari laptop yang sesuai kebutuhan nantinya. Jadi jangan sampai laptop yang sudah dibeli ternyata lelet dan tidak bisa diajak kerja sama.

Spesifikasi Laptop untuk Mahasiswa Sistem Informasi

Kalian sebagai mahasiswa jurusan sistem informasi akan berkutat terus dengan komputer atau laptop. Sehingga ada beberapa poin penting sebelum kita mencari laptop awet yang sesuai untuk mahasiswa sistem informasi.


CPU Laptop mahasiswa sistem informasi

Sistem Informasi layaknya jurusan IT yang lain, banyak mengandalkan CPU atau prosesor alias berbasis CPU processing. Artinya bila mencari laptop mahasiswa sistem informasi harus memiliki performa CPU yang menengah paling tidak.

Kalian bisa menggunakan laptop yang mengandalkan prosesor Core I5 generasi yang tidak terlalu lawas. Seperti prosesor Intel generasi 8 atau diatasnya untuk spek laptop untuk mahasiswa sistem informasi 2021 sudah cukup kuat untuk menjalankan software pemrograman seperti Android Studio dan lain-lain. 

Namun kalau kalian menginginkan laptop untuk jurusan sistem informasi murah. Maka kalian bisa memakai prosesor Intel Core I3 generasi 10 yang performanya bahkan bisa mengalahkan Intel Core I5 generasi lawas. 

Tapi untuk rekomendasi laptop untuk mahasiswa sistem informasi sebaiknya jangan coba-coba memakai laptop dengan prosesor Celeron atau Pentium Gold. Paling tidak minimal gunakan prosesor Intel Core I3 generasi baru.

Lalu untuk Ram laptop untuk mahasiswa sistem informasi paling tidak gunakan yang sudah 4GB ram DDR4. Akan lebih bagus dan nyaman lagi sudah memakai 8GB Ram. Untuk spesifikasi yang lainnya menyesuaikan dan akan bagus kalau sudah memakai penyimpanan SSD.

 

Laptop Ringan untuk Mahasiswa Sistem Informasi

Salah satu syarat rekomendasi laptop untuk mahasiswa sistem informasi adalah laptop yang ringan. Sebenarnya juga hampir semua laptop yang cocok untuk mahasiswa juga harus ringan. Laptop yang ringan akan memudahkan mobilitas sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Selain itu untuk fitur-fitur lainnya bisa menyesuaikan dengan kantong. Paling tidak spek laptop mahasiswa sistem informasi harus melingkupi dua poin tadi. Kalau kalian bertanya apakah GPU atau VGA yang bagus itu penting. Ya menurut sinau PC penting gak penting, semisal nanti dapat tugas yang berhubungan dengan rendering maka GPU yang bagus bisa membantu.

Baca juga:

30+ Rekomendasi Laptop untuk Pelajar SMA Sampai Mahasiswa Berbagai Jurusan

 

Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Teknik Mesin

Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Teknik Mesin Terbaik
Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Teknik Mesin Terbaik

 

Apakah teknik mesin butuh laptop? Yes, jawabannya perlu banget kalau kalian tanya seperti itu. Selain berurusan dengan perhitungan fisika, tugas lain bagi kalian yang kuliah di jurusan Teknik Mesin adalah ngedesain

Okelah kalau kalian di kampus pasti disediakan laptop atau pc yang kuat untuk ngedesain. Tapi akan lebih enak lagi kalau kalian punya sendiri laptop yang sesuai untuk mahasiswa teknik mesin. Semisal nih nanti ada tugas yang buru-buru diselesaikan kalian bisa sambil mengerjakan di rumah.

Kebutuhannya akan hampir sama sepeti laptop mahasiswa DKV namun lebih sempit lagi khusus ke desain 3D atau permodelan mesin. Yang mana kebutuhan laptop untuk mahasiswa teknik mesin seperti desain 3D ini membutuhkan laptop yang gak sembarangan.

