Cara Bersihkan Laptop Lemot dengan Mudah Tanpa Membongkar

Cara Bersihkan Laptop Lemot
Cara Bersihkan Laptop Lemot dengan Mudah Tanpa Membongkar

Cara Bersihkan Laptop Lemot dengan Mudah Tanpa Membongkar. Kadang sebagai pengguna laptop kita sering lalai dengan kebersihan dari laptop yang kita miliki. Tak jarang semakin lama dipakai laptop akan terasa semakin lemot dan mengganggu aktivitas harian kalian.

Banyak orang yang tak mau bersihkan laptop lemot karena takut untuk ngebongkar laptop yang malah merusak laptop. Padahal laptop yang jarang dibersihkan, salah satunya bersihkan ram laptop dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya laptop menjadi lemot.

Ini terjadi karena jika kita tidak membersihkan laptop yang lemot, debu akan banyak menyumbat fan yang membuat laptop panas. Sehingga performa dan kinerja dari laptop semakin menurun, ditandai dengan laptop yang lemot.

 

Seringkali saat membuka aplikasi kemudian aplikasi muncul pesan not responding. Yang menandakan laptop perlu dibersihkan dengan cara membersihkan laptop berikut ini.

Oleh sebabnya agar laptop kalian tidak lemot. Kalian harus tahu tentang bagaimana cara membersihkan laptop agar tidak lemot.

 Baca juga : Cara Memperbaiki Notebook yang Lemot

 

Penyebab Laptop Lemot

Penyebab laptop lemot sendiri bisa berasal dari hardware maupun software, jadi ada banyak hal. Mulai dari faktor spesifikasi laptop sampai ke bagaimana perawatan user laptop seperti cara membersihkan laptop lemot tadi. 

Itu mengapa, Kenapa laptop Lemot Padahal spek tinggi? Jawabannya salah satunya adalah usernya yang salah dalam bagaimana cara bersihkan laptop agar tidak lemot.

 

Seperti yang Sinau PC bilang tadi, semakin lama laptop digunakan maka akan semakin menguras penyimpanan. Terutama buat laptop yang masih menggunakan penyimpanan hardisk, jika tidak tau cara bersihkan laptop yang lemot, akan semakin terasa parah lemotnya.

Faktor-faktor penyebab laptop lemot tadi harus segera kalian tangani dengan cara membersihkan laptop yang lemot. Baik penanganan dari sisi software maupun dari sisi hardware.

Baca juga : Laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

 

Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Dinyalakan

Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Dinyalakan
Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Dinyalakan

Saat kalian menyalakan laptop dan terasa sangat lemot dan berat sangat dinyalakan. Ada beberapa cara membersihkan laptop yang berat secara mudah yang bisa kalian coba dirumah.

 

1. Mengurangi Software yang Berjalan di Latar Belakang

Salah satu cara bersihkan laptop agar tidak lemot saat dinyalakan adalah dengan menghapus software yang berjalan di latar belakang yang memakan kapasitas ram. Maupun juga menghapus banyak software yang tampil di desktop kalian yang membuat laptop lemot.

Kalian bisa menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan saat proses start up laptop kalian. Caranya tekan Windows+R dan ketik “msconfig”. Pilih tab boot dan disable all software yang kalian rasa tidak perlu unuk bersihkan laptop agar tidak lemot saat startup.

Baca juga : Cara Mengurangi Kecerahan di Laptop

 

2. Uninstal Software yang Tidak Dibutuhkan

Cara bersihkan laptop yang lemot selanjutnya adalah dengan menghapus software yang udah tidak terpakai. Bila memasang banyak aplikasi namun kapasitas ram dan penyimpanan yang terpasang sedikit akan membuat laptop menjadi lemot.

Banyaknya aplikasi dan data yang diinstal di Drive C yang semakin penuh membuat sistem akan lebih lama dalam membaca data. Biasanya terjadi pada laptop yang masih menggunakan penyimpanan hardisk, terlebih lagi yang tidak pernah bersihkan laptop lemot.

 

3. Tidak Membuka Aplikasi Bersamaan 

Cara bersihkan laptop biar ga lemot selanjutnya adalah tidak membuka banyak aplikasi bersamaan. Memang kegiatan multitasking akan sangat mempercepat kerja kita. Namun pada kapasitas ram yang sedikit malah akan membuat laptop lemot karena banyak memakan ram.

 

4. Menggunakan Virtual Memory Ram

Cara membersihkan laptop yang berat ini akan mengalokasikan kapasitas hardisk menjadi seperti memori ram. Ini bisa sedikit berguna jika kalian memiliki kapasitas ram yang sedikit namun memaksakan memasang banyak aplikasi.

 

5. Memasang Antivirus

Cara bersihkan laptop agar tidak lemot selanjutnya adalah memasang antivirus jika memang penyebab laptop lemot adalah virus. Namun buat kalian yang jarang dan males buat update antivirus, maka memasang antivirus kadang bisa menjadi bumerang. Alih-alih ingin laptopnya tidak lemot malah menjadikan laptop lemot.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Black Screen

 

Cara Membersihkan Sampah di Laptop

Cara Membersihkan Sampah di Laptop
Cara Membersihkan Sampah di Laptop

Sangat penting buat kalian tahu cara membersihkan sampah laptop agar tidak lemot. Sebab file sampah ini jika dibiarkan lama kelamaan akan menumpuk akan membuat laptop lemot. Jadi sangat penting untuk menghapus file sampah ini agar performa laptop kamu terjaga.