 

Katakanlah mudahnya kalian harus mencari spesifikasi laptop untuk mahasiswa teknik mesin yang bisa support software AutoCad maupun 3DMax. Dan kebanyakan untuk desain-desain sperti mahasiswa teknik mesin ini menggunakan software AutoCad yang memang butuh spek tinggi.

Nah di artikel kali ini Sinau PC sudah merangkum beberapa kriteria atau spesifikasi laptop mahasiswa teknik mesin. Sekaligus juga ada beberapa rekomendasi laptop untuk mahasiswa teknik mesin yang mungkin bisa cocok untuk kalian.

Spesifikasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik Mesin

Pertama hal penting banget buat laptop kalian adalah CPU atau prosesornya. Laptop untuk mahasiswa teknik mesin paling tidak punya prosesor Intel Core I5 atau kalau nggak ya Intel Core I3. Tinggal nanti kalian sesuaikan generasi prosesor dengan versi software kalian nanti.

Misalnya kita ambil versi AutoCad 2018 yang tidak terlalu terbaru. Paling tidak minimumnya kalian bisa pakai laptop untuk mahasiswa teknik mesin murah yang menggunakan Intel Core I5 generasi ketiga.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kapasitas ram. Kalau kita lihat minimum spek Autocad terbaru saja minimal ramnya 8GB. Namun seenggaknya laptop mahasiswa teknik mesin yang lumayan bagus punya 4GB ram minimalnya.

Selain itu juga, kebanyakan mahasiswa teknik mesin lebih cenderung nyari laptop yang punya GPU atau VGA yang punya spek tinggi. Jadi biar nanti laptopnya kuat untuk merender 3D dari aplikasi seperti Autocad dan 3DMax tadi.

laptop untuk mahasiswa teknik mesin yang bagus bisa memakai GPU tambahan dari Nvidia maupun AMD. Terlebih lagi jika mempunyai Vram yang besar dan juga jumlah core yang banyak. Paling tidak gunakan Vram 1-2GB, akan lebih bagus sampai 4-6GB.

 

Display Laptop Mahasiswa Teknik Mesin

Selain spesifikasi yang mumpuni, laptop mahasiswa teknik mesin yang bagus sebaiknya juga punya kualitas display atau layar yang bagus. Karena nanti juga akan dipakai untuk desain, maka kualitas color dari layar juga diusahakan harus bagus. Resolusi yang tinggi juga akan menambah kenyamanan mata, resolusi full HD sepertinya sudah cukup. Fitur anti glare juga akan menambah kenyamanan saat melihat layar laptop

Durabilitas Laptop Teknik Mesin

Sebagai mahasiswa tentu kita ingin punya laptop yang awet untuk kita gunakan sehari-hari. Hal lain yang penting ketika mencari laptop untuk anak teknik mesin adalah yang punya durabilitas atau daya tahan yang bagus. 

Jadi laptop yang cocok untuk mahasiswa teknik mesin adalah laptop yang memiliki performa cukup untuk menangani berbagai software desain permodelan 3D tadi. Dengan kalian tau minimum system requirement software tadi bisa lebih menghemat pengeluaran temen-temen agar bisa mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

 


Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Laptop untuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Laptop untuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi

 

Salah satu jurusan kuliah yang sangat banyak peminatnya dan termasuk di kategori Soshum ini adalah Ilmu Komunikasi. Bagi temen-temen yang suka akan dunia teknologi namun anak IPS atau anak IPA pun banyak yang memilih jurusan ini.

Spesifikasi laptop untuk jurusan ilmu komunikasi pun bisa dibilang tidak sembarangan dan harus cukup mumpuni. Emang gak bisa ya pakai laptop ala kadarnya ? Bisa sih, cuma nanti akan ada banyak kendala terkait kenyamanan pakai dan harus sedia stok sabar yang cukup.

Menurut Sinau PC, laptop yang cocok untuk mahasiswa ilmu komunikasi itu ada beberapa kriteria. Baik kriteria dari sisi spesifikasi dan performa sampai soal desainnya. Nah kalau temen-temen disini ada yang jadi mahasiswa ilmu komunikasi bisa bantu menambahkan di kolom komentar atau bisa juga kasih spek yang cocok. Ada baiknya kita kupas dulu spek laptop untuk mahasiswa ilmu komunikasi itu harus yang seperti apa.