 

Namun apa aja yang termasuk file sampah? Ada beberapa file sampah yang perlu kalian tau gimana  cara membersihkan laptop agar tidak lemot. Yaitu file Recycle bin, file Cache, dan juga file temporary.

Ada banyak cara membersihkan sampah laptop agar tidak lemot. Mulai dari menggunakan fitur bawaan windows, sampai cara membersihkan laptop dengan menggunakan software pihak ketiga.

 

1. Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Cara bersihkan laptop lemot ini bisa dibilang ampuh. Caranya juga mudah, kalian tidak perlu menggunakan aplikasi. Karena fitur ini sudah ada di Windows kalian, yaitu Disk Cleanup

Disk Cleanup ini adalah software bawaan yang bisa kalian gunakan pada cara membersihkan laptop agar tidak lemot tanpa aplikasi

cara membersihkan laptop lemot dengan Disk Cleanup ini cukup simple. Caranya : tinggal klik kanan saja pada partisi penyimpanan yang mau kalian bersihkan, misalnya Drive C. Setelah itu pilih dibagian properties dan tinggal cari Disk Cleanup. Lalu pilih all file to delete dan kemudian klik OK.

 

Selain cara bersihkan laptop agar tidak lemot diatas kalian bisa menggunakan fitur search, tinggal ketikkan saja Disk Cleanup. Tinggal klik lalu tunggu sampai menampilkan disk cleanup: drive selection. Artinya tinggal pilih drive yang mau dibersihkan. Selanjutnya klik OK dan biarkan sistem mendeteksi file sampah yang ada, jangan lupa centang all file lalu pilih OK.

Baca juga : cara mengatasi kursor hilang

 

2. Cara Bersihkan Laptop Lemot Windows 7

Buat kalian yang menggunakan windows 7,  cara bersihkan laptop yang lemot tidak jauh berbeda dari Windows 10. Caranya pergi ke Explorer untuk mencari drive yang mau dibersihkan. Misalnya pada drive C, lalu klik kanan dan pilih properties, setelah itu klik pembersihan cakram.

 

Selain itu, membersihkan laptop yang lemot di Windows 7 bisa lewat fitur search di start menu Windows 7. Lalu ketikkan saja cleanmgr, akan muncul disk cleanup sama seperti Windows 10. Tinggal kalian pilih drive yang mau dibersihkan.

3. Cara Membersihkan Laptop Windows + R

 Alternaif lain cara bersihkan laptop biar ga lemot yaitu lewat fitur run atau Windows + R. Setelahnya tinggal kalian ketikkan temp lalu enter. Lalu akan muncul daftar file temporary yang bisa kalian bersihkan. Selanjutnya pilih semua folder temporarynya dengan Ctrl + A, Kemudian tekan delete.

 

Setelah itu ulangi lagi Windows + R dan ketikkan %temp%, lalu hapus saja semua file yang ada di sana. Untuk memastikan sudah terhapus dengan benar buka dan kosongkan file di Recycle bin. Mudahkan cara membersihkan laptop agar tidak lemot temp folder tadi.

 

4. Cara Membersihkan Laptop yang Lemot dengan CCleaner

Cara bersihkan laptop agar tidak lemot selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang untuk membersihkan laptop yang lemot ini sudah sangat terkenal yaitu CCleaner.

 

Cara membersihkan laptop agar tidak lemot dengan aplikasi ini tentunya kalian harus install aplikasi CCleaner. Setelah terinstall lalu buka aplikasinya, selannjutnya pada tab Cleaner pilih run CCleaner yang ada di pojok bawah. Ketika diminta untuk konfirmasi klik saja continue, maka proses scanning akan berjalan. Saat proses berlangsung akan ada beberapa notifikasi konfirmasi lagi, kemudian tunggu sampai proses scanning selesai. 

Baca juga : Cara menghilangkan garis di layar Mac

 

Setelah itu untuk menghapus file registry tinggal klik tab registery, lalu klik tombol scan. Tunggu aja sampai prosesnya selesai, setelah itu klik tombol fix selected. Begitulah cara bersihkan laptop yang lemot dengan aplikasi CCleaner.

 

Sebenarnya masih ada beberapa lagi aplikasi tentang cara membersihkan laptop lemot seperti AVG tune up. Namun sebenarnya inti penggunaannya sama dengan aplikasi cara bersihkan laptop yang lemot CCleaner. Jadi cukup satu aja yang kita bahas.

Demikianlah Cara Bersihkan Laptop Lemot dengan Mudah. Semoga bisa meringankan laptop yang lemot tanpa harus membongkar laptop. Tips-tips diatas tadi sifatnya hanya membantu. Jadi tetap agar laptop tidak lemot yaitu dengan memakai SSD dan menambah kapasitas ram. Dan cara membersihkan laptop agar tidak lemot yaitu dengan membongkar laptop untuk membersihkan fan dan bagian dalam laptop.

Leave a Reply