 

Prosesor Jadi Syarat Laptop untuk Mahasiswa Komunikasi

Hal pertama yang perlu temen-temen perhatikan sebelum beli laptop yang bagus dan awet untuk jurusan ilmu komunikasi adalah prosesornya. Seperti yang diatas sudah kita singgung, kalau mahasiswa ilmu komunikasi akan dituntut untuk menyelesaikan tugas yang ada kaitannya dengan rendering video ataupun desain.

Jadi peran prosesor peran laptop untuk mahasiswa ilmu komunikasi itu penting banget untuk menyelesaikan tugas tadi. Paling enggak pilihlah yang minimal punya spesifikasi prosesor Core I3 ataupun Ryzen 3.

Berarti kalau prosesornya masih Celeron gitu gimana? Bisa aja kalau emang punya budget yang bener-bener mepet. Namun prosesor Celeron gak recomended untuk rendering nantinya, semisal kalian punya budget yang mepet bisa juga nyari laptop untuk jurusan ilmu komunikasi yang second aja.

Selain prosesor, yang perlu kalian perhatikan lagi kalau mau beli laptop yang cocok untuk mahasiswa ilmu komunikasi adalah Ram. Sangat recomended bila kalian punya ram 8GB bahkan sampai 16GB, namun pasti akan lebih mahal dong ya. Jadi paling gak 4GB ram udah bisa lumayan lah.

Kemudian untuk pilihan kartu grafis, laptop yang menggunakan GPU GTX series atau RX series bisa menjadi nilai plus untuk ngebantu performa. Namun kalau budget yang tidak terlalu tinggi, IGP bawaan prosesor seperti Intel HD juga masih bisa untuk laptop mahasiswa ilmu komunikasi


Laptop untuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang Ringan

Mungkin kriteria ini terlalu umum ya, sebab bobot laptop yang ringan sangat menjadi rekomendasi laptop untuk pelajar SMA sampai mahasiswa. Tapi kalau lebih spesifik lagi, sebagai mahasiswa ilmu komunikasi yang sering mengerjakan tugas diluar rumah, kriteria laptop untuk mahasiswa komunikasi yang ringan sangat dibutuhkan dong. 

Tapi kalau nyari laptop second yang speknya lumayan kan biasanya berat? Nah, untuk itu kita nanti coba nyari rekomendasi laptop untuk mahasiswa ilmu komunikasi yang ringan sekaligus cukup terjangkau.

Sinau PC rasa mungkin cukup ya kriterianya, satu lagi tambahan untuk laptop buat mahasiswa ilmu komunikasi. Penyimpanan yang udah pake SSD juga harus jadi pertimbangan. Jadi laptop kalian gak lelet dan nyaman untuk kalian gunakan untuk keperluan kuliah nantinya.

 

Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa DKV dan Desain Grafis

Salah satu jurusan kuliah yang disukai oleh anak IT yang suka ngegambar dan ngedesain adalah jurusan DKV. Otomatis semua jurusan yang ada sangkut pautnya dengan dunia IT pasti butuh alat baik laptop maupun PC.

Jadi kalau ada yang masih bilang Apakah jurusan DKV perlu laptop? Yups, sama seperti nama jurusannya, Desain Komunikasi Visual. Yang sebagai anak DKV nantinya kalian akan ketemu dengan dengan pelajaran seni rupa dan juga pelejaran ngedesain. Baik ngedesain manual menggunakan tangan sampai ngedesain pakai aplikasi desain dan bahkan ada yang bikin animasi.

 

Laptop Untuk Mahasiswa DKV

Peralatan Anak DKV
Peralatan Anak DKV

Apa saja yang dibutuhkan anak DKV? Sebagai anak DKV sebetulnya ada banyak banget peralatan yang kalian perlukan. Diantaranya adalah peralatan tulis lengkap, peralatan menggambar atau melukis, sampai komputer atau laptop. Namun yang akan Sinau PC bahas lebih lanjut nantinya ini adalah tentang peralatan laptop untuk mahasiswa DKV.

Nah laptop untuk mahasiswa DKV pun gak bisa sembarangan sebetulnya. Untuk mendukung aktifitas perkuliahan anak DKV seperti fotografi, desain 2D dan 3D, sampai pada pembuatan animasi. Tentunya kalian butuh laptop dengan spesifikasi yang bagus dong.

 

Ok lah, untuk kebutuhan desain 2D dan fotografi menggunakan Photoshop dan Corel kalian masih bisa pakai laptop standar buat laptop untuk mahasiswa dkv. Karena software-software tadi tidak terlalu memiliki spek yang tinggi. Namun untuk software terbaru dari Photoshop pun yang sudah menggunakan AI punya system requirement yang cukup tinggi. 

 

Lain cerita kalau untuk kebutuhan desain 3D dan animasi yang mutlak harus spek yang cukup bagus. Jadi kalian harus jeli bila mau membeli laptop yang sesuai untuk mahasiswa DKV. Nah, berikut ini ada beberapa kriteria spesifikasi laptop yang awet untuk mahasiswa DKV.

Layar Laptop Mahasiswa DKV

Salah satu hal penting yang jadi pertimbangan orang-orang yang mau beli laptop untuk desain grafis sama seperti laptop untuk mahasiswa DKV adalah kualitas display. Jadi apakah kalian harus beli laptop dengan layar resolusi 4K gitu? Tidak juga, laptop dengan resolusi Full HD juga sudah cukup. 

Nah, yang dimaksud kualitas display laptop buat mahasiswa DKV dan untuk desain grafis bukan cuma di resolusi. Namun yang lebih penting lagi adalah kualitas warna yang dihasilkan dari layar laptop tadi, atau istilahnya adalah color gamut

 

Semakin tinggi angka presentase color gamut pada layar laptop untuk mahasiswa DKV, bahkan sampai 100% baik sRGB, adobe RGB, NTSC dan lainya. Maka kualitas warna yang dihasilkan semakin bagus. Pernah kan kalau kalian lagi ngedesain lalu saat di cetak warnanya berbeda, nah itu salah satu penyebabnya. 

Kelemahannya ya harganya juga tambah mahal. Tapi tenang, kita nanti akan mencari laptop anak DKV murah yang ramah untuk kantong mahasiswa. Walaupun masih belum mungkin kita nemu laptop dengan color gamut tinggi di harga kurang dari 10 juta.


Spesifikasi Laptop untuk Mahasiswa DKV

Laptop yang cocok untuk mahasiswa DKV untuk keperluan desain maka hardware yang harus bagus adalah CPU atau prosesornya. Kalau hanya desain 2D ringan di Corel atau Photoshop, prosesor dengan 2 core juga sudah cukup. Tapi yang rekomen ya paling tidak pilih yang sudah Core I3 sampai core I5, biar nanti nyaman untuk keperluan desain lebih lanjut. 


Selain CPU, ram juga berperan penting. Untuk kebutuhan desain sampai editing memang perlu ram yang cukup lega agar tidak ngelag terutama bila berurusan sama rendering. Paling tidak pilihlah laptop untuk mahasiswa DKV yang sudah 4GB ram, lebih bagus lagi kalau udah 8GB ram bahkan 16GB ram.

 

Satu lagi yang berperan penting bagi laptop untuk mahasiswa DKV adalah GPU atau kartu grafis bila nanti bertemu dengan desain 3D, dan rendering video atau animasi. Akan lebih bagus kalau laptop untuk anak DKV punya GPU tambahan baik dari Nvidia ataupun AMD. Sebab GPU tambahan tadi dia punya ram (vram) dan core (cuda cores) sendiri untuk mengolah gambar sehingga bisa mempercepat proses.

 

Demikianlah pembahasan mengenai Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi dan Lainnya Lengkap. Semoga bisa membantu kalian yang sedang atau ingin berkuliah di jurusan apapun yang temen-temen suka.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar